Cegah Kulit Kering dan Kusam Selama Puasa

June 23, 2017 Chatarina Komala

Kondisi kulit kering, kasar, dan kusam sering kali jadi masalah yang melanda perempuan, terutama ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Dalam kasus yang lebih ekstrem, kulit bahkan terasa lebih kaku, berwarna merah, gatal, dan mengelupas. Adapun hal ini masuk dalam kategori gejala dehidrasi, sebab tubuh kekurangan asupan makanan dan minuman, selama kurang lebih 12 jam.

Nah, untuk mencegah tampilan wajah jadi tidak segar, berikut adalah delapan cara mengantisipasi kulit kering dan kusam ketika berpuasa. 

1. Asupan Cairan yang Cukup

Foto: Jersey Girl Talk

Minimnya kelembapan kulit kerap kali terkait dengan kurangnya asupan cairan. Itu sebabnya, cara pertama mengatasi kulit dan kusam ketika puasa, adalah memastikan tubuh Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap harinya. 

Anda dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi minimal delapan gelas sehari (dua liter), yang dibagi pada saat sahur, berbuka puasa, dan sebelum tidur. Cara mudahnya, bisa dengan mencoba rumus 4-4-4 (empat gelas saat berbuka, empat gelas setelah salat tarawih, dan empat gelas saat sahur). Hindari minum sekaligus, sebab hanay akan membuat Anda menjadi kembung.

2. Konsumsi Makanan  Sehat 

Foto: Reader's Digest

Hindari konsumsi kopi, soda, maupun teh ketika berbuka puasa dan sahur. Bagaimanpun, kandungan kafein di dalam jenis minuman tersebut, berisiko menarik cairan dan mineral penyebab dehidrasi. Sebaliknya, Anda bisa mengganti hidangan sahur dan buka puasa, dengan jenis makanan sehat, seperti sayur dan buah. Sayur dan buah kaya akan serat, vitamin, dan mineral--yang mampu membantu Anda kenyang lebih lama.

Adapun Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan berminyak. Selain tidak sehat, makanan tersebut dapat memicu dehidrasi. Sebagai pengganti, pilihlah makanan yang mengandung asam lemak Omega-3, vitamin B,E, C, mineral selenium, serta zink (seng). 

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Wanita Usia 20-an Untuk Merawat Kulitnya

3. Batasi Aktivitas

Foto: Teens Love to Know

Ada banyak risiko yang muncul ketika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Mulai dari paparan sinar Matahari, hingga risiko dehidrasi akibat keringat berlebih. Namun, jika pekerjaan menuntut untuk melakukan aktivitas di luar ruang, ada baiknya untuk memastikan kulit terlindungi dari paparan terik Matahari, seperti halnya: menggunakan body lotion dan sunscreen.

4. Pelembap

Foto: www.health.howstuffworks.com

Cegah kulit kering dan kusam dengan penggunaan pelembap secara rutin, terutama setelah mandi dan sebelum tidur. Anda dapat memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit berminyak, misalnya--Anda dapat menggunakan pelembap dengan tekstur gel yang ringan. Sementara itu, Anda bisa menyiasati kondisi kulit kering dengan memakai pelembap bertekstur krim.

5. Perawatan Kulit

Foto: www.discountdirectory.com.au

Jaga kesehatan dan keelastisan kulit dengan perawatan secara rutin. Ini dapat berupa body scrub, masker wajah, atau justru sekadar menggunakan pelembap. Pilihan lain, bisa dengan menyemprotkan facial mist/toner di siang hari. Tujuannya, untuk menyegarkan kulit yang kusam dan kering. Apalagi, kini banyak toner yang dilengkapi kandungan vitamin dan bahan-bahan terbaik.

6. Minimalkan Penggunaan makeup 

Foto: www.brunet.ca

Penggunaan riasan wajah yang berlebih, apalagi produk makeup yang terlalu berat, berisiko menyerap minyak alami pada wajah. Beberapa solusinya, yakni pemakaian bedak bubuk yang relatif "ringan", produk dengan kandungan moisturizer, serta hindari lipstik berjenis matte.  

Baca juga: 11 Perawatan Kecantikan Wajah Yang Harus Dilakukan Selama Berada di Bali

7. Istirahat Cukup

Foto: www.news.softpedia.com

Istirahat cukup dapat membantu proses regenerasi kulit. Idealnya, waktu istirahat berkisar antara tujuh hingga delapan jam sehari. Adapun istirahat cukup ini sebaiknya diimbangi dengan olahraga rutin serta asupan makanan bergizi. 

8. Tabir Surya 

Foto: http://www.stylecraze.com

Selain melindungi kulit dari paparan sinar Matahari, nutrisi pada tabir surya dapat mencegah kulit iritasi dan cepat kering. Agar hasil lebih optimal, Anda dapat menggunakan sublock (day cream) yang mengandung SPF tinggi.  

 

 

Previous Article
Mengapa Lebaran Identik dengan Baju Baru?
Mengapa Lebaran Identik dengan Baju Baru?

Setidaknya, sekitar 61 persen masyarakat Indonesia selalu membeli baju baru saat Lebaran.

Next Article
Rahasia Riasan Wajah Tetap Fresh dan Tahan Lama Saat Lebaran
Rahasia Riasan Wajah Tetap Fresh dan Tahan Lama Saat Lebaran

Berikut adalah beberapa tips agar riasan wajah tetap fresh meski seharian beraktivitas.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More