Mood Rusak Karena ‘Bad Hair Day’? Ini Cara Simpel Mengatasinya!

August 29, 2017 Chatarina Komala

Bukan cuma mengganggu penampilan. Bad hair day, juga dapat memengaruhi suasana hati dan rasa percaya diri. Nah, daripada “bete” seharian, berikut adalah beberapa cara sederhana mengatasi “bad hair day”.

Padatnya rutinitas kerap kali membuat Anda tidak punya cukup waktu untuk merawat rambut. Alhasil, rambut lepek, berminyak, terlalu kering, dan sulit di atur menjadi konsekuensinya. Di sisi lain, penggunaan pemanas rambut secara berlebihan, pun cuaca yang kurang bersahabat—turut berkontribusi terhadap tampilan rambut yang buruk.

Padahal, serupa wajah—tampilan rambut yang kurang apik bisa membuat Anda jadi kurang percaya diri, bahkan merasa tidak nyaman. Memang, sih, salah satu upaya mengatasi bad hair day, adalah keramas. Namun, ada kalanya—keramas jadi hal yang tidak memungkinkan, terlebih jika Anda sedang beraktivitas.

Nah, untuk memperbaiki suasana hati akibat bad hair day, berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa dengan mudah Anda praktikkan.

(Baca juga: Rambut Tetap Berstamina Tanpa Keramas? Coba Dry Shampoo)

1. Mengikat Rambut dengan Rapi

Ilustrasi: stayglam.com

Nah, bagi Anda si pemilik rambut panjang, bisa langsung mengikat rambut dengan rapi. Intinya, jangan biarkan rambut panjang tergerai dalam keadaan kusut, lepek, atau justru berminyak. Anda bisa mengikat rambut ke belakang dengan gaya pony tail, atau kuncir kuda. Jika perlu, tambahkan gel rambut untuk merapikan bagian depan rambut.

2. Menggunakan Aksesori

Ilustrasi: www.sheknows.com

Ada banyak aksesori rambut yang bisa Anda kenakan, untuk mengatasi bad hair day. Ini bisa berupa jepit rambut, atau justru aksesori rambut praktis lainnya—seperti topi, bando, scarf, head band, atau bandana. Adapun jenis aksesori ini akan sangat membantu, terlebih jika Anda sedang terburu-buru menghadiri acara penting.

3. Mengubah Belahan Rambut

Ilustrasi: www.stylecraze.com

Sesekali, cobalah untuk menyegarkan tampilan dengan mengubah belahan rambut. Nah, jika biasanya Anda menata rambut dengan belahan tengah—bisa mencoba di belahan pinggir kanan, atau kiri. Adapun mengubah belahan ini bisa membantu menambah volume; sekaligus menutupi bagian yang sudah lebih dulu terlihat lepek.

4. Mengepang Rambut

Ilustrasi: Pinterest 

Ada beberapa model kepang yang bisa Anda coba. Pertama, bisa dengan mengepang sedikit bagian rambut di sisi kanan dan kiri, lalu satukan dan ikat ke belakang kepala. Cara lain, bisa dengan kepang “belakang” sederhana. Nah, untuk menjaga tatanannya, jangan lupa sematkan jepit kecil (bobby pin).

5. Model “Cepol” Rambut

Ilustrasi: www.vemale.com

Anda bisa menggelung rambut panjang, lalu mengikatnya serupa sanggul. Ini merupakan satu cara paling simpel untuk mengatasi rambut yang susah diatur.

6. Mencoba Messy Hairstyle

Ilustrasi: www.hairstylehub.com

Jika sebelumnya—untuk mengatasi rambut lepek, Anda bisa menguncir rambut dengan rapi, kali ini tidak ada salahnya untuk coba tampilan messy look. Anda bisa menciptakan tampilan ini dengan menggerai rambut, lalu gunakan dry shampoo. Namun, jika ingin tampilan yang lebih rapi, bisa mencoba boho-chic bun. Jika perlu, tambahkan pula beberapa aksesori rambut seperti jepit kecil.

(Baca juga: Tren Rambut Paling Segar yang Tak Pandang Jenis dan Panjang Rambut)

7. Mengeriting Rambut

Ilustrasi: Pinterest

Ada banyak hal memengaruhi bad hair day Anda. Misalnya, bekas ikatan rambut, atau justru akibat pemakaian alat pemanas/pengering rambut yang salah. Satu solusinya, yakni dengan membuat rambut lebih bergelombang. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan pengeriting atau justru sekadar menguncirnya.

 

Previous Article
Serba LED, Ini Dia Tren Fashion dan Kecantikan yang Wajib Anda Coba!
Serba LED, Ini Dia Tren Fashion dan Kecantikan yang Wajib Anda Coba!

Penggabungan, antara LED dan fashion, sebenarnya bukanlah hal baru.

Next Article
Selamat Tinggal Skinny Jeans!
Selamat Tinggal Skinny Jeans!

Menjadi item fashion “wajib” semua orang, faktanya—ada beberapa dampak negatif dari pemakaian skinny jean...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More