15 Langkah untuk Ruang Kerja Lebih Produktif

October 17, 2017 Chatarina Komala

Jika dihitung-hitung, sekitar sepertiga hari Anda dihabiskan di kantor. Wajar, jika ada kalanya--Anda merasa penat atau justru kurang produktif. Kalau sudah begini, bisa jadi kesalahan tidak ada pada Anda. Itu sebabnya, sedikit penyegaran diperlukan untuk mengubah suasana menjadi lebih nyaman.

Salah satu cara mudah yang bisa Anda coba, yakni dengan mendekorasi ulang area kerja. Berikut adalah 15 tips yang bisa Anda coba.

 

Baca juga:

 

1. Mata yang Nyaman

Ilustrasi: www.shutterstock.com

Terlalu lama di depan layar komputer bisa jadi bikin mata dan otot leher jadi tegang dan nyeri. Penyebabnya, bisa jadi karena posisi komputer cenderung lebih rendah dari mata. Solusinya, Anda bisa menempatkan layar komputer sejajar/setinggi mata. Jika perlu, gunakan juga keyboard bluetooth agar tetap dapat mengetik dengan posisi relaks.

 

2. Miringkan Layar

Ilustrasi: www.brainporttalentbox.com

Atur layar komputer/laptop sedikit miring ke belakang. Kisarannya, sekitar sepuluh hingga 15 derajat. Hal ini penting agar mata tidak terlalu lelah menatap layar.

 

3. Rencana Kerja dan Kalender

Ilustrasi: www.lifehacker.com

Ruang kerja yang nyaman bukan berarti harus mengesampingkan produktivitas. Nah, agar ritme kerja jadi lehbih efisien, Anda bisa meletakkan satu buah papan yang bisa diisi to do list, jadwal rapat, kalender kerja, atau beragam hal penting lain.

Meletakkan papan jadi terlalu besar? Tenang, cukup gunakan sticky notes sebagai penggantinya. Percaya atau tidak, mencabut atau justru mencoret daftar pekerjaan yang sudah selesai memberikan efek psikologis tersendiri, lho. Satu lagi, pastikan papan maupun sticky notes punya warna-warna menarik, ya.

 

4. Rapikan Perlengkapan

Ilustrasi: www.themuse.com

Konsentrasi kerja yang rendah bisa diakibatkan oleh banyak hal. Salah satunya, soal perlengkapan yang tidak tertata rapi di meja kerja. Selain membantu untuk mengakses beragam keperluan dengan cepat, tatanan perlengkapan yang rapi juga bisa menciptakan suasana yang nyaman di area kerja.

 

5. Tanaman Hidup

Ilustrasi: www.workdesign.com

Kehadiran tanaman hidup penting, terutama bagi Anda yang harus bekerja di ruang tertutup. Enggak perlu tanaman besar atau yang sekiranya membutuhkan perawatan rumit. Anda bisa meletakkan beberapa tanaman kecil seperti kaktus, palem, sukulen, atau bahkan bambu cina, kok.

Cukup letakkan di ujung meja atau sudut ruangan, tumbuhan ini bisa jadi satu obat stres yang manjur. Kehadirannya, juga bisa membuat meja kerja jadi semakin hidup.

 

6. Akuarium

Ilustrasi: www.sehatalania.blogspot.co.id

Jika meletakkan tanaman hidup tidak memungkinkan, Anda bisa menggantinya dengan akuarium. Cukup yang kecil saja. Adapun pergerakan ikan (maupun hewan lain) di dalam akuarium sangat bermanfaat untuk menyegarkan mata dan menjernihkan pikiran.

 

7. Foto Keluarga

Ilustrasi: www.imagesbybethany.com

Untuk merangsang semangat, tidak ada salahnya menambahkan foto keluarga (atau orang terdekat) di meja kerja. Anda bisa mengaturnya sedemikian rupa, sehingga foto berada di posisi yang terlihat, tanpa mengganggu pekerjaan.

 

8. Letakkan Aksesori

Ilustrasi: www.gizmodo.com.au

Jika memungkinkan, tambahkan ragam aksesori maupun pernak-pernik yang menunjang kreativitas. Ini bisa berupa lukisan, kartu pos, wallpaper unik, atau apa pun yang berwarna cerah dan bersifat atraktif.

 

9. Sediakan Storage

Ilustrasi: www.popsci.com

Sediakan storage atau tempat penyimpanan bagi masing-masing barang yang Anda perlukan. Selain terlihat lebih rapi, cara ini berguna untuk meletakkan barang pada tempat dan fungsinya; sekaligus memudahkan Anda saat ingin menggunakannya. Nah, agar semakin mudah, jangan lupa tuliskan keterangan sesuai fungsi barang, ya. Hindari menumpuk berkas di meja kerja; atau menyimpan terlalu banyak barang.

 

10. Atur Ulang Tempat Duduk

Ilustrasi: www.allaboutthesole.com

Demi kenyamanan kerja, tidak ada salahnya menambahkan bantal sehingga Anda bersandar dengan mudah. Jika perlu, bawa selimut tipis yang bisa digunakan untuk menghangatkan diri atau justru menyangga bokong agar tidak terlalu pegal.

 

11.  Pencahayaan yang Mumpuni

Ilustrasi: www.sqst.space

Jika cahaya di kantor terlalu gelap, coba tambahkan lampu kecil di samping meja. Adapun pencahayaan cukup mencegah Anda dari rasa kantuk, sekaligus membantu mata dan pikiran jadi lebih awas.

 

12. Pindah Dekat Jendela

Ilustrasi: www.budgetblinds.com

Jika cahaya buatan tidak cukup membantu, inilah saatnya pindah ke area dekat jendela. Selain meningkatkan pencahayaan, pemandangan di luar jendela juga dapat menyegarkan pikiran Anda.

 

13. Berikan Warna

Ilustrasi: www.retaildesignblog.net

Dekorasi kantor, memiliki pengaruh besar dalam produktivitas seseorang. Penggunaan sejumlah warna, seperti hijau dan biru misalnya--terbukti mampu merangsang kreativitas 20% lebih tinggi ketimbang warna lain. Begitu pula dengan penggunaan aksesori dan warna-warna yang atraktif.

 

Baca juga:

 

14. Tambahkan “Fun Factor”

Ilustrasi: www.home-designing.com

Beberapa kantor perusahaan besar dunia dirancang untuk memberikan kenyamanan lewat fasilitas-fasilitas menyenangkan bagi para karyawannya. Sebut saja ruang bowling di dalam kantor Google, tempat es krim dan barber shop di Facbook, dan masih banyak lagi.

Bekerja dengan serius dari pagi hingga sore memang satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh karyawan. Namun, keberadaan fun zone di tempat kerja dapat membantu mereka untuk mengambil istirahat sebentar, mengisi ulang baterai, dan bisa jadi--kembali hadir dengan sejumlah ide baru yang lebih segar. Adapun fun zone di tempat kerja terbukti mampu mengurangi rasa penat, meningkatkan kreativitas dan produktivitas otak, serta menunjang keterampilan sosial dan komunikasi di tempat kerja.

15. Setel Musik

Ilustrasi: www.coolbusinessideas.com

Setidaknya, sembilan dari sepuluh pekerja dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan akurat, saat mereka mendengarkan musik. Nah, sembari bekerja--jangan lupa mendengarkan musik favorit, ya.

 

Previous Article
 Yuk, Cuci Muka Sebelum Tidur, Ini Dia Sembilan Manfaatnya!
Yuk, Cuci Muka Sebelum Tidur, Ini Dia Sembilan Manfaatnya!

Rutinitas harian kerap membuat Anda mengabaikan hal-hal kecil, salah satunya kebersihan diri.

Next Article
Ingin Kulit Sehat, Yuk, Hindari Lima Makanan Berikut!
Ingin Kulit Sehat, Yuk, Hindari Lima Makanan Berikut!

Sebagai sisi terluar dari tubuh, kulit adalah cerminan diri di mata orang lain.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More