Tidak Percaya Diri Lantaran Kulit Wajah Kering dan Kusam? Ini Tujuh Cara Mengatasinya!

November 21, 2017 Chatarina Komala

Biasanya, masalah kulit kering juga diikuti oleh tampilannya yang kusam dan tidak segar; hingga beberapa keluhan lain seperti gatal hingga nyeri. Di sisi lain, tekstur kulit juga jadi terasa kasar dan bersisik; bahkan kerap kali mengelupas.

Ada banyak hal penyebab kondisi kulit kering dan kusam. Ini meliputi pemakaian sabun atau kosmetik yang tidak sesuai, perubahan cuaca, dehidrasi, iritasi, pengaruh lingkungan, hingga bertambahnya usia. Nah, jika kondisi kulit kering dan kusam membuat Anda tidak percaya diri, berikut adalah tujuh cara mengatasinya!

 

Baca juga:

 

1. Perbanyak Minum Air Putih

Ilustrasi: www.mirror.co.uk

Sebagian besar masalah kulit kering dan kusam diakibatkan oleh kurangnya minum air putih. Itu sebabnya, mengonsumsi cukup air putih bisa jadi satu cara yang praktis dan murah untuk menciptakan kulit lembap dan halus.

Adapun selain memastikan tubuh tidak kekurangan cairan, air putih juga mampu melancarkan distribusi nutrisi penting dalam tubuh, serta berperan dalam proses detoksifikasi. Nah, untuk hasil maksimal, pastikan Anda minum minimal 1,5 liter air putih per hari. Jika perlu, tambahkan asupan cairan jika Anda sedang beraktivitas berat.  

 

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Bernutrisi

Ilustrasi: www.news.com.au

Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Pasalnya, selain kaya serat--keduanya juga mengandung air dalam jumlah banyak. Itu belum termasuk kadar vitamin dan mineral yang membantu proses regenerasi dan menutrisi sel kulit.

 

3.  Rutin Berolahraga

Ilustrasi: www.muscleandstrength.com

Setidaknya, sebanyak 50% orang berkulit kering cenderung kurang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Padahal, proses keluarnya keringat saat olahraga ini penting untuk melembapkan kulit secara alami.

 

4.  Menghindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Ilustrasi: www.thedailymeal.com

Bukan hanya membuat kulit kering dan kusam, paparan langsung sinar UV bahkan menjadi penyebab sejumlah penyakit kulit; tidak terkecuali kanker.

 

5. Selalu Gunakan Pelembap

Ilustrasi: www.webmd.com

Menggunakan pelembap bisa jadi cara paling praktis untuk mengatasi kulit kering dan kusam. Terlebih, ada banyak sekali jenis pelembap yang dijual di pasaran. Nah, untuk hasil maksimal, jangan lupa menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah, ya. Pastikan pula, kandugnan bahan-bahan dalam pelembap.

Anda bisa menggunakan pelembap setelah mandi atau mencuci wajah. Oleskan pada kulit, terutama di area yang sering kali terpapar sinar Matahari. Kalau ingin yang lebih alami, bisa juga membuat sendiri pelembap dari jeruk nipis atau minyak zaitun.

 

6. Mengubah Frekuensi dan Durasi Mandi

Ilustrasi: www.medicaldaily.com

Mandi terlalu lama bisa berkontribusi pada pembentukan kulit kering dan kusam. Asalkan dilakukan dengan benar, bersih, dan menyeluruh, mempersingkat frekuensi dan waktu mandi tidak akan jadi masalah.

 

Baca juga:

 

7. Rutin Menggunakan Masker Wajah

Ilustrasi: www.naturalbeautytips.co

Baik yang alami maupun produk kemasan; Anda dapat memanfaatkan banyak masker dengan ragam kandungan dan manfaat, lho. Tinggal pilih produk yang sesuai dengan karakter kulit, lalu gunakan secara rutin. 

Previous Article
Ini Dia Tujuh Kesalahan yang Menghambat Karier Anda!
Ini Dia Tujuh Kesalahan yang Menghambat Karier Anda!

Setiap orang menginginkan kemajuan dalam karier. Entah dari segi jenjang maupun besaran gaji. Namun, tanpa ...

Next Article
Bagaimana Agar Tetap Produktif di Musim Libur?
Bagaimana Agar Tetap Produktif di Musim Libur?

Akhir tahun sebentar lagi datang. Saatnya mempersiapkan cuti dan kebutuhan liburan. Namun, bukan berarti ha...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More