Sebelas Masker Alami Ini Mampu Usir Komedo Membandel dengan Cepat

July 18, 2017 Chatarina Komala

Apa pun jenis wajah Anda, keberadaan komedo membandel kerap kali "merusak" mood dan mengganggu penampilan. Sayangnya, proses menghilangkannya pun tidak mudah--bahkan cenderung sakit. Belum lagi, perihal risiko iritasi akibat proses menekan/memencet yang tidak steril. 

Komedo sendiri, terbentuk akibat pori-pori kulit yang tersumbat. Ini bisa oleh kulit mati, keratin, minyak, atau debu. Jika dibiarkan, komedo bisa berubah menjadi hitam, bahkan memicu jerawat. Nah, alih-alih menggunakan prosedur facial yang belum tentu "ramah", berikut adalah sebelas masker alami yang dapat Anda gunakan untuk mengusir komedo pada wajah. 

(Baca juga: Masker Kertas Unik Bergambar Wajah Hewan hingga Anime​)

1. Telur

Ilustrasi: www.beautifullyalive.org

Ambil hanya bagian putih telur, lalu kocok hingga berbusa. Oleskan adonan ke area wajah yang diinginkan, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal. Adapun sebagai pelengkap, Anda dapat mencampur telur dengan susu, perasan lemon, atau madu. 

2. Lemon

Ilustrasi: www.huffpost.com

Kendati mengandung banyak vitamin C, sifatnya yang asam kerap kali tidak "berterima" pada mereka yang berkulit sensitif. Solusinya, bisa dengan mencampur sari lemon dengan madu, yoghurt, gula, maupun sedikit garam. Pijat campuran secara pelahan, diamkan sebentar, lalu bilas hingga bersih. 

3. Baking Soda

Ilustrasi: www.reference.com

Campur baking soda  dengan air hingga membentuk adonan pasta. Aplikasikan pada wajah, lalu diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih. 

4. Teh Hijau

Ilustrasi: www.punicamakeup.com

Sebagai antioksidan alami, teh hijau rupanya juga mampu mengurangi produksi minyak di kulit. Cukup campurkan satu sendok teh daun teh hijau kering (atau bisa menggunakan bubuk) dengan air. Pijat ke area wajah yang bermasalah, diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.

5. Kayu Manis  

Ilustrasi: www.positivehealthwellness.com

Gunakan sari lemon sebagai campuran satu sendok teh bubuk kayu manis. Campur hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada wajah dan tunggu hingga mengering. Bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih. 

6. Madu dan Susu

Ilustrasi: www.manukahoneyusa.com

Campur susu dan madu dalam takaran yang sama, lalu masukkan ke dalam microwave selama sepuluh detik. Dinginkandi dalam kulkas, lalu gunakan campuran tersebut untuk "mengangkat" komedo membandel pada wajah.

7. Oatmeal

Ilustrasi: www.old.vitalproteins.com

Bukan hanya lezat disantap untuk sarapan, oatmeal juga bisa Anda gunakan sebagai masker alami pengangkat komedo. Caranya pun mudah, cukup mencampurkan oatmeal dengan bahan lain seperti madu, sari tomat, yoghurt tawar, lemon, atau justru minyak zaitun--lalu oleskan pada wajah dan tunggu mengering. Bilas dengan air dingin dan lakukan cara ini secara teratur.

8. Minyak Kelapa dan Gula

Ilustrasi: www.list.ly

Mudah didapatkan dan berharga murah. Scrub dari campuran minyak kelapa dan gula ini bisa Anda gunakan untuk mengangkat komedo, sel kulit mati, serta membuat kulit terasa lebih lembut.

9. Stroberi

Ilustrasi: www.bebeautiful.in

Ada beragam  kandungan dari buah stroberi yang baik bagi kulit Anda. Seperti halnya Alpha Hydroxyl Acids (AHA) yang terbukti mampu mengontrol produksi minyak alami serta mengangkat sel kulit mati dan asam salisilat yang mampu membersihkan pori-pori dan komedo membandel. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat menghaluskan dua buah stroberi matang, lalu beri campuran sedikit madu dan sari lemon hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut ke area wajah yang diinginkan, pijat dengan lembut, lalu biarkan mengering. Setelahnya, basuh dengan air hangat hingga bersih. 

10. Kunyit Kasturi

Ilustrasi: www.vebma.com

Risiko paparan warna kuning yang kuat menjadikan Anda tidak bisa menggunakan sembarang kunyit untuk masker wajah. Nah, dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kunyit kasturi.

Campur bubuk (atau tumbukan) kunyit dengan dua sendok makan perasan daun mint. Oles di bagian wajah yang terpapar komedo, biarkan mengering, lalu bersihkan dengan air hangat. Selain mencampurkannya dengan perasan daun mint, Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa.

(Baca juga: Rahasia Kulit Cantik Fan BingBing)

11. Tomat

Ilustrasi:  www.blossomjar.com

Selain membersihkan komedo membandel, kandungan antiseptik pada tomat bisa membantu membersihkan pori-pori. Anda cukup mengiris tipis atau justru menghaluskan satu buah tomat, lalu gunakan di area wajah sebelum tidur. Biarkan semalaman, lalu bilas keesokan harinya dengan air bersih.

 

Previous Article
Selamatkan Ekosistem dengan Rambut, Bisakah?
Selamatkan Ekosistem dengan Rambut, Bisakah?

Jika biasanya, rambut sisa hasil potong akan dibuang atau justru dijadikan wig, kini Anda bisa memanfaatkan...

Next Article
Percayakah Anda, Enam Item Fashion Ini Justru Berharga Sangat Mahal!
Percayakah Anda, Enam Item Fashion Ini Justru Berharga Sangat Mahal!

Tidak sepenuhnya bisa diterima oleh pasar. Beberapa bahkan ditawarkan dengan harga yang relatif mahal.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More