Menyambut Harbolnas 2017, Ini yang Harus Anda Lakukan!

December 12, 2017 Jan Oudeman

Sudah duduk mantap di depan layar komputer atau gawai Anda? Menjadi event rutin di akhir tahun, Harbolnas siap menutup tahun 2017 Anda dnegan manis. Nah, agar bisa berbelanja online dengan untung dan nyaman, Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut.

 

Baca juga:

 

1. Koneksi Internet Mumpuni

Ilustrasi: www.indiamart.com

Agar enggak kehabisan promo atau stok diskon, ada baiknya Anda melengkapi komputer atau gawai dengan koneksi internet yang cepat. Tidak melulu harus dengan jaringan provider pribadi. Anda bisa, kok, pergi ke kedai kopi terdekat, atau justru menggunakan wifi di rumah.

 

2. Amankan PC/Gawai

Ilustrasi: www.grantmcgregor.co.uk

Namanya juga belanja online, pastikan alat untuk mengakses jaringan internet Anda punya terlindung dari risiko virus. Lebih baik lagi, jika Anda sudah melengkapinya dengan anti-spyware dan firewall. Jangan lupa, perbarui seluruh keamanan tersebut secara rutin.

 

3. Periksa Kebijakan Situs Terhadap Data Pribadi

Ilustrasi: www.linkedin.com

Sebelum berbelanja online di situs tertentu, pastikan Anda membaca laman terkait kebijakan situs. Kendati ribet dan terlalu panjang, hal ini penting--terlebih utnuk memastikan pengelola situs tidak memberikan data pribadi ke pihak lain.

Selaini tu, jangan lupa baca terkait kebijakan pengembalian barang. Berbelanja online sendiri tidak memungkinkan Anda melihat atau justru memilih barang secara langsung. Menjadi jeli terkait prosedur pengembalian barang bisa mencegah risiko barang yang dikirim cacat atau justru tidak sesuai pesanan.

Selama price tag dan label produk masih tertera, Anda bisa, kok, mengembalikan barang jika ada kesalahan pengiriman.

 

4. Flash Sale

Ilustrasi: www.bowcycle.com

Momentum Harbolnas 2017 jadi lebih seru lantaran beberapa toko meluncurkan fitur baru, yakni “Flash Sale”. Biasanya, barang-barang yang ditampilkan dalam laman maupun kanal Flash Sale” akan dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah. Nah, agar Anda jadi salah satu orang yang beruntung dalam Harbolnas, jangan lupa untuk selalu me-refresh browser setiap jam, ya. Siapa tahu, barang incaran Anda masuk dalam kategori Flash Sale!

 

5. Pastikan Kecocokan Produk

Ilustrasi: www.rebelcircus.com

Meski dijual dalam event Harbolnas, ada baiknya Anda tidak cepat tergiur pada benda-benda berharga murah. Apalagi, jika produk tersebut memiliki merek ternama. Bisa jadi, produk tersebut tidak lengkap atau justru barang KW.

Pastikan pula produk yang Anda beli benar-benar cocok dari segi ukuran maupun bentuk. Jangan khawatir, untuk yang satu ini, beberapa toko melengkapi produknya dengan deskripsi yang cukup jelas--seperti ukuran umum, lingkar dada, panjang baju/sepatu, hingga dimensi produk.

Nah, agar belanja Anda lebih aman lagi, selalu cek rating dan review yang diberikan oleh pembeli situs favorit, ya. Jika dari segi peringkat, review, dan harganya meragukan, tidak ada salahnya mencari toko lain yang lebih kredibel. Cara lain, bisa dengan memeriksa dan menghubungi nomor telepon penjual.

 

6. Jasa Pengiriman Paling Murah

Ilustrasi: www.probisnis.com

Mayoritas pembeli toko online bisa saja mengurungkan niat berbelanja akibat ongkir yang terlalu mahal. Pun itu sebabnya, penting bagi Anda untuk memilih jasa pengiriman tepercaya; dengan harga yang relatif terjangkau. Nah, selagi event Harbolnas berlangsung, tidak jarang ada pula e-commerce yang menggratiskan biaya ongkos kirim, lho.

 

7. Simpan Bukti Transaksi

Ilustrasi: www.kompasiana.com

Untuk mengantisipasi kerugian, jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi belanja online Anda. Ini bisa mencakup resi transfer, hingga riwayat percakapan yang Anda lakukan dengan penjual. Simpan seluruhnya, setidaknya hingga barang sampai dan Anda puas terhadap pembelian.

 

Baca juga:

 

8. Cermati Layanan Customer Service

Ilustrasi: www.multichannelmerchant.com 

Banyak orang cenderung tidak percaya dan mengabaikan customer service. Padahal, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menjamin produk yang Anda beli, lho. Di sisi lain, beberapa e-commerce juga dilengkapi oleh live chat, sehingga seluruh pesan dan pertanyaan Anda bisa dijawab secara realtime.  

Previous Article
Di Mana Anda Bisa Mendapatkan Diskon Khusus Harbolnas? Yuk, Cek Situsnya!
Di Mana Anda Bisa Mendapatkan Diskon Khusus Harbolnas? Yuk, Cek Situsnya!

Harbolnas sudah di depan mata. Inilah saatnya berburu barang murah. Yuk, cek situs mana saja yang menyediak...

Next Article
Tujuh Kebiasaan di Kantor yang Tanpa Sadar Merusak Penampilan Anda!
Tujuh Kebiasaan di Kantor yang Tanpa Sadar Merusak Penampilan Anda!

Sebagai perempuan, Anda tentu ingin berpenampilan baik. Entah itu untuk menghadiri acara, datang ke kantor,...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More