Mengenal Plandid, Tren Foto Artistik Pengganti Selfie

September 10, 2017 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.br.de

Kendati bukan gaya baru, dilansir dari Mic.com; mulanya plandid berkembang di Amerika Serikat di musim panas tahun 2017. Konon, plandid berasal dari kata planned dan candid. Dengan kata lain, gaya ini memang sudah direncanakan, tetapi hasilnya harus terlihat seolah-olah Anda tidak sadar kamera.

Adapun popularitas gaya ini melonjak, setelah munculnya foto serupa yang diunggah Kylie Jenner di akun Instagram-nya. Dianggap artistik dan menginspirasi, akhirnya banyak orang mengikuti pose ini.

Ingin Terlihat Natural

Salah satu alasan mengapa pose ini banyak ditiru adalah, orang sudah mulai bosan selfie atau justru pose lain yang terkesan “dibuat-buat”. Pun itu sebabnya, mereka ingin foto yang lebih natural. Kevin Benejam, seorang influencer dan stylist pakaian pria mengungkapkan, plandid populer sebab orang menjalani dua kehidupan. Satu di Instagram, sementara yang lain: di kehidupan nyata, “plandid adalah cara yang baik untuk menunjukkan gaya hidup Anda, lewat Instagram.”

Satu ciri khas poses ini, yakni “ketidaksadaran” si objek foto. Semakin tidak sadar kamera, tentulah semakin bagus pose plandid. Enggak heran, jika Anda memang harus foto berulang kali untuk hasil yang natural.  

Diikuti Artis Indonesia

Meski pencetusnya belum bisa ditelusuri, perkembangan hastag #plandid rupanya terbilang cepat. Hanya dalam satu bulan, jumlahnya bahkan mencapai tiga ribu pengguna. Oh ya, pose ini juga sudah banyak digunakan figur publik, mulai dari instagrammer, hingga artis seperti Andien atau Gisella.

Adapun mayoritas pose plandid, masih mengambil posisi duduk, makan atau minum, tertawa, menunduk (menatap ke bawah), hingga berjalan santai. Tidak jarang, objek foto juga berpose bersama orang terdekat seperti kekasih, anak, anggota keluarga, atau sahabat dekat.

Lantas, bagaimana, sih, menerapkan pose plandid yang baik? Berikut adalah beberapa tips dari Kevin Benejam:

1. Jangan hanya menjepret foto satu kali. Lakukan berkali-kali untuk mendapatkan foto terbaik.

2. Pilihlah background yang bagus dan artistik.

3. Jangan terlihat terlalu serius. Meskipun mata tidak menatap kamera; atur postur dan gerakan tubuh untuk hasil sempurna.

4. Jadilah diri sendiri.

   

Previous Article
Tujuh Tipe Rekan Kerja Buruk Ini Harus Segera Anda Hindari
Tujuh Tipe Rekan Kerja Buruk Ini Harus Segera Anda Hindari

Ada banyak hal yang bikin Anda enggak produktif saat di kantor. Bisa jadi, bukan soal kinerja yang melambat...

Next Article
Benarkah Suka Dandan Bikin Sehat Mental?
Benarkah Suka Dandan Bikin Sehat Mental?

Konon, ada rasa senang dan percaya diri yang timbul, ketika seorang merias wajah.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More