Delapan Jenis Olahraga Ini Bisa Dilakukan di Kantor, Lho

August 16, 2017 Chatarina Komala

Bayangkan, apa jadinya kondisi tubuh jika Anda terus duduk selama 40-45 jam di kantor setiap minggunya?

Padahal, agar tubuh tetap fit, Anda membutuhkan 30 menit aktivitas fisik skala sedang sebanyak lima kali sehari; atau kira-kira 20 menit aktivitas berat selama tiga kali sehari. Adapun rutinitas pekerjaan yang menyita waktu--kerap kali berimbas pada rasa letih selepas kantor. Alih-alih berolahraga, yang ingin Anda lakukan justru cepat-cepat pulang dan beristirahat.

Beberapa studi menunjukkan, terlalu lama duduk bisa menyebabkan tubuh rentan penyakit kronis, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, jantung, stroke, osteoporosis, hingga potensi kematian dini. Maklum saja, secara alamiah tubuh manusia memang tidak dirancang untuk duduk selama delapan hingga sembilan jam per hari. Untungnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan utnuk meminimalkan risikonya. Salah satunya, olahraga.

Lantas, bagaimana melakukan olahraga tanpa meninggalkan meja; atau justru di sela-sela jam kerja?

1. Leher

Ilustrasi: www.hipwee.com

Miringkan kepala hingga telinga menyentuh bahu, lalu tahan selama beberapa detik. Anda bahkan dapat berdiri di depan sebuah bidang datar, lalu merentangkan tangan seluas mungkin. Cara lain, bisa dengan menganggukkan kepala ke atas dan bawah secara perlahan.

2. Telapak Tangan

Ilustrasi: www.melaniespanswick.com

Tanpa harus beranjak dari meja kerja, letakkan kedua tangan di atas meja, dengan posisi jari-jari terbuka lebar. Perlahan, turunkan tubuh Anda, lalu tahan selama 15 detik, sebelum kembali berdiri tegak.

3. Squat

Ilustrasi: www.thefitindian.com

Terlalu lama duduk pasti bikin bokong dan kaki terasa pegal. Solusinya, Anda bisa melakukan squat, sebanyak 20 kali per set. Tujuannya, untuk melatih otot paha dan kaki, sekaligus melancarkan peredaran darah.

4. Kaki

Ilustrasi: CHAN WU USA

Mundurkan kursi, lalu rentangkan kaki lurus di depan. Tahan posisi sekitar dua detik; naikkan kaki setinggi mungkin, dan tahan selama dua kaki. Turunkan kaki ke posisi semula, dan ulangi sebanyak 15 kali untuk masing-masing kaki.

5. Punggung dan Tulang Belakang

Ilustrasi: www.9to5strength.com

Duduk dengan tegak di atas kursi, lalu angkat kedua tangan ke atas. Selanjutnya, letakkan tangan kiri di atas meja, lalu sentuhlah bagian belakang kursi dengan tangan kanan. Putar tubuh ke arah kanan secara perlahan, lalu tahan selama sepuluh detik dan ulangi ke arah sebaliknya.

Cara lain, bisa dengan “memeluk tubuh sendiri” dan pertahankan posisi selama beberapa saat.

6. Lengan

Ilustrasi: www.blog.eliteclubs.com

Kencangkan kembali biseps di lengan dengan push up. Tenang, untuk yang satu ini, Anda tidak harus berbaring di lantai, kok. Cukup menggunakan bantuan meja.

Pertama-tama, Anda bisa meletakkan telapak tangan di tepi meja. Agar seimbang, jangan lupa memberinya jarak selebar bahu. Mundurkan kaki, lalu bawa turunkan tubuh ke dekat sisi meja seperti sedang push up. Untuk hasil maksimal, ulangi sebanyak 20 kali dalam satu set.

Cara lain, Anda bisa berdiri membelakangi meja, lalu letakkan telapak tangan di pinggirnya. Rapatkan kaki dan tekuk siku hingga posisi tubuh merendah. Tahan selama 10 detik, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali.

7. Paha

Berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Letakkan kedua tangan di pinggang, lalu turunkan tubuh hingga beberapa sentimeter di atas kursi. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali.

8. Bergeraklah

Ilustrasi: www.listice.com

Apa pun pekerjaan Anda, hindari duduk di posisi yang sama setiap hari. Apalagi, jika dilakukan dalam waktu yang panjang. Anda bisa mengubah posisi duduk; atau minimal mengambil jeda setiap setengah jam sekali untuk bergerak--seperti ke kamar kecil atau mengambil minum. Jika perlu, Anda bahkan bisa membawa peralatan olahraga sederhana, seperti dumbbell untuk angkat beban.

Lebih baik lagi, jika Anda memiliki banyak waktu luang untuk bergerak. Cobalah beranjak dari meja kerja untuk sekadar lari kecil di tempat selama 60 detik, melakukan gerakan lompat tali, atau naik-turun tangga dengan langkah cepat.

Itulah beberapa gerakan olahraga ringan yang dapat Anda coba--sekalipun tanpa meninggalkan meja. Adapun selain membuat tubuh bugar, gerakan ini juga dapat berakibat pada pikiran yang lebih segar dan siap kembali beraktivitas.  

Previous Article
Memahami Definisi Kecantikan di Berbagai Negara
Memahami Definisi Kecantikan di Berbagai Negara

Sebagian dari Anda, mungkin kerap mendefinisikan kecantikan lewat tampilan perempuan muda, bertubuh tinggi-...

Next Article
Ini Dia 12 Manfaat dari Bedak Bayi yang Tidak Pernah Anda Sangka!
Ini Dia 12 Manfaat dari Bedak Bayi yang Tidak Pernah Anda Sangka!

Selain menjadi andalan para ibu untuk anak-anaknya; bedak bayi juga punya banyak manfaat, lho. Apa saja?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More