Berapa Usia yang Tepat untuk Memakai Krim Anti-Aging?

August 31, 2017 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.food.ndtv.com

Setiap perempuan pasti ingin selalu terlihat awet muda. Hanya saja, beberapa kebiasaan, pola hidup yang buruk, plus penggunaan produk yang salah, justru membuat Anda “terancam” tampak lebih tua.

Namun, jangan khawatir. Kini, ada banyak, kok, produk kosmetik yang dijual untuk mengatasi masalah penuaan dini. Salah satunya, krim anti-aging. Pertanyaannya, berapakah usia yang tepat untuk menggunakan produk ini?

Menjawab pertanyaan tersebut, Joshua Zeichner, MD, seorang dermatolog mengungkapkan, krim anti-aging idealnya digunakan di awal umur 30, terlebih ketika Anda sudah melihat gejala kerutan di bagian wajah. Penggunaannya, diharapkan bisa meminimalkan penampakan pembuluh darah yang semakin jelas, mengurangi risiko timbulnya kerutan yang dalam, dan hilangnya elastisitas kulit di usia 40 hingga 50 tahun.

Sementara menurut dr. Dennis Gross, dokter kulit asal Amerika, Anda disarankan mulai menggunakan krim mata di pertengahan usia 20-an. Alasannya, pada masa itulah dua protein penyusun kulit (kolagen dan elastin) mulai berkurang. Namun tentu saja, jika tidak ingin terlambat, gunakanlah krim sedini mungkin (di akhir usia 20-an).

(Baca juga: Delapan Produk Kecantikan Ini Tidak Boleh Anda Gunakan Setiap Hari​)

Bukan Cuma untuk Orang Tua

Ilustrasi: www.sixtyandme.com

Faktanya, produk anti-aging bukan cuma dibuat untuk orang yang sudah tua. Sebelum salah kaprah, harus dipahami bahwa produk ini diformulasikan khusus untuk meminimalkan gejala penuaan pada kulit. Gejalanya beragam, seperti munculnya kerutan halus, berkurangnya elastisitas dan ketebalan kulit, kerontokan rambut, hingga jangka waktu penyembuhan luka yang lama.

Pun itu sebabnya, menggunakan produk anti-aging, bukan hanya keharusan perempuan yang sudah berusia di atas 40 tahun, melainkan Anda yang masih berusia 20 hingga 30 tahun. Kendati demikian, jangan sekadar menggunakan produk anti-aging, ya. Alih-alih mendapatkan kulit yang awet muda, sembarang menggunakan produk justru akan memicu kerusakan kulit!

“Orang yang menggunakan produk yang terlalu berminyak, biasanya memicu occlusive folliculitis. Ini merupakan kondisi manakala keringat tidak bisa keluar dari pori-pori, sehingga kulit jadi gatal dan timbul iritasi,” ungkap Susan Mayou, seorang dermatolog di London, Inggris.

Pentingnya Tabir Surya

Ilustrasi: www.cdn.olwomen.com

Selain faktor genetika, penuaan dini juga diakibatkan oleh paparan sinar Matahari. Beberapa studi menunjukkan, sinar Matahari bisa menyebabkan munculnya kerutan dan garis halus lebih cepat, bahkan merusak kulit. Itu sebabnya, menggunakan produk tabir surya, terlebih ketika beraktivitas di luar ruangan, merupakan satu hal yang wajib.

Untuk hasil yang maksimal, Anda disarankan memilih tabir surya dengan minimal SPF 40, dan menggunakannya sekitar 30 menit sebelum pergi ke luar rumah. Sebagai tambahan, tidak ada salahnya menggunakan aneka produk perawatan wajah, yang bisa mencegah, memperlambat, mengoreksi, serta mengembalikan elastisitas kulit. Ini meliputi serum, krim, dan losion dengan kandungan antioksidan.

(Baca juga: Studi: Wanita Menggunakan 27 Produk dan Alat Kecantikan Setiap Harinya)

Mengurangi Kebiasaan Buruk

Berapa pun usia Anda, penting untuk memastikan diri memulai kebiasaan sehat. Manfaatnya, bukan hanya kentara bagi tubuh, melainkan juga kecantikan kulit. Itu sebabnya, bagi Anda yang memiliki kebiasaan buruk, seperti tidur larut, mengonsumsi junk food, minum alkohol, dan merokok, disarankan untuk segera berhenti.

Mengabaikan perawatan kulit, ditambah beberapa kebiasaan buruk tadi, bisa mempercepat penuaan dini. Sebagai akibat, kulit jadi tampak keriput, bercak kemerahan, dan bintik hitam. Nah, selagi masih bisa memperbaiki dan mencegah penuaan dini, mengapa tidak berhenti dari sekarang?

 

Gratis Perawatan 1 kali Oxy Facial untuk Setiap Pembelian 1 Treatment Radio Frequency senilai Rp 960.000 dari Oriskin

Previous Article
Weekend Terasa Cepat Berlalu? Yuk, Kembalikan Semangat dengan Delapan Cara Berikut!
Weekend Terasa Cepat Berlalu? Yuk, Kembalikan Semangat dengan Delapan Cara Berikut!

Enggak perlu lagi “membenci” hari Senin. Berikut adalah sepuluh cara mendongkrak mood, agar Anda semakin pr...

Next Article
Serba LED, Ini Dia Tren Fashion dan Kecantikan yang Wajib Anda Coba!
Serba LED, Ini Dia Tren Fashion dan Kecantikan yang Wajib Anda Coba!

Penggabungan, antara LED dan fashion, sebenarnya bukanlah hal baru.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More