Bagaimana Agar Tetap Produktif di Musim Libur?

November 21, 2017 Chatarina Komala

Musim libur--salah satunya akhir tahun--memang jadi momentum yang begitu menggembirakan. Pada saat itulah, pikiran yang selama ini penat mendapatkan waktu untuk penyegaran. Sebagian orang, bahkan dibebaskan dari semua aktivitas dan tuntutan rutinitas.

Kendati demikian, harus diingat, sebelum atau setelah musim libur, hidup tetap harus berjalan. Segala urusan, terutama pekerjaan--haruslah tetap beres dan diselesaikan. Lalu, bagaimana cara agar Anda tetap produktif di musim libur?

 

Baca juga:

 

1. Pentingnya Rencana dan Target

Ilustrasi: www.betterballroomwithbette.com

Buat perkiraan rencana maupun target yang akan Anda capai. Tujuannya, agar pikiran Anda bisa fokus dan memetakan prioritas. Namun, jangan sampai daftar kegiatan yang Anda buat tidak realistis, ya. Bukan hanya tidak menyelesaikan masalah, hal ini juga bisa meningkatkan stres dan membuat Anda merasa lelah.

Sebagai gantinya, Anda bisa terlebih dulu menetapkan target yang paling mendesak. Jadikan hal tersebut prioritas, lalu kerjakan hingga tuntas. Jika perlu, berikan tenggat waktu. Nah, agar ritme kerja Anda tetap maksimal, hindari hal-hal yang mampu menghambat produktivitas. Misalnya, sambungan internet, media sosial, hingga beragam distraksi lain. Adapun untuk mencegah penat, jangan lupa luangkan sedikit waktu sebagai jeda; lalu merencanakan hal-hal yang menyenangkan sebagai hadiah akan ketepatan deadline.

 

2. Kelola Suasana Hati

Ilustrasi: www.rebelcircus.com

Harus menyelesaikan banyak tugas sebelum atau setelah liburan memang bukanlah hal yang menyenangkan. Tidak cuma Anda, banyak orang pun mengeluhkan hal yang sama. Sayangnya, hanya mengeluh tentu tidak menyelesaikan masalah. Kebiasaan ini, justru malah memperburuk produktivitas karena akan membuat Anda enggan menyelesaikan pekerjaan atau menundanya.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa meningkatkan atmosfer kerja dengan membangun dan mengelola suasana hati yang positif. Perihal yang satu ini, Anda bisa melakukan banyak kegiatan. Seperti mendengarkan musik, membiasakan diri bangun pagi, menonton video lucu, atau sekadar berjalan-jalan singkat.

 

3. “Paksa Diri” untuk Lebih Kreatif

Ilustrasi: www.spyrestudios.com

Untuk memperbaiki suasana hati, tidak ada salahnya Anda mengerjakan tugas dengan lebih kreatif. Misalnya, dengan bekerja di tempat baru--seperti kafe, bangku taman kota, atau sembari berpiknik. Adapun sebelum memulai kerja, cobalah lakukan hal-hal baru yang belum pernah Anda coba, seperti menjajal kursus melukis, mencoba kedai baru, hingga mengenakan setelah model baju terkini.

 

Baca juga:

 

4. Liburan untuk Bahagia

Ilustrasi: www.livenaturallymagazine.com

Bagaimanapun, hari libur tecipta untuk membuat Anda merasa relaks dan bahagia. Entah itu dalam bentuk kesempatan untuk melakukan hal-hal yang disukai, pergi ke tempat baru, menyantap makanan favorit, melakukan hobi, atau sekadar menikmati “me time”. Nah, meski liburan yang akan Anda dapatkan tidak “gratis” (harus ada pekerjaan yang diselesaikan terlebih dulu), cobalah untuk mementingkan kesehatan mental Anda.

Pastikan Anda mampu memulai dan menyelesaikan pekerjaan dengan efektif. Toh, semakin cepat pekerjaan selesai, semakin ringan dan tenang pula liburan Anda. Namun, jangan sampai terlalu banyak bekerja membuat Anda kurang makan, stres, dan tidak cukup waktu tidur, ya.

 

Previous Article
Tidak Percaya Diri Lantaran Kulit Wajah Kering dan Kusam? Ini Tujuh Cara Mengatasinya!
Tidak Percaya Diri Lantaran Kulit Wajah Kering dan Kusam? Ini Tujuh Cara Mengatasinya!

Kulit kering dan kusam memang jadi masalah sebagian besar perempuan.

Next Article
Jangan Anggap Sepele, Kenali Tujuh Jenis Makanan Penyebab Jerawat
Jangan Anggap Sepele, Kenali Tujuh Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Jerawat yang tidak kunjung hilang, pasti bikin siapa pun kesal. Bukan hanya merusak penampilan, nyeri akiba...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More