(Bahasa Indonesia) Chit chat: Kenali Makeup Original, Makeup Replika, dan Makeup Pre-loved

September 13, 2017 Cut Auzola Azalia

 

Hallo guuuyys!
 
Kalau belakangan aku lagi suka share tentang review produk, kali ini kembali lagi aku mau share tentang segmen chit chat! Nah, kali ini tema nya adalah mengenali perbedaan makeup original, replika, dupe dan juga preloved! Yuk langsung aja di baca!
 
 

 

 

     Sekarang, dimana-mana, pasti kita sangat mudah menjumpai Makeup Replika atau lebih kita kenal dengan sebutan Makeup KW. Makeup Replika itu kosmetik yang meniru atau memalsukan produk aslinya. Berbeda dengan Makeup Dupe, Makeup Dupe merupakan sebutan untuk duplikat kosmetik yang memiliki kesamaan warna atau tekstur namun tetap di produksi oleh merek legal yang berbeda. Aku terkadang saat mau beli makeup pasti gak langsung yakin kalau itu original, jadi emang harus jeli-jeli sih. Nah, apakah kamu salah satu yang memilih untuk menggunakan Makeup Replika?

 

 

 
     Makeup Replika biasa kita temukan secara online atau di toko grosir kosmetik. Kebanyakan penjual Makeup Replika mengakui kalau produk mereka itu palsu. Namun ada juga yang menipu atau bahkan si penjual tidak tau kalau produknya palsu. Kebanyakan Makeup Replika tidak mencantumkan nama produsennya dan harganya sangat jauh berbeda dengan makeup yang original. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya juga biasanya membahayakan karena biaya produksinya yang sangat murah. Parahnya lagi, bahan-bahan seperti Merkuri/air raksa, Hidrokinon, Asam retinoat, hingga pewarna merah K.3 (CI 15585), merah K.10 (Rhodamin B), Jingga K.1 (CI 12075) juga seringkali ditambahkan.
 
Contoh perbedaan Makeup Original dan Makeup Replika (KW).
 
     Bahaya dari Makeup Replika mungkin tidak akan langsung dirasakan. Sebagian orang mungkin tidak langsung mengalami iritasi, jerawat, maupun alergi. Tapi dalam jangka panjang, jika diserap oleh kulit dan kemudian dialirkan ke seluruh tubuh bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, otak, susunan saraf, hingga kanker sekalipun. Apalagi jika produk yang kamu pakai itu lipstick, bisa langsung tertelan dan masuk ke tubuh kamu saat kamu makan. Hiii ngeri kan?
 
     Oleh karena itu, please banget, kamu HARUS cari tau terlebih dahulu mengenai makeup yang ingin kamu beli! Mulai dari kemasan, hingga nomor BPOM-nya. Kamu bisa cek nomor BPOM di website resmi BPOM. Cara paling mudah ialah dengan membandingkan harga kosmetik tersebut. Biasanya untuk Makeup Original yang kamu beli secara online, harganya tidak akan jauh berbeda dari harga di counter.
 
     Harga yang murah memang menjadi alasan terbesar beberapa orang membeli Makeup Replika. Padahal masih banyak produk yang asli dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa memilih Makeup Lokal untuk harga yang lebih murah dibanding Makeup Impor atau kamu bisa melirik Makeup Pre-loved (bekas). Selain produk tersebut asli atau original, Makeup Bekas sudah pasti memiliki harga yang lebih murah. Nah kamu bisa temukan berbagai makeup bekas berkualitas hanya di Prelo. Produk makeup yang ada di Prelo dijamin semuanya original sehingga kamu tidak akan mengalami bahaya-bahaya yang mengerikan diatas! Walaupun begitu tetap pastikan tentang si penjualnya ya agar makeup yang kamu beli memang dalam kondisi yang baik dan kebersihannya terjamin :)
 
     Sekian dulu chit chat kali ini, semoga memberikan informasi bermanfaat buat kalian. See you guys on my next post! 
 
Love,
Auzola
 
 
 

 

Read more...