Olahraga Tepat Harus Sesuai Bentuk Tubuh, Bagaimana Caranya?

September 13, 2017 Chatarina Komala

Anda mungkin bertanya-tanya: mengapa setelah olahraga sekian lama, bentuk tubuh ideal yang diinginkan tidak juga terwujud?

Barangkali, kesalahan ada pada metode olahraga Anda. Harus dipahami, setiap orang punya bentuk tubuh dan “konsentrasi lemak” yang berbeda-beda. Bagaimanapun, setiap bentuk memiliki bagian yang harus dilatih, dikurangi, atau justru ditambah massa ototnya.

Nah, agar bisa mendapatkan tampilan tubuh yang diidam-idamkan, ada baiknya untuk tidak sembarang melakukan gerakan olahraga. Lantas, bagaimana, sih, olahraga yang tepat?

 

Baca juga:

 

1. Bentuk Tubuh Buah Pir

Ilustrasi: Pinterest

Serupa buah pir, Anda memiliki bentuk bagian bawah (paha, bokong, dan betis) yang lebih besar ketimbang bagian atas tubuh (dada dan lengan). Itu sebabnya, jenis olahraga yang harus Anda lakukan, harus fokus pada bagian bawah tubuh. Anda bisa melakukan squat, walking lunges, bersepeda, hingga push up.  

2. Bentuk Tubuh Buah Apel

Ilustrasi:  www.womensmap.com 

Banyak perempuan panik, ketika mendapati bagian tengah tubuh (perut) terlihat lebih besar. Padahal, hal itu bisa saja diakibatkan oleh faktor bentuk tubuh. Adapun bentuk tubuh “buah apel”, kentara pada ukuran bagian atas (bahu, dada, dan perut) yang cenderung lebih besar ketimbang bagian bawah tubuh (pinggul, bokong, serta kaki).

Alih-alih mencoba segenap cara untuk langsing (termasuk diet ekstrem)—Anda bisa menyesuaikan latihan fisik sesuai dengan bentuk tubuh. Beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba, yakni aerobik, kardio, joging, lari, hingga memanjat. Sementara itu, untuk menguatkan otot kaki, Anda bisa melakukan pilates atau jumping squat.

3. Bentuk Tubuh Jam Pasir

Ilustrasi: www.darebee.com

Beruntunglah Anda, jika memiliki bentuk tubuh angka delapan (atau dikenal sebagai “jam pasir”). Pasalnya, tidak sedikit perempuan yang menginginkan bentuk tubuh ini. Adapun kriterianya, mencakup ukuran bahu dan panggul besar; serta area perut dan pinggang yang ramping.

Nah, untuk tampilan tubuh yang lebih ideal, ada baiknya Anda mencoba jenis olahraga yang fokus pada seluruh area tubuh. Sebagai contoh, sepeda statis, plank, renang, joging, squat, kardio, atau justru sesederhana lompat tali.

 

Bentuk Tubuh Anda dengan kupon beli 8 sesi Muay Thai gratis 4 sesi dari Ananta Studio

 

4. Bentuk Tubuh V

Ilustrasi: Pinterest

Salah satu ciri mereka yang bertubuh V, tampak dari kecenderungan bahu yang lebih lebar ketimbang area pinggul. Untuk mendapatkan tampilan tubuh ideal, ada baiknya Anda memilih olahraga yang mampu memberikan tekanan di bagian kaki. Ini mencakup olahraga yang melibatkan aktivitas menekuk lutut dan berjongkok. Sementara itu, untuk membakar lemak dan mengecilkan area pinggang, bisa mencoba latihan kardio.

 

Baca juga:

 

5. Bentuk Tubuh Kacang (Lurus)

Ilustrasi: www.gethealthyu.com

Disebut “kacang”, sebab ukuran bagian yang seharusnya menonjol (contoh: pinggul, dada, dan panggul) tidak jauh berbeda. Nah, saat terjadi kenaikan berat badan, umumnya bagian perutlah yang terdampak.

Pun itu sebabnya, mereka dengan bentuk tubuh kacang, memerlukan olahraga yang mampu meningkatkan massa otot dan membuatnya lebih berisi dan padat. Sebenarnya, pemilik tubuh “kacang” dapat melakukan olahraga apa pun sesuai selera. Namun, jika ingin hasil maksimal, bisa mencoba yoga, sit up, joging, berlari, atau angkat beban. Intinya, porsi gerakan haruslah lebih banyak pada bagian perut atau bokong.  

 

90 Menit Kelas Pribadi Yoga Hatha - Yogyakarta, Jawa Tengah

 

 

Previous Article
Meski Jadul, 13 Fashion Item Ini Bisa Anda Gunakan Lagi, Lho!
Meski Jadul, 13 Fashion Item Ini Bisa Anda Gunakan Lagi, Lho!

Daripada cuma disimpan atau justru dibuang, yuk, manfaatkan item fashion milik ibu berikut!

Next Article
Tujuh Tipe Rekan Kerja Buruk Ini Harus Segera Anda Hindari
Tujuh Tipe Rekan Kerja Buruk Ini Harus Segera Anda Hindari

Ada banyak hal yang bikin Anda enggak produktif saat di kantor. Bisa jadi, bukan soal kinerja yang melambat...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More