Yuk, Cari Tahu Arti Tujuh Simbol dalam Kosmetik Berikut!

October 26, 2017 Chatarina Komala

Bukan hanya soal kegunaan, apa pun produk kosmetik yang Anda gunakan, haruslah terjamin keamanannya. Nah, selagi tidak semua bahasa kosmetik Anda pahami, ada baiknya mengetahui beberapa simbol yang tertera pada kemasan produk. Apa saja?

 

Baca juga:

 

1. Huruf “E”

Foto: en.wikipedia.org 

Simbol ini berarti produk sudah sesuai dengan aturan yang dikeluarkan Uni Eropa terkait volume atau isi produk. Nah, Anda bisa melihat simbol ini di bawah keterangan volume. Sebagai gambaran, jika tertulis 50 ml diikuti simbol E, maka isi bersih dari produk adalah 50 ml (di luar berat kemasan).

 

2. Ecocert

Foto: www.turkey.ecocert.com

Simbol ecocert penting, terutama bagi Anda yang mengutamakan produk kecantikan herbal (alami). Dapat dipastikan, produk kosmetik ini terdiri atas 95% bahan alami (tumbuhan) dan 10% material organik. Sementara itu, jika ada keterangan “natural cosmetics”, itu artinya hanya 50% kandungan bahan kosmetik yang berasal dari tanaman organic.

 

3. PAO (Period After Opening)

Foto: www.totallyaesthetic.com

Setelah enam bulan pemakaian (terhitung dari kemasan dibuka), hindari penggunaan produk berlogo ini. Adapun logo PAO (kemasan jar terbuka) menunjukkan batas kedaluarsa pemakaian produk. Lama masa kedaluarsa bervariasi, bergantung pada jumlah angka yang tertulis (misalnya 6M, 6 months).

 

4. Leaping Rabbit

Foto: www.yesstyle.com

Mengindikasikan produk bersifat cruelty free. Artinya, saat masa pembuatan, produk tidak diujicobakan kepada binatang—baik oleh perusahaan, laboratorium, maupun distributor. Di sisi lain, logo ini juga menginformasikan bahwa produk kosmetik tidak mengandung bahan dengan unsur hewani.

 

5. UVA

Foto: commons.wikimedia.org

Merupakan produk yang mengandung bahan proteksi ultraviolet A; sehingga mampu melindungi kulit dari paparan sinar Matahari.

 

6. Jam Pasir

Foto: www.viralnova.com

Serupa PAO, simbol jam pasir menunjukkan usia penggunaan produk. Hanya saja, produk dengan logo ini cenderung bisa digunakan lebih lama (30 bulan). Nah, Anda bisa menemukan simbol ini pada produk kecantikan dari lingkup wilayah Uni Eropa.

 

Baca juga:

 

7. Api

Foto: www.redbubble.com

Sesuai gambarnya, logo ini menginformasikan bahwa produk (hair styling, deodorant spray, dan cat kuku) mudah terbakar. Karenanya, Anda disarankan untuk meletakkan produk di suhu ruangan dan menghindari penggunaan di dekat rokok, api, atau terpapar suhu panas. 

Previous Article
Dapatkah Menurunkan Berat Badan dalam Satu Minggu?
Dapatkah Menurunkan Berat Badan dalam Satu Minggu?

Menurunkan berat badan memang bukan perkara hal yang mudah. Beberapa prosesnya, bahkan membutuhkan waktu ya...

Next Article
Jangan Buang Ampas Teh Anda, Manfaatkan Lewat Enam Cara Berikut!
Jangan Buang Ampas Teh Anda, Manfaatkan Lewat Enam Cara Berikut!

Ada banyak manfaat kecantikan yang bisa Anda dapatkan dari secangkir teh. Mulai dari meminumnya, hingga men...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More