Rasa Jenuh Bikin Anda Enggak Fokus? Segera Tingkatkan dengan Enam Cara Berikut!

November 5, 2017 Chatarina Komala

Konsentrasi tinggi akan mendorong pikiran jadi fokus, sehingga seluruh pekerjaan bisa selesai dengan efektif dan efisien. Sayang, berkonsentrasi penuh bukanlah hal yang dapat dengan mudah dilakukan semua orang. Pada banyak kasus, beberapa orang bahkan hanya mampu berkonsentrasi penuh selama beberapa jam.

Meski enggak mudah, berkonsentrasi--apalagi di kantor--bukan hal yang sulit atau mustahil dilakukan. Lakukan lima cara meningkatkan konsentrasi berikut, agar pekerjaan tidak kacau.

 

1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Ilustrasi: www.sf.funcheap.com

Inilah langkah dasar yang harus Anda terapkan, jika ingin memiliki konsentrasi tinggi. Adapun pola hidup sehat, berikaitan dengan aliran darah ke otak. Tentu saja, semakin lancar, semakin tinggi pula konsentrasi yang bisa Anda dapatkan.

Anda dapat menerapkan pola hidup sehat melalui beragam cara. Misalnya, mengonsumsi makanan kaya protein, olahraga teratur, banyak minum air putih, hingga tidur cukup.

 

2. Buat To-do-list

Ilustrasi: www.lifehacker.com

Jangan biarkan pekerjaan Anda “mengambang” tanpa jangkar. Pasalnya, menjalani aktivitas tanpa rencana dapat dengan mudah mengalihkan pikiran pada banyak hal yang menguras waktu dan tidak terlalu penting, misalnya: berselancar di dunia maya atau mengecek media sosial.

Kehadiran to-do-list akan menjaga Anda tetap fokus pada waktu serta ritme kerja yang efektif. Percayalah, suasana hati Anda juga akan ikut membaik ketika satu per satu tugas berhasil diselesaikan.

 

3. Satu Tugas untuk Satu Waktu

Ilustrasi: www.workflexibility.org

Kendati memungkinkan, manusia tidak dirancang untuk multitasking. Itu sebabnya, sebelum beralih ke pekerjaan lain, cobalah untuk menuntaskan satu pekerjaan terlebih dulu. Harus dipahami, multitasking hanya akan membuat otak bingung lantaran dituntut untuk berkonsentrasi dan “berpindah” pada hal lain dalam waktu yang sama.

 

4. Jangan Lupa Istirahat

Ilustrasi: www.crosswalk.com

Setelah satu pekerjaan selesai, jangan lupa berikan tubuh dan pikiran Anda ruang untuk beristirahat. Jangka waktunya, bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh. Namun, idealnya--Anda bisa meluangkan lima menit untuk satu jam. Terlebih, untuk banyak aktivitas yang butuh konsentrasi tinggi.

Nah, selama lima menit, Anda bisa melakukan banyak “langkah” penyegaran. Misalnya, jalan-jalan sebentar, mendengarkan musik, nonton televisi, atau justru nyemil sehat. Adapun jika Anda terpaksa bekerja dalam durasi yang lama, penting untuk menyediakan satu hingga dua jam untuk tidur nyenyak.

 

5. Meditasi

Ilustrasi: www.doyouyoga.com

Enggak ada salahnya, jika sepuluh atau 15 menit di sela pekerjaan, Anda melakukan meditasi. Ini bisa dalam bentuk yoga, tai-chi, atau sekadar menarik dan mengembuskan napas pelan-pelan.

 

6. Berikan Rewards

Ilustrasi: www.sheknows.com

Yuk, tingkatkan lagi konsentrasi di tugas selanjutnya dengan menambahkan reward. Ini bisa dalam bentuk menonton video lucu di Youtube selama lima menit, menggambar, mendengarkan lagu, nyemil sehat, apa pun! 

Previous Article
Jangan Biarkan Kantong Mata Menebal, Ini Dia Tujuh Cara Mengatasi Insomnia!
Jangan Biarkan Kantong Mata Menebal, Ini Dia Tujuh Cara Mengatasi Insomnia!

Di balik beragam masalah kesehatan, kurang tidur juga bikin kantong mata menebal dan merusak penampilan.

Next Article
Sepuluh Makanan yang Harus Anda Konsumsi untuk Mengecilkan Lingkar Perut!
Sepuluh Makanan yang Harus Anda Konsumsi untuk Mengecilkan Lingkar Perut!

Obesitas, tidak terjadi lantaran faktor keturunan. Kegemukan, bukanlah sesuatu yang ada di luar kontrol Anda.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More