Jangan Biarkan Catcall Mengganggu Anda, Ini 6 Cara Menghadapinya!

October 16, 2017 Chatarina Komala

Sering kali dianggap lumrah terjadi, faktanya, catcalling bukanlah hal yang menyenangkan. Praktiknya, bahkan setara dengan pelecehan seksual, sekalipun korbannya bukan hanya perempuan. Apalagi, mayoritas korban enggan melawan lantaran bingung, merasa marah, sekaligus takut.

Catcall biasa terjadi di jalan atau tempat umum—terlebih ketika seseorang sedang berjalan sendirian. Pelakunya, bisa individu, meski tidak dapat ditampik catcalling  kerap dilontarkan oleh sekumpulan orang/grup. Kendati demikian, satu hal yang pasti—pelecehan ini bisa terjadi di mana dan kapan saja, serta pada siapa saja.

Nah, bagi Anda yang sering kali menjadi atau justru berpotensi menjadi korban catcall, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasinya secara cerdas. Apa saja?

 

Baca juga:

 

1. Menghindari Pelaku Catcall

Ilustrasi: www.cc.com

Meski Anda tidak pernah bisa menebak kapan akan menjadi korban catcall, ada baiknya belajar dari pola yang umum terjadi. Di Indonesia, catcall kerap dilakukan oleh segerombolan laki-laki. Kendati tidak berlaku mutlak, ada baiknya untuk menghindari kumpulan laki-laki saat berjalan sendirian.

Adapun bukan hanya akan menggoda Anda, pelaku juga cenderung menertawakan “korban” yang sedang kesal atau justru tidak menggubris mereka. Jika sudah begini, menghadapi mereka hanya akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Lebih baik mencari rute alternatif, atau justru melalui jalanan yang ramai.

2. Tetap Tahu Situasi

Ilustrasi: www.theodysseyonline.com

Jika Anda berada dalam situasi yang tidak menguntungkan, ada baiknya jangan merespons catcalling. Misalnya, Anda sedang berjalan seorang diri di satu gang yang kosong malam hari. Jika begini, ada baiknya Anda “mengamankan” diri sendiri dan tidak mengambil risiko.

3. Lakukan Kontak Mata

Ilustrasi: www.scarymommy.com

Apa pun bentuknya, pelecehan terhadap perempuan harus dihentikan. Bagaimanapun, catcall akan terus terjadi selama Anda bersikap cuek dan menghindar. Itu sebabnya, jika memungkinkan, Anda dianjurkan untuk memberanikan diri dan “melawan”. Satu caranya, bisa dengan berhenti tepat di depan mereka, lalu lakukan kontak mata. Melalui bahasa tubuh, katakana pada mereka bahwa Anda merasa terganggu.

Memang, cara ini tidak akan membuat Anda puas—sebab mereka akan bertingkah seolah tidak melakukan apa-apa. Namun, hal ini cukup, kok, menurunkan nyali mereka, terlebih untuk mengulangi hal yang sama pada Anda. Pasalnya, mereka tentu tidak menyangka Anda akan bereaksi demikian.

4. Memberitahu Mereka, Anda Tidak Nyaman

Ilustrasi: www.huffingtonpost.ca

Jika melalui bahasa tubuh sudah tidak mempan, inilah saatnya untuk mengungkapkan ketidaknyamanan Anda. Bicarakan dengan tenang dan yakin, lalu mintalah alasan mengapa mereka melakukan catcall. Percayalah, cara ini akan membuat mereka segan terhadap Anda.

5. Foto Wajah Pelaku

Ilustrasi: www.boredpanda.com

Nah, kalau Anda sedang berada di lokasi yang ramai dan cukup aman, tidak ada salahnya “menantang” dengan mengambil foto mereka. Biasanya, cara ini akan membuat mereka kaget dan berpikir bahwa Anda akan melaporkan tindakan mereka. Di kemudian hari, mereka pasti akan berpikir dua kali untuk melakukan hal yang sama.

 

Baca juga:

  1. Meski Jadul, 13 Fashion Item Ini Bisa Anda Gunakan Lagi, Lho!
  2. Tampil Nyentrik, Yuk, Intip Sepuluh Kostum Paling Unik di Red Carpet
  3. Cukup 37 Pakaian Saja di Lemari Anda

 

6. Laporkan Pihak Berwajib

Ilustrasi: www.galoremag.com

Hal ini bisa Anda lakukan, terlebih jika pelaku sudah sangat mengganggu dan mengancam keselamatan Anda. Intinya, lakukan dengan yakin dan tetap memastikan keselamatan diri. Satu hal yang paling penting: Anda sudah melawan dengan cara yang aman. 

 

Previous Article
Ingin Kulit Sehat, Yuk, Hindari Lima Makanan Berikut!
Ingin Kulit Sehat, Yuk, Hindari Lima Makanan Berikut!

Sebagai sisi terluar dari tubuh, kulit adalah cerminan diri di mata orang lain.

Next Article
Siapa Ingin Coba Model Celana “Ayam Goreng” Ini?
Siapa Ingin Coba Model Celana “Ayam Goreng” Ini?

Sejak diluncurkan, celana berpotongan lebar di bagian paha dan mengecil di bagian bawah ini menarik perhati...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More