Jangan Lakukan Delapan Kesalahan Ini Saat Bangun Tidur

December 25, 2017 Chatarina Komala

Pernahkah Anda merasa lelah sepanjang hari, padahal sudah cukup tidur? Jangan serta-merta menyalahkan waktu atau kualitas tidur, ya. Sebab, bisa jadi, ada beberapa kesalahan yang Anda lakukan setelah bangun tidur. Nah, agar produktivitas harian tetap terjaga, Anda harus menghindari beberapa kesalahan berikut. Apa saja?

 

Baca juga:

 

1. Menunda Alarm

Percuma Anda membuat alarm jika pada akhirnya dimatikan atau justru ditunda. Setidaknya, beberapa spesialis tidur mengungkapkan, ketika kembali tidur setelah menunda alarm, Anda akan bangun dalam keadaan lebih lelah.

 

2. Enggan Menggerakan Tubuh

Ketika membuka mata untuk yang pertama kali, Anda disarankan untuk menggerakkan otot pelan-pelan. Caranya pun bertahap. Bisa dengan memutar tubuh ke kanan dan kiri; sebelum akhirnya beranjak dari tempat tidur atau sekadar duduk, menarik napas dalam-dalam, dan meditasi. Nah, selain membangun suasana hati, cara ini juga bisa membuat Anda lebih segar sepanjang hari.

 

3. Tidak Melakukan Peregangan

Peregangan setelah bangun tidur penting untuk menjamin peredaran darah menjadi lancar. Di sisi lain, cara ini juga mampu melemaskan otot dan tulang belakang yang kaku, selepas tidur selama beberapa jam.

 

4. Tidak Minum Air Putih

Secangkir teh atau kopi di pagi hari mungkin terasa sangat sempurna. Namun, keduanya tidak baik untuk metabolisme Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa meminum segelas air putih atau sesuatu yang basa; seperti air jeruk nipis. Setelahnya, barulah boleh dilanjutkan dengan teh hijau.

 

5. Langsung Memeriksa Ponsel

Apa pun alasannya, jangan langsung memeriksa ponsel ketika bangun tidur. Toh, energi Anda haruslah difokuskan pada pekerjaan utama terlebih dulu, yakni memastikan hari berjalan dengan lancar. Alih-alih memotivasi dan membuat Anda jadi produktif, memeriksa ponsel, pesan masuk, maupun email kantor hanya akan membuat suasana hati jadi tidak bahagia. Sebagai gantinya, periksalah email setelah sampai di kantor, dan lakukan sedikit olahrga kecil selama 20 menit, meditasi, atau membaca buku dan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

 

6. Tidak Sarapan

Mungkin bangun di pagi hari membuat Anda terburu-buru untuk segera sampai di kantor. Namun, jangan sampai hal ini membuat Anda melewatkan sarapan, ya. Adapun kesenjangan panjang antara makan malam dan waktu sarapan akan membuat kadar gula darah menjadi rendah. Nah, jika Anda tidak makan sesuatu setelah bangun tidur, maka hal ini akan membuat tubuh jadi lesu. Solusinya, Anda bisa memulai hari dengan sarapan sederhana seperti roti gandum, buah, atau justru sandwich.

 

7. Merokok

Sebagian orang mungkin akan langsung merokok ditemani kopi hitam setelah bangun. Hal ini tentu merupakan kebiasaan yang merusak. Pasalnya, asap rokok atau kopi berisiko merusak sistem tubuh dalam jangka panjang.

 

Baca juga:

 

8. Olahraga dengan Perut Kosong

Memang, berolahraga di pagi hari bisa jadi sebuah kebiasaan yang baik. Namun, berolahraga dengan perut kosong akan membuat Anda jadi lesu dan tidak bersemangat setelahnya. Sebagai gantinya, Anda bisa memperbaiki olahraga dengan konsumsi makanan sehat lebih dulu sebelum olahraga pagi.

 

 

 

 

Previous Article
Yuk, Menjajal Jogging Track di Jakarta!
Yuk, Menjajal Jogging Track di Jakarta!

Meski musim liburan, badan harus tetap sehat, ya. Selain membatasi diri dengan makanan bernutrisi, jangan l...

Next Article
Sudah Benarkah Anda Melafalkan Merek Fashion Berikut?
Sudah Benarkah Anda Melafalkan Merek Fashion Berikut?

Melihat rangkaian nama merek, sudah benarkah Anda membacanya?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More