Lima Hal Soal Nail Art yang Harus Anda Ketahui

September 25, 2017 Chatarina Komala

Nail art—dikenal sebagai seni menghias kuku dengan menggunakan cat, atau justru pernak-pernik lain. Teknik yang digunakan berbeda-beda, bergantung pada tampilan yang diinginkan. Tidak heran, selain membuatnya sendiri di rumah, banyak perempuan rela menghabiskan waktu sekian menit hingga hitungan jam, untuk perawatan kuku (manicure dan pedicure)  dan nail art.  

Nah, sebagai informasi, berikut adalah lima hal soal nail art yang harus Anda ketahui.

  

Baca juga:

 

1. Sejarah Nail Art: dari India hingga Prancis

Ilustrasi:  www.oddstuffmagazine.com

Nama nail art, diperkirakan berasal dari mehendi—yang digunakan secara sinonim untuk penyebutan pacar (tumbuhan pemerah kuku – inai). Lebih lanjut, nama ini berasal dari bahasa Sansekerta, mehandika. Adapun mulanya, inai populer digunakan di India sebagai penghias kuku.

Di tahun 1932, Revlon—perusahaan asal Prancis—lantas mengembangkan dan menjual produk kutek (cat kuku). Nah, nail art sendiri, merupakan  alternatif pemanfaatan kutek, dalam bentuk seni melukis kuku.   

2. Mampu Meredakan Gangguan Kecemasan

Ilustrasi: www.rebelcircus.com

Seorang psikoterapis asal Los Angeles—Greta Angert—mengungkapkan, nail art mampu mengatasi gangguan kecemasan dan meningkatkan suasana hati. Suatu hal yang lumrah, mengingat ketika dibuat, nail art melibatkan proses pencarian ide-ide kreatif, perpaduan warna, serta gambar yang menyenangkan.

Alasan lain, sebab proses melukis di atas kuku membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Pada akhrinya, orang akan lupa dengan kecemasan yang dirasakan—sebab mereka sibuk berkreasi dan menuangkan imajinasi.  

3. Mesin Unik Khusus Nail Art

Ilustrasi: www.huffingtonpost.co.uk

Jika umumnya, nail art membutuhkan waktu yang relatif lama—di Korea Selatan, Anda justru bisa mendapatkan tampilan kuku cantik selama kurang dari satu menit. Cukup masukkan jari tangan satu per satu ke dalam mesin buatan Hong Duong Le, lalu pilih satu dari lima ribu desain yang tersedia.

Terdapat beragam pilihan desain nail art, mencakup artis, karakter kartun, bunga, hingga binatang. Adapun dengan mesin ini, Anda tidak perlu khawatir cat kuku akan meluber dan mengotori jari. Sebab, secara otomatis mesin akan mendeteksi ukuran kuku, dan memilih cat yang sesuai. Enggak perlu lagi berlama-lama di salon, deh.

4. Cat Kuku Bisa Dimakan

Ilustrasi: www.metro.co.uk

Tidak perlu khawatir, soal bahan kimia yang terkandung dalam cat kuku. Pasalnya, Jessie—seorang blogger kecantikan asal New Zealand, baru-baru ini menciptakan cat kuku yang bisa dimakan! Alih-alih menggunakan bahan kimia yang berbahaya, cat kuku unik itu justru terbuat dari cokelat asli.

Kendati hasilnya cantik dan fungsional, tidak sedikit warganet yang memberikan respons negatif atas temuannya. Mereka menilai, cokelat itu sudah tidak lagi higienis dan bisa saja ditempel pada kuku yang kotor. Bagaimana menurut Anda?

 

Baca juga:

 

5. Ingin Membuat Nail Art Sendiri? Ini Dia Beberapa Bahannya!

Ilustrasi: www.stylecraze.com

Umumnya, ada beberapa bahan yang wajib ada, ketika Anda ingin membuat nail art sendiri. Ini mencakup:

a. Kutek – pilih warna yang sesuai dengan tema nail art.

b. Base coat – diaplikasikan sebelum penggunaan cat kuku. Tujuannya, agar kutek tidak menyentuh permukaan kuku.

c. Nail dotting tool – digunakan sebagai aplikator untuk membuat beragam kreasi, seperti gambar, motif, atau garis.  

d. Selotip – gunakan selotip sebagai pembatas, terlebih jika Anda ingin melakukan pemisahan warna atau motif dalam satu bidang kuku.

e. Pen detailer brush – dapat digunakan untuk menggambar ragam motif dan bentuk pada kuku.

f. Nail sticker – ada banyak variasi stiker yang bisa Anda pilih. Cukup tempelkan, dan kuku Anda tampil cantik dalam sekejap.

g. Top coat – dapat dipakai sebagai finishing, terlebih untuk membuat kreasi nail art Anda tahan lama dan tidak mudah terkelupas.  

 

Dapatkan Kupon Beli 1 Perawatan Gratis 1 untuk Semua Perawatan dari Nailtrix

 

Previous Article
Setelah Alis dan Bibir, Kini Ada Sulam Bedak!
Setelah Alis dan Bibir, Kini Ada Sulam Bedak!

Teknik sulam bedak, diperkenalkan untuk tampilan wajah yang glowing dan bebas kusam.

Next Article
Trik Agar Tubuh Kurus Jadi Lebih Berisi
Trik Agar Tubuh Kurus Jadi Lebih Berisi

Bikin tubuh Anda jadi lebih bervolume dengan delapan trik berpakaian berikut.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More