Ternyata, Orang dengan Gen Ini Tidak Butuh Deodoran

July 5, 2017 Chatarina Komala

Foto: Today.com

Menggunakan deodoran, mungkin jadi satu hal wajib ketika akan bepergian--terutama untuk mendongkrak rasa percaya diri. Apalagi, Indonesia masuk dalam kategori negara tropis, dengan cuaca yang panas dan lembap.

Namun, fakta terbaru menunjukkan, rupanya ada orang-orang "beruntung" yang tidak memerlukan deodoran. Mereka disebut-sebut memiliki gen ABCC11, yang mampu meminimalkan (atau bahkan meniadakan) bau badan, sebab kadar zat kimia pembentuk bau badan ada dalam tingkat yang lebih rendah. 

(Baca juga: 6 Tempat Tak Biasa Untuk Mengaplikasikan Parfum)

"Tes gen sederhana ini, dapat memperkuat kesadaran diri, menghemat biaya untuk pembelian deodoran, serta membuat kita terhindar dari paparan bahan kimia yang tidak perlu dari produk deodoran," ujar Santiago Rodriguez, Ph.D,  dikutip dari Independent. 

Hubungan dengan Kotoran Telinga

Foto: 54health.com

Adapun temuan tambahan menunjukkan, sebanyak dua persen orang Eropa dan mayoritas orang dari Korea dan Asia Timur, cenderung memiliki gen ini. Kendati demikian, pemeriksaan untuk mengetahui detail pemilik gen ini memang masih sulit, bahkan belum umum dilakukan.

Nah, untuk mengetahui apakah seseorang memiliki gen ini/tidak, penelitian lantas menganjurkan untuk mengamati kotoran telinga. Pasalnya, permasalahan bau ketiak sering kali diasosiasikan dengan kotoran telinga. Kondisi kotoran telinga yang kering menunjukkan, ada kekurangan senyawa di ketiak, sehingga mampu menghasilkan bakteri yang bisa memicu bau badan.

(Baca juga: 5 Cara Wangi Tanpa Parfum)

Cegah Keringat Berlebih

Sebenarnya, tubuh manusia tidaklah memiliki bau badan khusus. Hal ini timbul, karena campuran keringat dan bakteri yang ada pada kulit yang kering. Pemakaian deodoran, tentu menjadi satu solusi untuk mengatasi bau keringat.

Namun, terdapat pula cara lain. Ini mencakup kebiasaan mandi dua kali sehari; memastikan ketiak selalu kering; menggunakan antiperspirant di malam hari; atau jika perlu: melakukan prosedur suntik botox. 

 

     

   

 

  

Previous Article
Sembilan Bahan Alami untuk Bersihkan Riasan Wajah
Sembilan Bahan Alami untuk Bersihkan Riasan Wajah

Di tengah banyaknya produk make up remover yang tersedia di pasaran, tentu akan jauh lebih baik jika Anda m...

Next Article
Kode Rahasia di Balik Tas Tangan Ratu Elizabeth II
Kode Rahasia di Balik Tas Tangan Ratu Elizabeth II

Rupanya, tas tangan yang dipilih juga punya peran dalam mengirimkan pesan rahasia.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More