Lima Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki

November 15, 2017 Chatarina Komala

Siapa, sih, yang mampu tampil percaya diri kalau bau kaki?

Tanpa disadari, bau kaki tidak sedap bukan hanya mampu membuat Anda minder dan salah tingkah. Jika dibiarkan, bau kaki juga akan menghambat pergaulan--bahkan menjadi indikasi penyakit serius.

Secara umum, bau kaki disebabkan oleh terhambatnya sirkulasi udara akibat pemakaian sepatu atau kaus kaki yang terlalu lama dan rapat. Akibatnya, keringat pun tidak bisa menguap. Di sisi lain, bau kaki juga disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat--terlebih jika kondisi alas kaki terus dalam keadaan yang lembap.

Adapun selain menggunakan sabun antibakteri, ada beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau kaki. Apa saja, sih?

 

Baca juga:

 

1. Air Lemon

Ilustrasi: www.healthline.com 

Anda dapat merendam kaki terlebih dulu dalam perasan air lemon. Diamkan setidaknya selama 15 hingga 30 menit, dan lakukan secara rutin selama dua hingga tiga kali sehari. Nah, air lemon di sini berfungsi untuk mengontrol kelembapan kaki. Jika dipraktikkan scara rutin, cara ini bau tidak sedap pada kaki akan segera menghilang.

 

2. Air Teh

Ilustrasi: www.infusedwaters.com

Seduh teh di dalam baskom berisi air hangat, lalu rendam kaki Anda di situ selama 15 hingga 20 menit. Setelahnya, bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin selama dua hingga tiga kali sehari.

 

3. Bubuk Kopi

Ilustrasi: www.agrowindo.com

Ada dua cara yang bisa digunakan. Pertama, yakni dengan membungkus bubuk kopi dalam plastik silika, lalu letakkan di dalam sepatu. Sementara itu, cara kedua bisa dilakukan dengan menaburkan bubuk kopi di kaki selama 15 hingga 20 menit. Setelahnya, basuh kaki dengan air hangat hingga bersih.

 

4. Air Garam

Ilustrasi: www.cdn.thealternativedaily.com 

Untuk menyingkirkan bau kaki, ada baiknya Anda sering merendam kaki ke dalam air hangat yang sudah dicampur garam, selama 20 menit.

 

Baca juga:

 

5. Bedak Antiseptik

Ilustrasi: www.alodokter.com

Anda dapat menggunakan bedak antiseptik--atau bedak bayi yang kerap digunakan untuk mengatasi biang keringat. Taburkan pada kaki yang kering--terlebih di sela-sela jari--setidaknya sebelum menggunakan kaus kaki atau sepatu.

 

6. Gunakan Sepatu dan Kaus Kaki yang Bersih

Ilustrasi: Pinterest

Jika bau tidak sedap sudah menghilang, jangan lupa selalu gunakan sepatu dan kaus kaki yang bersih, ya. Setelahnya, pastikan Anda mengganti sepatu dua kali dalam seminggu dan menggunakan kaus kaki berbahan katun untuk menyerap keringat.

Previous Article
Samarkan Selulit di Paha dengan Enam Olahraga Berikut!
Samarkan Selulit di Paha dengan Enam Olahraga Berikut!

Keberadaan selulit kerap kali mengganggu. Nah, alih-alih melakukan operasi atau sedot lemak, berikut adalah...

Next Article
Angle Paling Bagus untuk Hasil Foto Profesional
Angle Paling Bagus untuk Hasil Foto Profesional

Baru saja terjun di dunia fotografi? Enggak perlu minder, ada trik khusus agar hasil foto tampak seperti fo...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More