Mengapa Lebaran Identik dengan Baju Baru?

June 23, 2017 Chatarina Komala

Foto: http://www.arizonafoothillsmagazine.com

Survei menunjukkan, sekitar 61 persen masyarakat Indonesia selalu membeli baju baru saat Lebaran.

Dikutip dari laman Tirto.id, di kalangan kelas menengah, biaya membeli baju bahkan bisa lebih dari Rp500 ribu. Tidak heran, jika pusat perbelanjaan, terutama yang berkaitan dengan produk fashion, dapat dipastikan ramai saat Ramadan.

Baju baru, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perayaan Idul Fitri. Melihat besarnya peminat, beragam pusat perbelanjaan pun ikut menyemarakkan dengan penyelenggaraan pekan diskon "besar-besaran" yang menggiurkan. Wajar saja, kendati banyak orang mulai beralih ke toko online, hingga kini, pusat belanja/mal masih menjadi plihan utama untuk membeli baju. Adapun biasanya, tren "baju baru" saat Lebaran kerap diikuti dengan pembelian produk fashion lain seperti tas, sepatu, hingga aksesori.

Baca juga: Di Mana Belanja Lebaran yang Enggak Bikin Dompet Jebol?

Sejak Zaman Kesultanan Banten

Meski tidak ada hukum wajib yang mengikat, tradisi "baju baru" ini rupanya sudah turun-temurun. Dalam sebuah buku berjudul Sejarah Nasional Indonesia (2008), karangan Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto dalam Sejarah Nasional Indonesia (2008), misalnya. Di sana, dijelaskan bahwa tradisi ini bahkan sudah dimulai sejak zaman Kesultanan Banten, tahun 1596.

Hampir sama seperti sekarang, pada masa itu, mayoritas masyarakat pemeluk Islam sibuk menyiapkan sajian dan baju baru menjelang Lebaran. Hanya saja, alih-alih membeli baju, banyak orang justru menjahit bajunya sendiri. Baju bagus, hanya untuk kalangan bangsawan (anggota/keluarga kerajaan). Adapun saking pentingnya kebutuhan "baju baru", mayoritas warga yang bermata pencaharian petani, berubah profesi sebagai tukang jahit dadakan selama Ramadan.

 

Previous Article
Riasan Sederhana dan Warna Gelap, Kunci Sukses Wawancara Kerja
Riasan Sederhana dan Warna Gelap, Kunci Sukses Wawancara Kerja

Penampilan Anda memengaruhi pandangan dan penilaian, serta mendongkrak rasa percaya diri.

Next Article
Cegah Kulit Kering dan Kusam Selama Puasa
Cegah Kulit Kering dan Kusam Selama Puasa

Kondisi kulit kering, kasar, dan kusam sering kali jadi masalah yang melanda perempuan, terutama ketika sed...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More