Ingin Kulit Sehat, Yuk, Hindari Lima Makanan Berikut!

October 16, 2017 Chatarina Komala

Sebagai sisi terluar dari tubuh, kulit adalah cerminan diri di mata orang lain. Kita bisa melihat buruknya kebiasaan atau pola hidup seseorang, hanya dari kulitnya yang terlihat pucat atau tak sehat. Memang, kini kulit cantik bisa didapat dengan bantuan krim kecantikan, hingga serangkaian produk kosmetik. Namun, ketimbang menggunakan produk kosmetik berbahan kimia, bukankah lebih sehat memberikan kulit nutrisi alami dalam bentuk asupan makanan sehat setiap hari? Berikut adalah lima makanan yang tak baik bagi kulit dan harus kita hindari.

1. Makanan Olahan

Makanan olahan maupun makanan kaleng memang membuat hidup kita lebih mudah. Kita bisa memasak dan menikmati makanan lebih cepat. Namun, mengonsumsi makanan olahan jelas bukan pilihan untuk kulit cantik.

Serangkaian penelitian menemukan, makanan olahan mengandung bahan pengawet kimia serta zat adiktif dalam jumlah tinggi yang mampu meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Hasilnya, hormon memproduksi lebih banyak minyak. Kulit pun rentan kusam, bahkan berjerawat karena kekurangan asupan nutrisi baik.

2. Kafein

Kendati banyak orang beranggapan mengonsumsi kopi di pagi hari mampu membuat kantung mata menyusut dan membuat kita tampil lebih segar, minum kopi setiap hari ternyata tak selalu baik bagi kulit. 

Adapun kafein membuat kulit dehidrasi. Akibatnya, kulit terasa kering. Lebih dari itu, mengonsumsi terlalu banyak kafein juga mampu membuat kulit terlihat lebih pucat dan sayu.

3. Gula

Terlalu banyak mengonsumsi gula menyebabkan asupan nutrisi dalam tubuh menjadi tak seimbang. Akibatnya, bisa terlihat dari banyaknya jerawat yang muncul. Namun, jika kita menyukai makanan manis, ada baiknya menggantinya dengan gula alami yang terdapat dalam buah-buahan, jus segar, air kelapa, dan lain sebagainya.  

4. Keripik dan Makanan Ringan Kemasan

Terlalu banyak garam dan pengawet dalam makanan ringan bisa menyebabkan retensi air dalam tubuh. Dampaknya, tidak hanya membuat kulit terlihat bengkak, tetapi juga rentan keriput dan jerawat.

5. Makanan Cepat Saji 

Makanan cepat saji seperti pasta, pizza, hingga kentang goreng mampu menumpuk karbohidrat dalam tubuh, serta memperlambat metabolisme. Efeknya, bukan hanya menambah berat badan, tetapi juga menyebabkan masalah dalam aliran darah, serta meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kulit tak lagi mendapatkan pasokan darah yang sehat, sehingga berpotensi menjadi berminyak dan menyebabkan berbagai masalah kulit.  

 

Previous Article
15 Langkah untuk Ruang Kerja Lebih Produktif
15 Langkah untuk Ruang Kerja Lebih Produktif

Agar lebih produktif, yuk, ubah “rumah kedua” Anda menjadi lebih nyaman.

Next Article
Jangan Biarkan Catcall Mengganggu Anda, Ini 6 Cara Menghadapinya!
Jangan Biarkan Catcall Mengganggu Anda, Ini 6 Cara Menghadapinya!

Hampir semua perempuan pernah mengalami catcall. Bentuknya beragam, bisa berupa siulan, komentar, pujuan is...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More