Ini Dia Fakta Unik IPL yang Harus Anda Ketahui

July 3, 2017 Chatarina Komala

Intense Pulse Light (IPL) populer dalam bidang dermatologi sebagai satu teknik penggunaan spektrum cahaya, untuk menghilangkan tanda regangan (stretch mark), bekas jerawat, dan mencegah pertumbuhan bulu. Berikut adalah beberapa fakta unik IPL yang harus Anda ketahui. 

(Baca juga: Apa itu IPL?)

1. IPL Tidak Sama dengan Laser

Foto: http://howtousevinevera.com

Kendati keduanya menggunakan cahaya, IPL tidak sama dengan laser. Pada IPL, cahaya diubah menjadi energi panas untuk menghancurkan sel-sel yang memproduksi melanin, pemicu urat halus atau varises. 

Perihal jenis sinar, laser mengeluarkan panjang gelombang warna tunggal (monokromatik) dan ditargetkan ke area/kondisi tertentu. Sementara, IPL menggunakan spektrum cahaya yang luas (polikromatik)--mencakup area yang lebih besar dan menghasilkan panjang gelombang berbeda. 

2. IPL Tidak Sakit

Foto: media.licdn.com

Perlu diketahui, IPL merupakan prosedur noninvansif dan nonablatif (spektrum cahaya dapat menembus lapis kulit yang lebih dalam tanpa merusak/melukai epidermis). IPL juga tidak memerlukan anestesi, bahkan obat penenang dalam prosedur penggunaannya. Dengan kata lain, jika dibandingkan dengan laser, IPL tidak sakit dan minim risiko/efek negatif. 

3. Cepat

IPL--sering kali disebut sebagai tindakan lunch time, sebab bisa dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Kisarannya, bahkan hanya sampai 15 hingga 30 menit. Kendati demikian, setidaknya Anda membutuhkan tiga kali perawatan (setiap sesi diberi jeda satu bulan) untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

4. Bukan Hanya Menghilangkan Bulu 

Foto: www.deleonwellness.com

Banyak orang mengenal IPL sebagai satu metode penghilang bulu (wajah, ketiak, kaki, dada pada tubuh. Namun, fungsi IPL sebenarnya lebih dari itu. IPL sendiri bisa  digunakan untuk mengobati lesi vaskular (kondisi varises). Cara kerjanya, adalah dengan "menghancurkan" kapiler yang rusak, memotong aliran darah ke dalam pembuluh darah, hingga membiarkan urat mati sampai diserap oleh tubuh. Adapun Anda juga dapat memanfaatkan IPL untuk mengaburkan tanda lahir yang menonjol,  bintik usia, melasma, jerawat, dan tanda regangan. 

(Baca juga: Tuntaskan Rambut Mengganggu dengan Laser)

5. Harus Dilakukan oleh Tenaga Ahli

Foto: http://www.herworldplus.com

Layaknya perawatan laser, sebetulnya IPL tidak masuk dalam kategori tindakan yang diregulasi. Ini artinya, siapa pun yang sudah diberi pelatihan dalam mengoperasikan mesin IPL, bisa melakukan tindakan ini. 

Namun, ada baiknya menjalani prosedur IPL dengan tenaga ahli yang telah memiliki sertifikat, atau setidaknya pernah mengikuti pelatihan. Selain itu, tenaga ahli juga harus memiliki pengetahuan mendalam soal kulit, pun kondisi lain yang memengaruhi hal tersebut. Nah, sebagai solusinya, Anda bisa mencari klinik tepercaya. 

Beli 1 IPL Hair Removal Membership, gratis 6 kupon Oxy Facial Treatment dari Ori Skin, cek detailnya di sini:

 

6. Risiko Ringan 

Dianggap "lebih aman", bukan berarti IPL tanpa risiko. Namun, mayoritas risiko dan komplikasi akibat IPL, umumnya tergolong ringan dan bisa diprediksi. Sebagai contoh, kemerahan pada kulit, ketidaknyamanan, sensasi terbakar ringan/sedang, hingga dalam beberapa kasus: kulit melepuh dan bercak putih pada kulit. 

 

 

   

Previous Article
Hal-hal Sepele yang Bikin Anda Tampak Lebih Tua
Hal-hal Sepele yang Bikin Anda Tampak Lebih Tua

Tampilan wajah yang lebih tua, tidak semata-mata terjadi karena faktor usia.

Next Article
Riasan Sederhana dan Warna Gelap, Kunci Sukses Wawancara Kerja
Riasan Sederhana dan Warna Gelap, Kunci Sukses Wawancara Kerja

Penampilan Anda memengaruhi pandangan dan penilaian, serta mendongkrak rasa percaya diri.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More