Benarkah Suka Dandan Bikin Sehat Mental?

September 7, 2017 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.sooziq.com

Penggunaan makeup, rupanya bukan cuma menunjang penampilan seseorang. Dilansir dari Reddit, selain meningkatkan kepercayaan diri, mereka yang gemar dandan juga mendapatkan banyak manfaat positif dari kesukaannya itu.

Adapun perasaan yang timbul, selepas merias dan merawat wajah, juga bisa menjadi cara kreatif dan lambang ekspresi diri, terutama saat menghadapi situasi sulit. Dalam situs Reddit, beberapa “pecandu kosmetik” lantas berbagi pengalaman, bagaimana mereka dapat menghadapi isu terkait kesehatan mental, serupa stres, depresi, dan kecemasan.

Gotohela, misalnya. Terbiasa tumbuh dalam pola asuh yang mengontrol banyak hal, ia jadi senang membeli produk perawatan kulit dan makeup setelah mandiri. “Secara umum, itu memberi saya sebuah kendali yang tidak pernah dimiliki sebelumnya,” katanya.  

Hal lain juga ditulis oleh anggota situs. Sebelumnya, ia merasa tidak nyaman dengan kulit dan bentuk tubuh, “sekarang, mengeksplorasi makeup membuat saya bisa menerima diri apa adanya”.

Merias Wajah dan Peningkatan Kesehatan Mental

Ilustrasi: www.github.com

Manfaat merias wajah, juga diamini oleh Temimah Zucker, seorang pakar citra tubuh dan terapis. Bagaimanapun, ia sepakat, melakukan ragam rutinitas kecantikan bisa meningkatkan kesehatan mental.

Makeup bisa bermakna. Warna lipstik yang bold, bisa mewakili seberapa kuat kata-kata dan pikiran. Hal lain, mungkin saja concealer bukan cuma untuk menyamarkan noda hitam, melainkan “menyadarkan” bahwa sebagian orang tidak bisa melihat diri kita apa adanya,” Zucker menambahkan.

Adapun selain memampukan orang menerima dirinya sendiri, kreativitas makeup juga bisa menjadi pendongkrak suasana hati yang efektif. Toh, menciptakan tampilan berbeda, mengombinasikan warna, atau mencoba tren baru, sebenarnya merupakan hal-hal yang dibutuhkan untuk menghadapi gangguan mental.

   

Previous Article
Mengenal Plandid, Tren Foto Artistik Pengganti Selfie
Mengenal Plandid, Tren Foto Artistik Pengganti Selfie

Mungkin Anda akrab, dengan gaya foto menerawang sekitar; atau justru tertawa sembari menengadah. Nah, tren ...

Next Article
Sepuluh Tren Alis yang Sedang Viral di Media Sosial, Mau Coba?
Sepuluh Tren Alis yang Sedang Viral di Media Sosial, Mau Coba?

Mulai dari alis bergelombang, hingga berbentuk naga. Mana yang Anda sukai?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More