Selamatkan Ekosistem dengan Rambut, Bisakah?

July 19, 2017 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.stylecaster.com 

Jika biasanya, sisa guntingan rambut akan dibuang atau justru dijadikan wig, kini Anda bisa memanfaatkannya untuk menyelamatkan lingkungan. Bagaimana caranya?

(Baca juga: Anda Bisa Terlihat Lebih Tua Karena Rambut)

Setidaknya, sebuah penelitian dari University of Technical Sciences di Sydney, Australia menemukan, sisa guntingan rambut dapat digunakan untuk membersihkan air laut yang tercemar tumpahan minyak. Rambut, merupakan bio-penyerap alami dengan daya serap tiga hingga sembilan kali dari berat minyak.

"Rambut bisa menjadi satu cara organik untuk membersihkan bencana ekologi," ungkap Rebecca Pagnucco yang melakukan penelitian ini. 

Dari Plastik Sintetik ke Rambut

Ilustrasi: www.dailymotion.com

Sebelum penemuan ini, metode pembersihan air laut cenderung menggunakan plastik sintetis. Kendati berfungsi, sebetulnya metode ini menimbulkan banyak pertanyaan, terutama soal keamanan untuk lingkungan. 

Pagnucco sendiri, berfokus untuk menemukan solusi alami untuk menyelesaikan limbah yang mengancam ekosistem laut. Adapun cara terbaru lain yang telah ditemukan, yakni menggunakan kapas dan wol. Sayang, kedua material tersebut terbukti "kurang ramah" sebab terkait dengan permintaan yang tinggi di bidang tekstil dan industri pakaian.

Hal ini berbeda, dengan rambut sisa gunting di salon. Selain efektif, Pagnucco menilai alternatif ini juga murah karena bisa digunakan lebih dari sekali. 

(Baca juga: Rambut Tetap Berstamina Tanpa Keramas? Coba Dry Shampoo)

Kendati demikian, teori ini masih membutuhkan pembuktian dalam skala luas, sebelum akhirnya diaplikasikan. Adapun untuk mendukung penelitian, Pagnucco juga bermitra dengan banyak salon di Australia yang berminat mendonasikan 95% sisa rambut. 

   

 

 

Previous Article
Sambut Musim Panas, Inilah Enam Tren Riasan Wajah yang Bisa Anda Coba
Sambut Musim Panas, Inilah Enam Tren Riasan Wajah yang Bisa Anda Coba

Musim panas telah tiba.Tidak hanya soal penampilan dan gaya berpakaian, ini saatnya Anda mencari referensi ...

Next Article
Sebelas Masker Alami Ini Mampu Usir Komedo Membandel dengan Cepat
Sebelas Masker Alami Ini Mampu Usir Komedo Membandel dengan Cepat

Komedo terbentuk akibat pori-pori kulit yang tersumbat. Ini bisa oleh kulit mati, keratin, minyak, atau deb...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More