Lima Cara Sehat untuk Mengurangi Nafsu Makan

November 8, 2017 Chatarina Komala

Beberapa kasus berat badan berlebih kerap kali disebabkan oleh ketidakmampuan seseorang dalam menekan nafsu makan. Ini bukan perkara mudah; bahkan tidak jarang—ada orang yang mengakalinya dengan mengonsumsi obat pelangsing tubuh.

Masalahnya, tidak semua cara menekan nafsu makan aman dilakukan. Sekalipun aman, sering kali hal tersebut diikuti oleh konsekuensi lain, seperti biaya yang besar. Nah, bagi Anda yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan secara alami, berikut adalah lima caranya. Adapun untuk hasil lebih efektif, jangan lupa mendampingi program diet dengan olahraga rutin dan istirahat teratur, ya.

 

Baca juga:

 

1. Perlahan Mengurangi Porsi Makan

Ilustrasi: www.huffingtonpost.com.au

Perubahan pola apalagi porsi makan tidak bisa dilakukan secara ekstrem. Anda harus menguranginya pelan-pelan. Caranya pun beragam, misalnya dengan tidak makan di meja makan atua mencari tempat lain agar tidak tergoda nambah.  

Anda juga bisa mengunyah makanan pelan-pelan. Sebuah penelitian mengungkapkan, selain membuat Anda lupa dengan banyaknya porsi yang dimakan; mengunyah makanan terlalu cepat juga tidak baik bagi pencernaan.

 

2. Mengatur Jadwal Makan

Ilustrasi: www.menshealth.com

Makanlah dengan jadwal yang teratur, mulai dari sarapan, makan siang, atau makan malam. Jangan sampai melewatkan waktu makan; sebab hal ini akan membuat Anda merasa sangat lapar dan ingin menyantap banyak makanan.

 

3. Jangan Lewatkan Sarapan

Ilustrasi: www.detoxinista.com

Melewatkan sarapan hanya akan membuat nafsu makan Anda jadi berlipat—terutama ketika memasuki makan siang. Di sisi lain, cara ini juga merusak pola makan yang sudah Anda buat. Nah, jika tidak sempat, Anda bisa membawa bekal sarapan sehat—seperti kombinasi buah, roti, telur, maupun susu.  

 

4. Mengonsumsi Makanan Berserat dan Mengandung Protein Tinggi

Ilustrasi: www.hefiftypluslife.com

Untuk membuat Anda kenyang lebih lama, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berserat dan berprotein tinggi seperti buah, sayuran, telur, ikan, atau susu. Adapun jenis makanan ini bisa membantu Anda mencegah dehidrasi, sekaligus menjadi sumber energi tanpa harus terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi.

 

Baca juga:

 

5. Banyak Minum Air Putih

Ilustrasi: www.today.com

Minum banyak air putih, terutama setelah bangun tidur dan sebelum makan sangat ampuh untuk mengontrol nafsu makan berlebih. Hal ini penting, mengingat kadang kala—perasaan lapar merupakan wujud dari dehidrasi yang tidak Anda sadari.

 

Previous Article
Trik Agar Skin Care dan Makeup Aman Selama Traveling!
Trik Agar Skin Care dan Makeup Aman Selama Traveling!

Akhir tahun tinggal menunggu hitungan bulan. Sudahkah Anda punya rencana liburan? Nah, agar penampilan teta...

Next Article
Siapa Sangka, Rahasia Kulit Lebih Cerah Ini Begitu Sederhana?
Siapa Sangka, Rahasia Kulit Lebih Cerah Ini Begitu Sederhana?

Apa rahasia tampilan kulit wajah yang lebih cerah? Jika mengira ini hanya seputar penggunaan krim atau pera...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More