Rahasia Riasan Wajah Tetap Fresh dan Tahan Lama Saat Lebaran

June 22, 2017 Chatarina Komala

Lebaran sebentar lagi tiba. Momentum hari raya yang kental akan silaturahmi ini kerap kali jadi ajang menyambung dan mempererat hubungan dengan tetangga sekitar, keluarga, hingga teman dekat. Di Indonesia, perayaan Idul Fitri akan diwarnai dengan kunjungan, dari satu tempat ke tempat lain.

Sayang, polusi hingga terik sinar Matahari berpotensi membuat makeup luntur, sehingga tampilan tidak lagi fresh dan prima. Berikut adalah beberapa tips agar riasan wajah tetap fresh meski seharian beraktivitas.

1. Pastikan Kulit dalam Kondisi Prima

Foto: Weedstream

Sebelum menggunakan makeup, pastikan kulit Anda dalam kondisi segar dan sehat. Selain asupan makanan sehat dan cukup air, Anda dapat menyiasatinya, dengan menggunakan masker minimal tiga jam sebelum hari-H, atau justru menggunakan night cream yang mengandung pelembap, agar nantinya Anda bangun dengan wajah kenyal dan cerah.  

2. Gunakan Sedikit Base Makeup untuk Hasil Lebih Natural

Foto: Dailymotion

Setidaknya, ada satu cara mudah untuk memastikan makeup tahan lama, yakni dengan pemanfaatan es batu. Sebelum memakai makeup, Anda dapat mengusapkan es batu ke area wajah dan leher. Tujuannya, untuk menutup pori-pori dan mencegah wajah berminyak.

Setelahnya, bisa dilanjutkan dengan base makeup. Usapkan tipis-tips, untuk hasil akhir yang natural. Adapun base makeup ini berfungsi sebagai "pelekat" riasan plus mengontrol kadar minyak.

Baca juga: Tutorial Make Up Natural ala Yuna Zarai

3. Concealer untuk Tampilan Lebih Fresh 

Foto: Health

Samarkan kekurangan wajah dengan concealer. Bukan hanya mampu menutupi kantung hitam pada mata, concealer juga bisa menghilangkan bekas jerawat hingga garis halus pada wajah.  

4. Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit

Foto: Estee Lauder 

Hindari penggunaan foundation yang terlalu tebal. Alternatifnya, Anda bisa meletakkan sedikit foundation di ujung jari--lalu diratakan ke seluruh wajah. Untuk hasil yang lebih optimal, pilih foundation ringan yang mampu melembapkan kulit, menutup pori-pori, hingga memberikan perlindungan terhadap sinar UV. Namun, bagi Anda yang kurang cocok menggunakan foundation, dapat menggantinya dengan bb cushion. 

Baca juga: Tips Make Up & Hair Do Untuk Pergi ke Konser

5. Pilih Waterproof Makeup



Foto: Good Housekeeping

Tidak ingin makeup luntur di tengah momentum silaturahmi? Untuk mengantisipasinya, Anda bisa memilih produk makeup (eye-shadow, eyeliner, maskara, dsb) yang tahan air (waterproof).

6. Sempurnakan dengan Loose Powder

Foto: MIX Wellness

Sempurnakan riasan Anda dengan loose powder, mulai dari bagian pipi, dahi, hingga area yang kerap kali terlupakan seperti sudut mata/sisi hidung. Untuk tampilan wajah yang merona, Anda dapat membubuhkan blush on, dan tambahan lipstik yang sesuai dengan outfit. 

7. Jadikan Makeup Tahan Lama dengan Facial Spray



Foto: Luxx Health

Sebagai langkah akhir, semprotkan facial spray (beberapa orang juga menggunakan beauty water atau makeup setting spray) dengan gerakan melingkar, dari jarak 20-30 sentimeter. 

  

Previous Article
Cegah Kulit Kering dan Kusam Selama Puasa
Cegah Kulit Kering dan Kusam Selama Puasa

Kondisi kulit kering, kasar, dan kusam sering kali jadi masalah yang melanda perempuan, terutama ketika sed...

Next Article
17 Cara Nikmat Manjakan Diri dari Ujung Rambut Hingga Kaki
17 Cara Nikmat Manjakan Diri dari Ujung Rambut Hingga Kaki

Melihat lokasi-lokasi treatment yang bisa jadi rekomendasi Anda merawat diri.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More