Jangan Lupa Makan Sehabis Olahraga

December 12, 2017 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.newsnish.com

Olahraga kerap dipandang sebagai cara menurunkan bobot tubuh yang berlebih. Namun, bukan berarti Anda harus mengabaikan makan selepas berolahraga.

Idealnya, setiap orang berolahraga di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Sayangnya, keterbatasan waktu, plus keinginan untuk tidak membuat olahraga menjadi sia-sia justru membuat orang rela-rela saja meniadakan sarapan. Padahal, jika terus dilakukan, hal ini justru bisa menimbulkan masalah.

 

Baca juga:

 

Alih-alih menambah cadangan lemak yang sudah terbakar, makan satu jam setelah olahraga justru merupakan cara yang baik untuk memulihkan kondisi tubuh. Victor Self, seorang instruktur kebugaran di Flywheel Sports mengatakan, ini adalah cara untuk mendapatkan cadangan energi kembali untuk beraktivitas.

 

Memang, menunda makan setelah berolahraga tidak akan banyak merugikan Anda. Namun, jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, hal ini bisa saja menurunkan kondisi kesehatan hingga kemampuan olahraga. Bagaimanapun, kondisi ini memungkinkan tubuh akan menunggu Anda mengisi cadangan energi dengan nutrisi yang diperlukan untuk mendapatkan kekuatan.

 

Efek lain, tubuh akan mengambil cadangan glikogen. Sebagai informasi, glikogen inilah yang berfungsi untuk menjaga kestabilan gula darah dan biasanya akan terisi kembali ketika Anda makan. Sayangnya, hal ini tentu membutuhkan banyak waktu. Pada saat yang sama, otak akan mencoba menghemat energi dan memperlambat beberapa fungsinya. Akibatnya, Anda akan merasa pusing atau justru pingsan jika tidak makan setelah olahraga.

 

Baca juga:

 

Otot Keram

Ilustrasi: www.bathchronicle.co.uk

Ketika kehabisan glikogen, tubuh akan terus mencari sumber energi lain. Bisa berupa cadangan lemak, atau justru otot. Kondisi inilah yang akan menghilangkan massa otot dan membuatnya menjadi lemah. Hal ini bahkan akan semakin parah jika Anda berkeringat banyak. Selain dehidrasi, tubuh juga akan kehilangan satu ton elektrolit yang bisa saja menyebabkan kram otot.

 

Pun itu sebabnya, selalu konsumsi air putih sebelum dan  setelah berolahraga, untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Jangna lupa makan dan minum, setidaknya satu jam setelah olahraga untuk mengganti energi yang ke luar dan mempercepat proses pemulihan otot. Nah, bila Anda takut gemuk, bisa, kok, mengantinya dengan asupan makanan sehat dalam porsi yang cukup.

 

 

Previous Article
Dahi Lebar Bikin Minder? Coba Delapan Gaya Rambut Ini, Yuk!
Dahi Lebar Bikin Minder? Coba Delapan Gaya Rambut Ini, Yuk!

Punya dahi yang terlalu lebar, kadang kala bikin Anda minder dan enggak pede. Namun, jangan khawatir--ada b...

Next Article
Di Mana Anda Bisa Mendapatkan Diskon Khusus Harbolnas? Yuk, Cek Situsnya!
Di Mana Anda Bisa Mendapatkan Diskon Khusus Harbolnas? Yuk, Cek Situsnya!

Harbolnas sudah di depan mata. Inilah saatnya berburu barang murah. Yuk, cek situs mana saja yang menyediak...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More