Foto Formal Terkesan Kaku? Inilah Lima Cara Mengakalinya!

July 24, 2017 Chatarina Komala

Tidak heran jika banyak orang--terutama perempuan, kecewa pada hasil foto formal mereka.  

Entah itu KTP, SIM, maupun Paspor, rasanya ada saja celah  yang tidak sesuai keinginan. Ini mencakup postur badan yang miring, wajah tanpa senyum, mata yang setengah melek, dan masih banyak lagi. Umumnya, hal tersebut disebabkan karena ketidaksiapan saat difoto; sementara antrean yang mengular membuat petugas foto biasanya enggan memberikan kesempatan kedua.  

Nah.  agar hasil foto lebih fotogenik, berikut adalah lima tips dan trik yang bisa langsung Anda praktikkan.

(Baca juga: 5 Photo Hack Untuk Dapat Lebih Banyak Likes di Instagram​)

1. Riasan Natural

Ilustrasi: Telegraph.co.uk

Sering kali diabaikan, faktanya merias wajah punya andil dalam baik/buruknya hasil foto formal Anda, lho. Tujuannya, tidak lain untuk menyamarkan bagian mata yang sayu, kantong mata, hingga jerawat maupun bekasnya. 

Namun, hindari pula penggunaan makeup yang berlebihan. Seperti halnya, penggunaan foundation atau concealer yang bikin kulit wajah lebih putih dari bagian lainnya, atau lipstik dan blush on yang mencolok. Sebaliknya, Anda disarankan untuk menggunakan warna-warna muda untuk terlihat natural. 

2. Tata Rambut

Ilustrasi:www.bigcitystylesalon.com

Bagi yang memiliki poni, Anda disarankan untuk merapikan dahulu bagian rambut tersebut, sebelum difoto. Tujuannya, untuk menghindari tampilan poni yang "jarang"; atau berspasi. Nah, bagi Anda pemilik rambut panjang, jangan lupa untuk mengikatnya ke belakang, agar hasil foto terlihat rapi. Apalagi, pada mayoritas foto formal (salah satunya KTP), Anda memang wajib memperlihatkan telinga dengan jelas. 

3. Warna Baju yang Berbeda dari Latar Foto  

Ilustrasi: www.quora.com

Agar kepala Anda tidak terlihat "melayang", hindari penggunaan baju yang berwarna sama dengan latar foto. Nah, di Indonesia--foto KTP atau SIM sendiri cenderung dipengaruhi oleh tahun kelahiran. Lahir di tahun genap akan mendapatkan latar foto biru, sementara ganjil: merah. Adapun untuk foto paspor, biasanya menggunakan warna putih.

4. Postur Tegap

Ilustrasi: www.neurosciencemarketing.com

Pastikan, postur tubuh Anda sangat duduk, tepat. Ada kalanya, Anda mungkin merasa--sudah duduk dengan tegak, namun hasilnya masih saja terlihat membungkuk atau miring. Nah, untuk yang satu ini, Anda memang harus berlatih dulu di depan cermin. 

Sebagai contoh, Anda bisa meminta tolong orang untuk memotret dalam pose pas foto. Setelahnya, cobalah mengoreksi arah kepala, bahu, maupun pundak--supaya tidak terlihat miring. Berikut adalah beberapa "larangan" yang harus Anda hindari:

a. Mengangkat dagu terlalu tinggi--sebab jika demikian, ukuran hidung akan terlihat tidak proporsional.

b. Menunduk--akan membuat pipi terlihat bulat dan menciptakan efek double chin.

c. Foto di ruang temaram atau gelap.

(Baca juga: Trik Mendapatkan Foto Paspor yang Cantik​)

5. Tersenyum 

Ilustrasi: www.minibeautylife.com

"Cairkan" suasana dengan tersenyum semanis mungkin. Namun, lantaran Anda sedang membuat foto formal, hindari bagian gigi terlihat, ya. Adapun selain hasil foto yang lebih bagus, tersenyum juga membuat Anda merasa rileks dan percaya diri.

  

Previous Article
Waspada, Inilah Bahaya Lupa Melepas Lensa Kontak
Waspada, Inilah Bahaya Lupa Melepas Lensa Kontak

Kasus kerusakan mata akibat sembarang menggunakan lensa kontak, bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, keb...

Next Article
Facial Tidak Melulu Harus Sakit, Ini Lima Lokasi Kliniknya
Facial Tidak Melulu Harus Sakit, Ini Lima Lokasi Kliniknya

Alih-alih rasa nyaman dan nikmat, banyak orang justru mengeluhkan rasa sakit dan nyeri saat menjalani facial.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More