Siapa Sangka, Ini Dia Tujuh Manfaat Minum Air Putih Bagi Kulit

July 13, 2017 Chatarina Komala

Selalu ada cara mudah untuk tampil cantik, sehat, dan segar secara alami. Salah satunya, yakni dengan rutin mengonsumsi air putih.

Setidaknya, Stella Metsovas--seorang ahli gizi klinis dan pakar kesehatan dalam ilmu pangan dan gizi mengungkapkan, konsumsi air hangat di pagi hari (atau bisa juga ditambah dengan lemon dan teh); terbukti mampu mengurangi aktivitas radikal bebas pada tubuh.

"Manfaat lainnya, minum air hangat bisa meningkatkan pengencangan dan pergerakan usus, yang pada akhirnya berdampak pada baiknya sistem pencernaan," Metsovas menambahkan. 

Nah, selain manfaat kesehatan, minum air putih juga berdampak pada kecantikan kulit, lho. Hal ini diperkuat, dengan adanya fakta bahwa 70% tubuh manusia terdiri atas air. Itu sebabnya, dehidrasi (kekurangan air) bisa menghambat dan mengganggu fungsi vital, termasuk di antaranya kondisi kulit. 

Dehidras sendiri bisa mengakibatkan kulit kering, kusam, dan kehilangan kelembapan. Adapun selain kesehatan, berikut adalah tujuh manfaat minum air putih secara rutin bagi kecantikan kulit.

1. Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi: http://wlpfreetrials.com

Bersihkan tubuh dari racun, dengan menggunakan "terapi" air hangat. Air hangat sendiri, diklaim mampu membersihkan tubuh dari racun, serta memperbaiki kondisi sel kulit. Untuk hasil maksima, Anda bahkan bisa mengombinasikan konsumsi air putih dengan jenis detoksifikasi alami lainnya, seperti lemon atau jeruk nipis.  

2. Detoksifikasi Tubuh

Ilustrasi: www.chopra.com/

Minum air dengan cukup, telah lama menjadi satu cara alami untuk menghilangkan racun dari tubuh dan menjadikannya sehat, segar, dan tampak lebih muda.

3. Mencerahkan Mata

Ilustrasi: www.mccrystalopticians.com/

Membasuh mata dengan air dingin, bisa jadi satu cara untuk mendapatkan mata yang berbinar, sekaligus menghapus kantong mata yang mengganggu penampilan. 

4. Menghilangkan Jerawat

Ilustrasi: www.speedyremedies.com

Ada satu cara mudah untuk mengantisipasi dan mengobati jerawat. Cukup siapkan air hangat, rendam selembar handuk kecil di dalamnya, lalu tempelkan ke wajah. Tujuannya, untuk membersihkan kotoran maupun bakteri penyebab jerawat di dalam pori-pori kulit. Adapun untuk hasil maksimal, Anda bisa membasuh wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang telah terbuka. 

5. Melembapkan Kulit

Ilustrasi: www.healthable.org

Tampilan kulit kering dan kusam bikin tak percaya diri?

Jangan khawatir. Anda bahkan tidak perlu membeli produk skin care khusus. Cukup rutin minum air putih sebanyak delapan hingga sepuluh gelas per hari, agar tubuh tetap terhidrasi dan mencegah timbulnya kulit kering dan kusam.  

6. Mencerahkan Bibir

Ilustrasi: www.stylecraze.com

Tidak perlu menggunakan pemulas bibir secara berlebihan. Faktanya, minum banyak air putih akan mencegah tubuh dehidrasi, sehingga mencegah bibir pecah-pecah dan membuatnya lebih lembut. 

7. Mengencangkan Kulit

Ilustrasi: www.lesliebaumannmd.com

Entah diminum dalam keadaan dingin, normal, atau justru hangat sekalipun--konsumsi air putih membawa banyak manfaat bagi tubuh. Secara umum, rutin minum air putih delapan hingga sepuluh gelas per hari, dapat membantu penyerapan nutrisi, menjaga sistem pencernaan, serta melancarkan sirkulasi darah. Adapun saat kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi, secara otomatis kulit akan tampak lebih segar, lembap, dan kencang.

 

Previous Article
Percayakah Anda, Enam Item Fashion Ini Justru Berharga Sangat Mahal!
Percayakah Anda, Enam Item Fashion Ini Justru Berharga Sangat Mahal!

Tidak sepenuhnya bisa diterima oleh pasar. Beberapa bahkan ditawarkan dengan harga yang relatif mahal.

Next Article
Di Balik Popularitas Mahkota Bunga
Di Balik Popularitas Mahkota Bunga

Bukan hanya sebagai aksesori fashion, mahkota bunga (flower crown) sebenarnya telah lama digunakan sebagai ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More