Sepuluh Makanan Alami Penghilang Bau Badan

November 16, 2017 Chatarina Komala

Kendati berkeringat adalah proses alami, bau tidak sedap yang muncul tentu akan membuat Anda jadi kurang percaya diri. Beberapa orang meyakini, bau badan muncul karena keringat; meski bisa terjadi pula karena faktor makanan. Adapun cara paling sederhana menghilangkan bau badan adalah mandi secara teratur. Namun, kalau cara ini masih belum mempan, Anda bisa mengonsumsi sepuluh makanan berikut.

 

Baca juga:

 

1. Brown Rice

Ilustrasi: food.ndtv.com

Bukan hanya sehat, mengonsumsi brown rice juga akan memberi tubuh asupan protein yang bisa mengurangi bau badan tidak sedap.  

 

2. Daging Putih

Ilustrasi: www.agrodaily.com

Segera ganti konsumsi daging merah Anda dengan daging putih. Misalnya, daging ayam atau ikan. Setidaknya, sebuah studi yang diterbitkan dalam Chemical Senses (2006) menyimpulkan, mengonsumsi daging merah memiliki efek negatif pada bau badan.

 

3. Sayuran Mentah

Ilustrasi: www.dole.com

Kandungan vitamin A dan B yang ada di dalam sayuran mentah, ampuh untuk mengatasi bau badan. Namun, untuk menjamin kebersihannya, Anda disarankan mencuci sayuran sebelum dikonsumsi.

Setidaknya, Oregon State University menyatakan, bau badan amis sering kali dikaitkan oleh konsumsi makanan yang mengandung kolin tinggi. Untuk mengatasinya, Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine merekomendasikan laki-laki untuk mengonsumsi tidak lebih dari 550 mg kolin per hari dan perempuan tidak lebih dari 425 mg per hari.

Adapun beberapa sayuran yang mengandung jumlah kolin paling rendah, di antaranya kangkung, wortel, mentimun, labu, tomat, lobak, selada, dan kol.

 

4. Buah-buahan Segar

Ilustrasi: www.weightzonefactor.com

Seperti sayuran, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah yang mengandung kadar kolin rendah. Ini meliputi buah-buahan segar seperti stroberi, apel, semangka, pisang, anggur, nanas, jeruk, dan lain sebagainya.

 

5. Air Putih

Ilustrasi: www.safewater.org

Minumlah cukup air putih secara teratur. Selain bermanfaat bagi kesehatan, air putih akan menghilangkan racun melalui urin; yang berarti Anda tidak akan berkeringat terlalu banyak.

 

6. Teh Herbal

Ilustrasi: www.anasheyoga.com

Teh herbal mempunyai kekuatan untuk menghilangkan bakteri penyebab bau badan.

 

7. Daun Sirih

Ilustrasi: www.lifestyle.kompas.com

Daun sirih, telah lama digunakan sebagai antiseptik--maupun penghilang bau badan, terlebih yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Anda bisa menggunakannya dengan merendam beberapa helai daun sirih dengan air panas; lalu meminumnya setelah dingin. Cara lain, bisa dengan menghaluskan daun sirih dengan kapur, lalu dioleskan ke bagian ketiak.

 

8. Daun Kemangi

Ilustrasi: www.brilio.net

Anda bisa mengonsumsi daun kemangi mentah sebagai antiseptik untuk menghilangkan bau badan. Apalagi, bagi Anda yang sedang haid. Cukup konsumsi sekitar satu genggam daun kemangi di pagi dan sore.

 

9. Jeruk Nipis

Ilustrasi: www.hariangadis.com

Campur air jeruk nipis dengan sedikit daun sirih. Gosokkan ke bagian tertentu--seperti ketiak atau daerah lipatan lain, untuk mengusir bau badan.

 

Baca juga:

 

10. Mentimun

Ilustrasi: www.care2.com

Pilih satu buah mentimun muda; lalu kupas kulitnya hingga bersih. Gosokkan mentimun ke bagian badan yagn berbau sehabis mandi.

 

Previous Article
Pakai Pore Strip, Mengurangi atau Menambah Komedo?
Pakai Pore Strip, Mengurangi atau Menambah Komedo?

Ketimbang facial yang dirasa menyakitkan, pore strip kerap kali digunakan untuk mengangkat komedo membandel...

Next Article
Samarkan Selulit di Paha dengan Enam Olahraga Berikut!
Samarkan Selulit di Paha dengan Enam Olahraga Berikut!

Keberadaan selulit kerap kali mengganggu. Nah, alih-alih melakukan operasi atau sedot lemak, berikut adalah...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More