Lima Alasan Tak Lazim di Balik Operasi Plastik

August 2, 2017 Chatarina Komala

Bermula dari prosedur bedah dalam ilmu kedokteran, operasi plastik kini berkembang sebagai solusi "membentuk" wajah untuk kecantikan.

Kata plastik, ditengarai berasal dari bahasa Yunani, yakni plastikos—yang artinya membentuk. Tidak berarti menggunakan bahan dasar plastik, melainkan ditekankan pada fungsinya untuk membentuk.

Bedah plastik sendiri sudah muncul di abad ke19 dan 20. Pada masa itu, John Peter Mettauer (dokter bedah plastik pertama di Amerika), melakukan pembedahan pada langit-langit mulut yang sumbing. Temuan ini lantas dikembangkan lagi oleh Sir Harold Gillies (Bapak Operasi Plastik Modern).

Dari segi tujuan, ada dua jenis bedah plastik, yakni pembedahan untuk rekonstruksi dan estetis. Rekonstruksi dilakukan untuk tujuan medis, seperti halnya orang yang mengalami kecacatan setelah kecelakaan, trauma/masalah medis; sementara bedah estetis cenderung ditujukan pada pasien normal dan sehat, namun merasa bagian/bentuk tubuhnya kurang baik/seimbang.

Nah, selain memperbaiki penampilan, berikut adalah beberapa alasan “tidak lazim”, mengapa seseorang melakukan operasi plastik.

(Baca juga: Hobi Selfie Mendorong Keinginan Untuk Operasi Plastik)

1. Meningkatkan Karier

Ilustrasi: www.sincron.co.id

Bagi seseorang yang harus selalu tampil menawan, operasi plastik menjadi solusi untuk menunjang karier mereka. Tidak heran, jika banyak selebriti dunia yang “menunjang” penampilannya dengan operasi plastik.

2. Mengubah Takdir

Ilustrasi: www.viendamaria.com

Di Negeri Sakura, Jepang—operasi plastik tidak dilakukan untuk bagian wajah, melainkan garis tangan. Merekaa lantas mengubah garis tangan, menjadi garis-garis yang dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan. Ini meliputi keinginan untuk enteng jodoh, sukses, kaya raya, hidup sehat, panjang umur, jumlah anak, dan masih banyak lagi.

3. Agar Senyum Selamanya

Ilustrasi: www.koreanplasticsurgeries.com

Smile lipt—dikenal sebagai satu operasi plastik yang cukup mengerikan. Pasalnya, dengan melakukan operasi di bagian bibir, seseorang bisa terlihat “senyum” selamanya, bahkan sekalipun ia sedang tertidur. Operasi ini sendiri dilakukan dengan memotong ujung bibir, lalu mengubah susunan otot di ujung bibir.

4. Menghindari Utang

Ilustrasi: www.cosmeticsurgerydelhi.net

Ada-ada saja polah seorang wanita di Wuhan—Tiongkok. Hanya untuk menghindari kejaran utang, ia rela melakukan operasi plastik.

Dilansir dari Telegraph, Zhu Najuan (59) ini melakukan operasi plastik, dan “menghilang” seusai persidangan atas kasus utang-piutangnya. Adapun pengadilan di Provinsi Hubei, Tiongkok ini menuntut Najuan untuk membayar utang senilai 25 juta Yuan, atau kira-kira setara dengan Rp49 miliar. Wah, pantas saja!

(Baca juga: 4 Operasi Plastik Ekstrim Yang Dilakukan Para Pria​)

5. Budaya Homogen

Ilustrasi: www.starcasm.net

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa orang Korea gemar sekali melakukan operasi plastik. Nah, selain “jiwa” kompetitif mereka, rupanya orang Korea punya kecenderungan untuk terlihat sama dan merata. Dengan kata lain, alih-alih menerima heterogenitasnya, orang Korea justru lebih senang tidak dianggap aneh lantaran berbeda.

Itu sebabnya, mereka akan cenderung menghasilkan satu kriteria yang sama, bahkan mulai dari fashion hingga hasil operasi plastik (wajah berbentuk V, tubuh S, mata lebar, terdapat kelopak mata, dan lain sebagainya).

 

Previous Article
Mereka yang Diremehkan, Mereka yang Sukses di Dunia Model
Mereka yang Diremehkan, Mereka yang Sukses di Dunia Model

Ada banyak perempuan sukses menjadi model—sekalipun dianggap tidak punya tubuh yang ideal. Beberapa dari me...

Next Article
Makin Stylish dengan Skinny Jeans
Makin Stylish dengan Skinny Jeans

Bukan hanya identik dengan kesan kasual. Faktanya, skinny jeans juga dipilih untuk menciptakan tampilan kak...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More