Ingin Beli Sepatu Olahraga Baru? Yuk, Pertimbangkan Enam Hal Berikut!

August 22, 2017 Chatarina Komala

Ragam olahraga, seperti lari, yoga, atau justru bela diri—memang sedang populer belakangan ini. Tidak heran, mengikuti tingginya minat masyarakat akan hidup sehat—muncul varian aksesori olahraga; salah satunya sepatu.

Kehadiran sepatu, penting untuk proses olahraga yang baik dan benar. Terlebih, untuk meminimalkan risiko cedera di bagian kaki. Pun itu sebabnya, Anda tidak bisa sembarang membeli dan menggunakan sepatu olahraga.

Kendati tidak terlihat rusak, sebenarnya, sepatu olahraga juga memiliki masa pakai. Nah, setelah digunakan selama 300 jam (aerobic) atau sekitar 400 hingga 800 kilometer untuk lari, biasanya kualitas di bagian dalam sepatu sudah mengalami penurunan. Inilah saatnya, Anda mempersiapkan diri untuk menabung membeli sepatu baru.

Sayangnya, membeli sepatu olahraga berkualitas dan tentu saja: indah dipandang tidaklah mudah. Selain harga yang cukup tinggi, Anda juga mesti menyesuaikan dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membeli sepatu olahraga baru.

(Baca juga: 8 Hal Berbahaya Yang Disebabkan Sepatu Hak Tinggi Anda)

1. Jenis Olahraga

  

Ilustrasi: www.telegraph.co.uk

Setiap olahraga, membutuhkan jenis sepatunya masing-masing. Pada olahraga lari, misalnya—sepatu akan didesain untuk pergerakan tubuh ke depan dan ke belakang; sementara untuk basket, sepatu akan didesain untuk mempermudah gerakan berputar, melompat, serta berlari menggiring bola.

Sebelum membeli sepatu yang tepat, ada baiknya Anda mempertimbangkan jenis olahraga yang akan dilakukan. Jenis sepatu untuk lari, senam zumba, atau justru hiking tentulah berbeda.

2. Kelenturan Kaki

Ilustrasi: www.fix.com

Ketika menggunakan sepatu, baik untuk berjalan/berlari, posisi kelenturan kaki (pronation) merupakan hal yang penting diperhitungkan. Pasalnya, pronation sendiri berhubungan dengan kenyamanan sendi bawah pergelangan kaki dan sublatar.

Sepatu lantas memiliki sifat menyerap energi gerak. Nah, jika sepatu yang Anda gunakan kurang lentur, maka akan banyak energi gerak yang terserap. Akibatnya, selain memperlambat lari; hal ini juga bisa berpotensi menimbulkan cedera.

Cara mengetesnya? Bisa dengan menekan bagian dalam, atau justru melipat sepatu. Jika sepatu kembali ke posisi semula dengan mudah, maka kelenturannya baik. Selain itu, Anda bisa mencoba langsung sepatu sembari berjalan, jongkok, berjinjit, dan lari di tempat.

3. Panjang dan Lebar Sepatu

Ilustrasi: www.mec.ca

Hindari membeli sepatu yang terlalu besar atau kecil. Namun, jangan pula membeli sepatu yang kelewat pas. Sepatu olahraga yang baik cenderung memiliki sisa sedikit ruang, sebagai tempat “ujung kaki” saat berjalan/berlari.

Ada saat-saat tertentu, manakala ukuran kaki akan membesar. Biasanya, ketika sore hari (pukul 16.00) atau saat Anda berlari. Itu sebabnya, Anda dianjurkan memilih sepatu dengan ukuran kira-kira setengah sentimeter lebih besar, untuk mencegah risiko lecet dan bengkak pada kaki.  

4. Berat Sepatu

Ilustrasi: www.bikerumor.com

Disarankan untuk memilih sepatu yang ringan dan lentur—untuk memudahkan mobilitas Anda. Namun, jika Anda memiliki berat badan lebih, disarankan untuk memilih sepatu dengan dasar/landasan yang tebal.  

5. Kaus Kaki

Ilustrasi: www.active.com

Gunakan sepatu beserta kaus kaki, untuk memastikan kenyamanan pijakan kaki Anda.

(Baca juga: Cukup 37 Pakaian Saja di Lemari Anda)

6. Beli di Malam Hari

Ilustrasi: www.roadsiderunner.com

Faktanya, saat sore dan malam hari, ukuran kaki akan cenderung membesar. Pun itu sebabnya, untuk mendapatkan ukuran yang pas, Anda disarankan membeli sepatu di sore/malam hari. 

Previous Article
Jangan Keburu Ingin Resign, Ini Dia Delapan Cara Mengatasi Stres di Kantor!
Jangan Keburu Ingin Resign, Ini Dia Delapan Cara Mengatasi Stres di Kantor!

Padatnya aktivitas, pun beban kerja yang berat, sering kali bikin niat “resign” terlintas begitu saja.

Next Article
Mengungkap Rahasia Wajah Porselen Artis Korea
Mengungkap Rahasia Wajah Porselen Artis Korea

Pernah kagum dengan “kemulusan” kulit artis Korea, mulai dari wajah hingga ujung kaki? Bak porselen, kulit ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More