Freelancer Juga Punya Kantor, Kok, di Mana Saja?

November 30, 2017 Chatarina Komala

Di tengah kemunculan beragam profesi masa kini, dunia freelancing menjadi satu ranah yang kian dilirik banyak orang. Bukan tanpa sebab, keleluasaan waktu dan tempat membuat pekerjanya tidak harus pergi ke kantor dan memulai jam kerja mulai dari pukul sembilan hingga enam. Kendati demikian, bukan berarti seorang freelancer juga bisa bekerja di sembarang tempat. Mereka juga punya versi kantornya sendiri untuk menunjang produktivitas kerja.

Adapun tempat yang nyaman dan mampu menciptakan suasana yang produktif, menjadi kriteria kantor bagi para freelancer. Meskipun tolok ukurnya relatif, berikut adalah enam versi “ngantor” a la freelancer yang bisa Anda ketahui.

 

1. Kantor Sewaan

Nah, jika Anda merupakan freelancer yang sudah punya sumber pendapatan tetap, tidak ada salahnya menyewa kantor untuk bekerja. Apalagi, mayoritas freelancer pasti memiliki banyak klien (dan ragam permintaannya). Anda bisa menyewa kantor sesuai bujet; atau justru mengajak sesama freelancer untuk berbagi beban biaya. Adapun beberapa keuntungan dari bekerja di kantor sewaan, yakni rendahnya distraksi, memaksa Anda untuk disiplin, serta lebih produktif. Sayangnya, untuk menuju kantor sewaan ini Anda perlu menghabiskan waktu dan biaya transportasi untuk perjalanan dari rumah menuju kantor. Di sisi lain, jangan lupakan beberapa biaya tambahan seperti peralatan kerja dan uang sewa.

 

2. Co-working Space

Nah, jika Anda hanya ingin sesekali bekerja di kantor, cobalah co-working space. Di sana, ada beberapa hitungan paket yang bisa Anda manfaatkan untuk bekerja. Bisa harian (atau per jam), bulanan, hingga tahunan. Cukup pilih yang sesuai dengan keinginan Anda.

Oh ya, di co-working space, Anda juga bisa bertemu dengan sesama freelancer dan remote worker lainnya, lho. Hitung-hitung memperluas jejaring pertemanan dan karier.

 

3. Rumah

Tidak sedikit pekerja lepas yang bekerja dari rumah. Selain lebih nyaman, bekerja di rumah juga minim bujet. Apalagi, ada banyak lokasi di dalam rumah yang memungkinkan para freelancer mengerjakan tugasnya dengan lebih produktif. Bosan di tempat yang satu; bisa dengan cepat beralih ke tempat lain. Ini mencakup kamar tidur yang lebih privat, ruang tamu, ruang keluarga, hingga area meja makan.

 

4. Kafe atau Kedai Kopi

Berkantor di kafe atau justru kedai kopi bisa jadi alternatif--setidaknya satu kali selama seminggu. Ada kalanya, cara ini manjur meningkatkan produktivitas--terlebih bagi Anda pecinta kopi. Selain menawarkan suasana yang berbeda; tentu saja nikmat rasanya mengerjakan tugas sembari menyeruput kopi favorit. Belum lagi, soal koneksi wifi yang cepat...

Sayangnya, lantaran harus mengeluarkan banyak uang--pilihan bekerja di kafe atau kedai kopi tentu akan menguras bujet jika sering dilakukan. Di sisi lain, ada waktu tertentu kafe atau kedai kopi ramai pengunjung dan terlampau gaduh.

 

5. Perpustakaan

Perpustakaan menjadi salah satu tempat efektif bekerja lantaran suasana tenang dan sedikit pengunjung. Selain itu, ada banyak referensi yang bisa Anda manfaatkan di sana. Hanya saja, lantaran terlampau sepi, Anda tidak bebas berekspresi dan tidak diperbolehkan membawa makanan atau minuman.

 

6. Taman Kota

Butuh inspirasi dan udara segar? Yuk, berkantor di taman kota terdekat. Tiupan angin sepoi, hijau pepohonan, udara segar, serta orang-orang yang sesekali datang berkunjung bisa jadi sumber inspirasi yang menunjang produktivitas. Menariknya, untuk masuk dan bekerja di sana, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

   .  

Previous Article
Mengapa Mayoritas Perempuan Menyukai Laki-laki yang Lebih Tua?
Mengapa Mayoritas Perempuan Menyukai Laki-laki yang Lebih Tua?

Pandangan miring kerap menyertai para perempuan yang menyukai laki-laki berusia lebih muda. Lantas, mengapa...

Next Article
Delapan Fashion Item Populer Sepanjang Masa Ini Wajib Anda Miliki!
Delapan Fashion Item Populer Sepanjang Masa Ini Wajib Anda Miliki!

Kira-kira apa sajakah fashion item yang populer sepanjang masa?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More