Delapan Tanda Produk Skin Care Tidak Cocok untuk Anda

July 4, 2017 Chatarina Komala

Ada banyak cara mendongkrak rasa percaya diri. Salah satunya, melalui penampilan. Untuk hal ini, tidak sedikit perempuan yang tergoda menggunakan beragam produk skin care di pasaran. Namun, bagaimana jika akhirnya Anda tidak cocok dengan produk skin care tersebut?

Nah, sebelum terlambat, segera kenali delapan tanda produk skin care tidak cocok bagi kulit dan tentukan langkah penanganannya.

 (Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Wanita Usia 20-an Untuk Merawat Kulitnya)

1. Kulit Kemerahan

Ilustrasi: http://www.naturalsupplementsforyou.com

Segera hentikan pemakaian produk jika Anda mendapati ruam/kemerah-merahan pada kulit. Biasanya, hal ini disebabkan produk losion dengan pewangi berlebih, pengawet, asam akrilat, atau kandungan bahan lain yang tidak seimbang dengan kondisi kulit. 

2. Gatal-Gatal  

Ilustrasi: www.evaidya.com

Setelah  munculnya ruam, rasa gatal di permukaan kulit dapat dikenali sebagai reaksi lanjutan penggunaan produk skin care yang tidak cocok. Adapun menggaruk bagian kulit yang gatal, bukan solusi yang tepat sebab bisa mengakibatkan iritasi kulit.

3. Bentol Pada Kulit

Ilustrasi: http://deliveredhealth.org

Bentol, atau bintik-bintik merah merupakan reaksi alergi yang muncul lantaran tidak tepatnya penggunaan skin care. Adapun jika bentolan tersebut tidak kunjung hilang, ada baiknya untuk menghentikan pemakaian produk. 

4. Jerawat

Ilustrasi: www.leonardooliveoil.com

Jerawat yang tidak kunjung hilang selama lebih dari tiga hari dapat menjadi satu indikasi produk tidak sesuai dengan kondisi kulit Anda. Penyebabnya beragam, seperti halnya kandungan bahan yang tidak seimbang atau justru tidak tepat. 

Nah, untuk menghindari risiko timbul jerawat, Anda disarankan untuk menghindari beberapa kandungan, seperti petrotchemical (paraffin wax, benzene, minyak mineral, petrolatum, dll); synthetic fragrance, dan microbeads.

5. Kulit Terasa Terbakar

Ilustrasi: www.beritakesehatan.com

Ada rasa panas (seperti terbakar) pada kulit, ketika (atau setelah) penggunaan produk. Penyebabnya, bisa jadi karena kulit cenderung sensitif dengan kandungan bahan kimia dalam produk. Adapun disarankan, untuk menghindari penggunaan skin care yang mengandung retinol.

6. Kulit Kering dan Kusam

Ilustrasi: www.stylecraze.com

Ada kalanya, Anda sengaja membeli produk skin care lantaran iming-iming pelembap kulit. Sayang, yang terjadi justru sebaliknya. Tidak jarang, kulit jadi lebih kering dan kusam. Adapun gejala ini sering kali diikuti dengan pengelupasan kulit, akibat kandungan acid dalam produk. 

Nah, jika sudah telanjur, selain segera menghentikan pemakaian, Anda bisa mengatasinya dengan pelembap (moisturizer) lain atau justru bahan alami seperti minyak zaitun, madu, yoghurt, dsb.

7. Kulit Terasa Sangat Kencang 

Ilustrasi: www.ledisia.com

Alih-alih menjadi tanda produk skin care telah bekerja, kulit yang terasa kencang (atau tertarik) dapat menjadi indikasi skin care tidak cocok dengan Anda, atau setidaknya: kandungan pH dalam produk tidak seimbang pada kulit wajah. 

(Baca juga: Ini Dia Bedanya Produk Skincare Untuk Pria dan Wanita)

8. Lebih Sensitif 

Ilustrasi: www.antiagingcostarica.com

Setelah pemakaian produk skin care tertentu, kulit Anda jadi terasa lebih sensitif. Ini bisa terlihat dari gejala wajah yang memerah saat terlalu lama terpapar sinar Matahari, mudah mengelupas, hingga timbulnya ruam/jerawat. Segera konsultasi dengan dokter kulit unutk mendapatkan solusi dan penanganannya. 

Previous Article
Kode Rahasia di Balik Tas Tangan Ratu Elizabeth II
Kode Rahasia di Balik Tas Tangan Ratu Elizabeth II

Rupanya, tas tangan yang dipilih juga punya peran dalam mengirimkan pesan rahasia.

Next Article
Hal-hal Sepele yang Bikin Anda Tampak Lebih Tua
Hal-hal Sepele yang Bikin Anda Tampak Lebih Tua

Tampilan wajah yang lebih tua, tidak semata-mata terjadi karena faktor usia.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More