Masih Muda Kok Sudah Beruban? Ini Dia Alasannya!

October 11, 2017 Chatarina Komala

Keberadaan rambut berwarna putih, sering kali dikaitkan dengan bertambahnya usia seseorang. Padahal, uban sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja, lho. Baik itu laki-laki maupun perempuan (meski pada laki-laki, hal ini lebih mungkin terjadi).

Lantaran umum terjadi di usia tua, enggak heran jika Anda mulai waswas saat menemukan uban. Bagaimanapun, rambut yang memutih sebelum waktunya, dikhawatirkan akan membuat penampilan jadi terkesan lebih tua.

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa memicu timbulnya uban. Ini meliputi faktor genetik, stres, hingga penggunaan produk rambut yang tidak sesuai. Jeffrey Benabio, MD—seorang ahli dermatologi di Kaiser Permanente, San Diego—lantas mengungkapkan, rambut akan beruban saat sel-sel penghasil warna berhenti memproduksi pigmen. Adapun kondisi ini, mayoritas diakibatkan oleh penyakit, paparan lingkungan, atau justru pertambahan usia.

Nah, selain beberapa faktor yang telah disebutkan di atas, berikut adalah lima faktor penyebab kemunculan uban di usia muda.

 

Baca juga:

 

1. Stres

Ilustrasi: www.netdoctor.co.uk 

Kendati belum ada cukup penelitian yang menunjukkan hubungan langsung antara keduanya, stres diyakini menghambat produksi melanin—pigmen alami rambut.  

2. Genetik

Ilustrasi: www.indianexpress.com

Dr James Kirkland, seorang pakar dari Mayo Clinic mengungkapkan, setiap orang bisa saja memiliki uban di sepanjang hidupnya. Hanya saja, keseimbangan ini berkurang di usia 40 hingga 50 tahun; dengan kadar perubahan yang bervariasi. Adapun umumnya, perubahan ini banyak dipengaruhi oleh faktor genetik seperti jenis kelamin hingga etnis.

Nah, jika Anda memiliki uban di usia yang masih muda—jangan terlalu cemas. Bisa jadi, hal tersebut terjadi karena faktor keturunan dari ayah, ibu, maupun keduanya. Di sisi lain, mereka yang masuk dalam ras Kaukasian cenderung lebih cepat berubah ketimbang orang Asia maupun berkulit hitam.

3. Pola Hidup yang Buruk

Ilustrasi: www.quickanddirtytips.com

Harus dipahami, uban juga bisa muncul lantaran pola hidup buruk. Misalnya, lewat kebiasaan merokok. Jadi, ada baiknya Anda menghindari kebiasaan merokok sedini mungkin. Sebab, bukan hanya berdampak pada kemunculan uban, rokok juga bisa merusak kesehatan tubuh dan kulit.

4. Kekurangan Nutrisi

Ilustrasi: www.jebiga.com

Percaya atau tidak, kurangnya asupan gizi bisa berdampak pada kemunculan uban lebih dini. Ini meliputi kurangnya vitamin B-12 hingga asupan protein di dalam tubuh.

 

Baca juga:

 

5. Gejala Penyakit Berat

Ilustrasi: www.lifescript.com

Uban memang lazim muncul ketika seseorang bertambah usia. Namun, jika sudah ada di usia 20-an, Anda mesti waspada. Pasalnya, uban bisa menjadi indikasi adanya penyakit berat dalam tubuh, lho.

Adapun rambut putih yang muncul terlalu dini, bisa menjadi tanda penyakit autoimun, gangguan tiroid, bahkan jantung. “Anda wajib waspada jika memiliki riwayat penyakit jantung dan rambut telah beruban. Bisa jadi, itulah tanda penyakit telah memburuk,” James Kirkland menambahkan.

 

Previous Article
Siapa Ingin Coba Model Celana “Ayam Goreng” Ini?
Siapa Ingin Coba Model Celana “Ayam Goreng” Ini?

Sejak diluncurkan, celana berpotongan lebar di bagian paha dan mengecil di bagian bawah ini menarik perhati...

Next Article
Awalnya Guyonan, Ekstensi Bulu Hidung Ini Malah Jadi Viral
Awalnya Guyonan, Ekstensi Bulu Hidung Ini Malah Jadi Viral

Ada-ada saja tren kecantikan sekarang. Jika dahulu orang berusaha untuk menghilangkan bulu yang nampak di p...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More