Hal-hal Sepele yang Bikin Anda Tampak Lebih Tua

July 4, 2017 Chatarina Komala

Tampilan wajah yang lebih tua, tidak semata-mata terjadi karena faktor usia. 

Sebagian besar dari Anda mungkin pernah mendengar istilah "muka boros". Biasanya, istilah ini ditujukan bagi mereka yang secara fisik terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Adapun hal ini disebabkan oleh banyak hal; bahkan yang paling sepele sekalipun. Apa saja?

(Baca juga:  Anda Bisa Terlihat Lebih Tua Karena Rambut)

1.   Salah Bantal

Ilustrasi: www.metro.co.uk

Kebiasaan tidur dalam posisi menyamping, rupanya turut berkontribusi pada pembentukan kerutan permanen pada wajah. Mulanya, hal ini dapat berupa bekas garis lipatan pada wajah akibat sarung bantal.  

2. Sedikit Minum Air Putih

Ilustrasi: medicalnewstoday.com

Sudah jadi pengetahuan umum, kurang minum air mengakibatkan dehidrasi; yang pada akhirnya menimbulkan efek rasa lemas, kurang gairah, pencernaan terganggu, serta sirkulasi darah yang kurang baik.

Adapun ketika sirkulasi darah jadi kurang baik, akan terjadi penurunan sel-sel darah di wajah yang bedampak pada kemunculan garis halus pada wajah. Solusinya, Anda bisa meningkatkan asupan air minum setiap hari--minimal dua liter (delapan gelas). 

3. Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Ilustrasi: World Nomads

Ada banyak gejala penuaan kulit yang muncul akibat terlalu lama terpapar sinar ultraviolet (UV). Ini mencakup tampilan kulit kusam, kering, terbentuknya garis-garis pada wajah, dan lain sebagainya. 

Pastikan Anda menggunakan losion tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan, atau pelindung kulit lain seperti topi/payung. Untuk hasil optimal, Anda dapat menggunakan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 15.

4. Jarang Mencuci Wajah 

Ilustrasi: http://www.healthyskinjournals.com

Sesibuk apa pun Anda, usahakan untuk selalu mencuci wajah sebelum tidur. Pasalnya, toksin dari debu dan polusi yang ditemukan sehari-hari, bisa menumpuk di kulit dan menyumbat pori-pori. 

5. Terlalu Lama Terpapar Pendingin Udara 

Ilustrasi: http://www.kidspot.com.au

Terletak di daerah tropis, tidak heran jika orang Indonesia kerap mengakali suhu panas dengan memasang pendingin ruangan. Namun, terlalu banyak menggunakan pendingin ruangan tidaklah baik. Akibatnya, bisa sangat kentara pada kulit, seperti halnya: cepat kering, hilang kelembapan, dan akhirnya membuat wajah tampak lebih tua. 

6. Stres

Ilustrasi: Health.com

Padatnya aktivitas, plus minimnya liburan kerap kali memicu stres yang mempercepat penuaan pada kulit. Beberapa dampaknya, yakni kulit wajah menjadi kusam dan munculnya kerutan. Setidaknya, penelitian yang digagas oleh Unilever Research and Developement Center menemukan, stres dan kurang tidur dapat membuat wajah 2,5 tahun lebih tua. 

(Baca juga: Ingin Tambah Muda dan Segar di 2017? Yuk, Potong Poni!)

7. Konsumsi Gula secara Berlebihan 

Ilustrasi: Men's Health 

Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa meningkatkan risiko wajah terkena iritasi dan keriput. Apalagi, minum terlalu banyak gula juga dapat memengaruhi proses glikasi (penggumpalan protein atau lemak dengan glukosa). Akibatnya, jaringan di seluruh tubuh bisa menjadi kaku dan mengakibatkan kerutan. 

8. Terlalu Banyak Minum Kopi 

Ilustrasi: www.medicalnewstoday.com

Terlalu banyak minum kopi, atau setidaknya--lebih dari dua gelas per hari merupakan satu kebiasaan yang berbahaya bagi kulit. Pasalnya, kopi dapat membuat Anda dehidrasi, sehingga kulit tampak kering, kusam, dan rentan garis-garis halus/kerutan.

9. Merokok

Ilustrasi: http://colombogazette.com

Selain tidak sehat bagi tubuh, terbiasa merokok akan berdampak pada tampilan wajah yang kusam dan kurang bergairah. Di sisi lain, isapan rokok akan mengurangi elastisitas otot-otot wajah--atau tepatnya, yang berada di sekitar mulut.

10. Gemar Minum Alkohol 

Ilustrasi: http://www.express.co.uk

Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi dan memengaruhi kandungan garam dalam tubuh. Di sisi lain, konsumsi alkohol juga bisa menyumbat reproduksi sel-sel baru yang seharusnya menggantikan sel-sel yang telah mati.  

11. Sering Begadang

Ilustrasi: http://www.herworldplus.com

Tuntutan kerja, kerap kali membuat Anda harus pulang larut atau menyelesaikannya hingga pagi buta. Padahal, terlalu sering begadang bisa mempercepat penuaan di wajah, lho. Bukan hanya soal kantong mata yang lebih tebal dan gelap, melainkan juga dehidrasi, minyak berlebih, hingga munculnya keriput.  

12. Terlalu Banyak Senyum

Ilustrasi: uptowncosmeticimplantdentistry.com

Senyum atau tertawa, memang baik untuk kesehatan mental Anda. Beberapa studi, juga kerap mengkaitkan senyum dengan tampilan diri yang lebih segar dan muda. Kendati demikian, terlalu banyak senyum atau justru tertawa rupanya bisa menghasilkan kerutan di beberapa daerah wajah, mencakup sudut mata dan bibir. 

(Baca juga: 17 Cara Nikmat Manjakan Diri dari Ujung Rambut Hingga Kaki)

13. Minum dengan Sedotan 

Ilustrasi:  http://www.liputmedia.com

Serupa kebiasaan merokok, tahukah Anda, minum air dari sedotan juga memengaruhi tampilan kulit wajah?

Faktanya, minum dengan sedotan atau justru langsung dari botol dapat menyebabkan mulut mengerut. Jika dilakukan dalam jangka panjang, hal tersebut akan memicu timbulnya kerutan di sekitar mulut. Sebagai gantinya, minumlah dari gelas sebisa mungkin--dan hindari penggunaan sedotan. 

 

Previous Article
Delapan Tanda Produk Skin Care Tidak Cocok untuk Anda
Delapan Tanda Produk Skin Care Tidak Cocok untuk Anda

Nah, sebelum terlambat, segera kenali delapan tanda produk skin care tidak cocok bagi kulit dan tentukan la...

Next Article
Ini Dia Fakta Unik IPL yang Harus Anda Ketahui
Ini Dia Fakta Unik IPL yang Harus Anda Ketahui

Intense Pulse Light (IPL) populer dalam bidang dermatologi sebagai satu teknik penggunaan spektrum cahaya, ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More