Dari Risiko Rontok Hingga “Menghemat” Makeup, Ini Dia Pro-Kontra Eyelash Extension

July 31, 2017 Chatarina Komala

Eyelash extension kerap dimanfaatkan oleh banyak perempuan sebagai solusi menambah panjang dan “volume” bulu mata. Tujuannya, untuk menciptakan kesan dramatis, tanpa harus berlebihan menggunakan makeup.

Di sisi lain, cara ini juga mampu menghemat waktu, tenaga, juga biaya saat menggunakan riasan wajah. Anda bahkan tidak perlu menggunakan eyeliner, maskara, atau justru eye shadow untuk membuat mata menarik. Kendati demikian, teknologi memasang bulu mata ini juga dikelilingi oleh pro dan kontra. Apa saja?

(Baca juga: Menebalkan Bulu Mata di 2 Tempat Ini)

1. Bulu Mata Mudah Rontok

Ilustrasi: www.stylecaster.com

Banyak orang mengeluhkan bulu mata asli yang rontok seusai memasang eyelash extension. Penyebabnya, lantaran berkurangnya daya rekat lem oleh air, atau justru keringat. Adapun dari segi pemasangan, ekstensi dilakukan dengan “menempelkan” bulu mata di dasar, yang bisa berakibat pada rontoknya bulu mata asli. Belum lagi, soal teknik pengaplikasian yang salah…

2. Perawatan Lebih

Ilustrasi: www.food.ndtv.com

Dengan eyelash extension, rasanya apa-apa jadi serba ribet. Terlebih, ketika akan mencuci muka atau justru mandi. Toh, untuk sekadar membersihkan riasan wajah saja, Anda perlu ekstra hati-hati!

Adapun eyelash extension sendiri mudah berantakan. Biasanya penyebabnya beragam. Ini seperti kontak dengan bantal ketika tidur, terpapar angin, hingga kemungkinan sentuhan tangan.

3. Ketidaknyamanan

Ilustrasi: www.getcarefreemd.com

Bagi yang belum terbiasa, keberadaan eyelash extension dapat menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman. Belum lagi, risiko iritasi mata akibat lem berbahan kimia…

4. Hanya Bertahan Satu Bulan

Ilustrasi: www.ukbeautyschools.co.uk

Kendati hanya bertahan sebulan, Anda bisa kok retouch atau memasang bulu mata sambungan. Tujuannya, untuk mengisi lagi bagian yang rontok.

5. Cukup Makeup Sederhana

Ilustrasi: www.stylecaster.com

Dengan eyelash extension, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk penggunaan eyeliner, eye shadow, atau justru maskara. Toh, untuk skala aktivitas harian, mata Anda sudah cukup terlihat dramatis, kok. Nah, untuk tampilan lebih segar, Anda bisa mengaplikasikan foundation dan bedak.

6. Lentik Natural

Ilustrasi: www.thisisinsider.com

Tentukan sendiri panjang-pendek, maupun tingkat ketebalan bulu mata. Menariknya, sekalipun “imitasi”, bulu mata Anda bisa terlihat lentik secara natural.

Asalkan Anda mampu merawat dengan baik dan benar, penggunaan eyelash extension sebetulnya “sah-sah” saja untuk menunjang penampilan. Nah, agar tidak merusak bulu mata asli, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Konsultasi – Anda bisa memilih desain bulu mata yang cocok untuk bentuk wajah. Namun, sebelum itu—cobalah berkonsultasi terlebih dulu untuk melihat bentuk maupun tingkat ketebalan bulu mata.

2. Kebersihan – Pastikan proses pengerjaan bulu mata sambung dilakukan dengan bersih dan steril. Sebagai gambaran, mulanya bulu mata asli akan dibersihkan terlebih dulu. Proses penyambungan pun akan dilakukan helai per helai, dengan lem khusus, selama satu hingga 1,5 jam.

3. Hindari air – Hindari kontak dengan air, kurang-lebih satu minggu. Pun itu sebabnya, Anda wajib membiarkan area mata tetap kering—sekalipun sedang mencuci muka. Adapun membasuh wajah dengan air hangat juga berisiko membuat eyelash extension jadi mudah copot.

4. Jangan sering menyentuh area mata – Semakin sering Anda memegang, maka semakin besar pula risiko eyelash extension berubah posisi, atau justru copot.

5. Hindari penggunaan oil-base makeup remover – Bagaimapun, kandungan minyak akan mempercepat lunturnya lem, sehingga eyelash extension lebih berisiko rontok/copot. Jika telanjur, Anda bisa menggunakan cotton bud dan mengusapkannya secara perlahan pada area mata (hindari akar di mana eyelash extension menempel). 

Previous Article
Makin Stylish dengan Skinny Jeans
Makin Stylish dengan Skinny Jeans

Bukan hanya identik dengan kesan kasual. Faktanya, skinny jeans juga dipilih untuk menciptakan tampilan kak...

Next Article
Sepuluh Jenis Diet Paling Aneh Dunia, Pilih yang Mana?
Sepuluh Jenis Diet Paling Aneh Dunia, Pilih yang Mana?

Ada kalanya, keinginan besar untuk tampil langsing membuat orang rela mencoba segala macam cara. Termasuk, ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More