Seberapa Parah Makan Tengah Malam Mempengaruhi Tubuh Anda?

March 15, 2017 Fani Rachmita

Biasanya, rasa lapar tiba-tiba datang setelah kita selesai menggosok gigi dan siap untuk pergi tidur. Apa yang biasanya Anda lakukan? Menutupi rasa lapar dengan makan? Atau menahannya hingga esok hari? Lalu sebesar apa sih dampaknya makan tengah malam bagi tubuh kita? Sebuah penelitian yang dirilis di American Heart Association’s academic journal membeberkan hal ini. (sumber: Cosmopolitan)

 

Waktu Makan Penting

Untuk waktu yang lama, para ahli berpendapat kalau apa yang kita makan lebih penting dibanding kapan kita makan. Namun dengan penelitian baru, pendapat ini berubah! Ritme Circadia mempunyai deteksi untuk memantau kapan seharusnya butuh tambahan energi untuk aktifitas yang padat dan kapan harus melambat untuk beristirahat dan memperbaiki yang diperlukan tubuh agar kinerja tubuh tetap prima. Otak Anda berpengaruh banyak di sini, dan siklus lingkungan siang atau malam mempunyai peran mengarahkan. Ketika Anda makan ketika ritme di tubuh Anda bilang kalau Anda seharusnya tidur, dapat me-reset jam organ dalam Anda. Karenanya, para ahli sangat yakin kalau makan di tengah malam dapat mengacaukan sistem ritme tubuh Anda yang mengakibatkan kenaikan berat badan hingga sindrom metabolisme. Juga memicu penyakit jantung dan diabetes.

 

Seberapa Terlambat Untuk Makan yang Telat?

Beberapa peneliti mendefinisikan “makan telat” sebagai makan makanan terakhir Anda 2 jam sebelum waktu tidur, sementara peneliti lain menyarankan untuk memotong makan Anda tepat di jam 6 sore, ini dipercaya akan memberikan keuntungan yang besar bagi kesehatan Anda. Studi di jurnal ini melibatkan para wanita yang makan malam jam 6 sore atau 11 malam. Di pagi harinya, mereka yang makan telat mempunyai kadar gula yang buruk dan beresiko terkena diabetes tipe 2.

 

Notes

Tubuh Anda akan berfungsi lebih baik bila Anda makan lebih awal makan malam Anda. Semakin lama jangka waktu Anda menyantap makan malam dari jam tidur, makin banyak keuntungan kesehatan untuk tubuh.

Previous Article
Rambut Rapi dan Gaya Dengan Trik Jepit Hitam Ini
Rambut Rapi dan Gaya Dengan Trik Jepit Hitam Ini

Sedang terburu-buru atau perlu inspirasi baru di rambut, ada satu alat yang bisa membuat rambut menjadi sty...

Next Article
6 Tips Sehat Langsing Ala Istri Ryan Gosling
6 Tips Sehat Langsing Ala Istri Ryan Gosling

Eva Mendes, aktris cantik dan seksi berdarah Kuba ini adalah ibu dari 2 anak dan istri dari aktor pemeran u...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More