Benarkah Terlalu Banyak Olahraga Justru Bikin Gemuk?

December 21, 2017 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.fitnessmagazine.com

Ada banyak manfaat olahraga. Namun, salah satu alasan mengapa sebagian besar orang berolahraga; lantaran cara ini dianggap mampu membantu menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh ideal. Sayangnya, alih-alih mendapatkan manfaat, terlalu banyak berolahraga justru bisa jadi bumerang untuk tubuh Anda sendiri.

Adapun terlalu banyak berolahraga bisa menyebabkan kelelahan adrenal, yang disebabkan oleh hormon stres (kortisol). Gejalanya beragam, seperti pegal, sakit kepala, hingga kelelahan ekstrem.

Penjelasannya, terlalu sering berolahraga melewati batas kemampuan tubuh akan mengacaukan hormon. Durasi yang lama, hingga intensitas tinggi bukan hanya bisa membuat tubuh semakin lemah, melainkan berkontribusi pada penumpukan lemak di sekitar perut. Apalagi, jika olahraga berat membuat Anda “mewajarkan” keinginan makan banyak sesudahnya. Inilah yang lantas menjadi jawaban, mengapa berat badan tidak kunjung turun selepas berolahraga berat.

 

Olahraga Rutin

Nah, alih-alih berolahraga secara ekstrem, Anda baiknya Anda memilih jenis olahraga rutin berdurasi panjang. Sedikit catatan, seluruhnya juga harus dilakukan dengan intensitas rendah. Cara lain, bisa dilakukan sebaliknya: memilih olahraga durasi pendek namun intensitas tinggi.

Bagaimanapun, tubuh tetap membutuhkan istirahat agar pulih dari seluruh ketidakseimbangan selama olahraga. Namun, jangan samakan dengan keinginan Anda untuk “memanjakan” tubuh selepas beraktivitas berat. Jika tidak diimbangi dengan perubahan gaya hidup dan asupan nutrisi baik, sekeras apa pun olahraga yang Anda lakukan tidak akan maksimal.

Solusi lain, bisa mencoba rekomendasi yang diberikan oleh The National Weight Control Registry di Amerika Serikat. Setidaknya, orang dewasa berfisik sehat haruslah melakukan aktivitas fisik berintensitas sedang minimal 250 hingga 300 menit dalam seminggu. Jenisnya beragam. Bisa berupa kardio, pilates, spinning, aerobik, joging, dan lain sebagainya.

Previous Article
Cara Mudah dan Istimewa Membungkus Kado Natal
Cara Mudah dan Istimewa Membungkus Kado Natal

Perayaan Natal, sarat dengan momentum tukar kado. Mau tahu bagaimana cara membungkus kado yang praktis, tet...

Next Article
Lima Salah Kaprah Soal Perempuan Karier
Lima Salah Kaprah Soal Perempuan Karier

Kabarnya, perempuan yang bekerja, atau justru memprioritaskan pekerjaan sebelum dan setelah bekerja, kehidu...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More