Cara Memilih Sepatu Sesuai Bentuk Tubuh!

December 4, 2017 Chatarina Komala

Menjadi salah satu item fashion, faktanya, pemilihan sepatu ideal bukan hanya soal bentuk dan modelnya. Lebih dari itu, ada aspek kenyamanan yang tidak boleh luput dari perhatian.

Rasa tidak nyaman menggunakan sepatu bisa sangat mengganggu. Terlebih, bagi Anda yang harus banyak bergerak dan beraktivitas. Di sisi lain, sepatu yang bagus dan cocok bisa menunjang penampilan Anda secara keseluruhan. Nah, berikut adalah beberapa cara memilih sepatu yang nyaman, sekaligus dapat menunjang postur tubuh.

 

Baca juga:

 

1. Ukuran dan Bentuk Kaki

Ilustrasi: www.livestrong.com

Setiap orang tentu memiliki ukuran dan bentuk kaki yang berbeda-beda. Itu sebabnya, mengetahui ukuran dan bentuk kaki penting untuk memastikan sepatu yang Anda gunakan benar-benar nyaman dan berfungsi maksimal dalam menunjang penampilan.

Misalnya, Anda yang memiliki betis dengan bentuk besar, tentu tidak disarankan untuk menggunakan sepatu boots. Begitu pula sebaliknya. Adapun sebagai informasi, seiring berjalannya waktu--kaki Anda bisa saja mengalami perubahan ukuran. Di sisi lain, banyak produsen sepatu juga memiliki standar ukuran yang berbeda. Itu sebabnya, akan lebih baik jika Anda datang dan mencoba langsung, sebelum membeli sepatu.

 

2. Model Sepatu

Ilustrasi: www.japantimes.co.jp

Setelah mengetahui bentuk dan ukuran kaki, inilah saatnya memilih model sepatu. Tolok ukurnya pun beragam, sesuai dengan tingkat kenyamanan dan preferensi masing-masing.

Namun, untuk sepatu berhak tinggi (high heels), Anda disarankan untuk memilih yang nyaman, ya. Maklum saja, kendati sebagian orang menganggap high heels tidak nyaman, tuntutan profesi atau justru alasan penampilan membuat para perempuan tetap menggunakannya. Bahkan, Yahoo Shine mencatat, lebih dari 90% pengguna sepatu berhak tinggi mengeluhkan nyeri, kaki yang lelah, hingga bengkak selepas menggunakannya. Adapun penyebabnya, mayoritas high heels memang tidak diciptakan untuk menunjang postur kaki dengan baik.

Nah, bagi yang belum terbiasa, sebaiknya hindari pemilihan hak yang terlalu kecil (runcing)  dan tinggi. Hindari pula model sepatu yang terlalu sempit; sebab terlalu banyak gesekan pada kaki bisa mengakibatkan luka bahkan cedera.

 

3. Beli Saat Sore Hari

Ilustrasi: www.cheatsheet.com

Satu tips unik yang bisa Anda praktikkan saat membeli sepatu, yakni datang dan menjajalnya langsung ketika sore hari. Hal ini bukan mitos belaka. Pasalnya, di sore hari, Anda sudah melakukan beragam aktivitas. Nah, pada saat itu, kaki juga akan mencapai ukuran terbesarnya.

Tips lain, adalah Anda harus benar-benar mencoba sepatu yang akan dibeli. Pakai keduanya, lalu cobalah untuk berjalan selama beberapa menit. Nah, untuk mendapatkan gambaran umum terkait kualitas sepatu, cobalah untuk menggunakannya di lantai yang keras dan bukan di alas lunak.

 

4. Bahan Sepatu

Ilustrasi: www.aliexpress.com

Kendati lebih mahal, Anda disarankan untuk memilih sepatu berbahan kulit atau suede. Namun, jika bujet terbatas--Anda bisa mencoba alternatif lain seperti kulit sintesis dengan kualitas terbaik dan lentur. Tujuannya, agar kaki tetap mendapatkan ruang untuk bernapas dan tidak mudah lecet.

 

Baca juga:

 

5. Warna

Ilustrasi: www.heels.com

Warna sepatu menjadi pertimbangan terakhir. Ada beberapa sepatu yang terlihat bagus, namun setelah dicoba justru terlalu terang atau gelap bagi kulit. Nah, bagi Anda yang menginginkan warna-warna “aman”, bisa memilih warna netral seperti hitam atau cokelat. Adapun untuk situasi tertentu, pemilihan warna sepatu juga bisa disesuaikan dengan pakaian atau justru tas yang dikenakan.

Previous Article
Tujuh Kebiasaan di Kantor yang Tanpa Sadar Merusak Penampilan Anda!
Tujuh Kebiasaan di Kantor yang Tanpa Sadar Merusak Penampilan Anda!

Sebagai perempuan, Anda tentu ingin berpenampilan baik. Entah itu untuk menghadiri acara, datang ke kantor,...

Next Article
Trik Riasan Tepat untuk Perempuan Berkacamata
Trik Riasan Tepat untuk Perempuan Berkacamata

Bagaimana cara mengakali agar fokus wajah tidak hanya pada bagian mata?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More