Resolusi Tahun Baru Tidak Boleh Hanya Sekadar Janji, Ini Dia Cara Mewujudkannya!

January 3, 2018 Chatarina Komala

Apakah Anda sudah membuat daftar resolusi tahun baru? Sebagian besar di antaranya mungkin membuat Anda begitu antusias sekaligus cemas. Tidak dapat dimungkiri, ada sedikit kekhawatiran, kalau Anda tidak bisa menuntaskan atau justru gagal meraih resolusi tersebut.    

Tenang, jangan keburu takut. Toh, tahun 2018 baru beranjak empat hari. Ini artinya, jalan Anda masih panjang. Nah, agar resolusi jadi tidak sekadar janji, Anda tentu perlu menerapkan beberapa trik untuk tetap berada di “jalur” yang tepat. Apa sajakah?

 

Baca juga:

 

1. Buat Resolusi yang Realistis

Ilustrasi: www.dailyedge.ie

Tidak ada salahnya bermimpi setinggi mungkin. Namun, dalam hal ini, penting bagi Anda untuk memastikan resolusi tetap realistis dan benar-benar bisa dilakukan. Harus diingat, tidak ada hasil yang instan. Seluruhnya membutuhkan proses, yang bisa jadi tidak selalu berjalan mulus.

Itu sebabnya, sebelum memulai resolusi, ada baiknya untuk bertanya dan menilai diri sendiri, apakah mampu melakukannya hingga akhir? Jika jawabannya tidak, sebaiknya sesuaikan lagi target resolusi dengan kemampuan diri, ya.

Hindari pula terlalu banyak menetapkan resolusi di tahun yang baru. Akan lebih baik, jika Anda hanya membuat dua hingga tiga resolusi “besar” atau penting untuk diwujudkan. Selain membantu Anda lebih fokus, cara ini juga membuat pikiran jadi relaks dan mampu merencanakan tahap-tahap mewujudkan resolusi secara detail dan bertahap.

 

2. Tulis dan Ingat

Ilustrasi: www.valleyfairdental.com

Jangan sekadar menyebutkan resolusi. Jika ingin sungguh-sungguh tercapai, Anda harus menuliskannya. Bentuknya beragam, bisa berupa file di dalam handphone yang disertai sejumlah tenggat, membuat kartu resolusi di buku catatan, atau dituliskan pada whiteboard/papan yang mudah terlihat.

 

3. Buat Rencana dan Tahapan

Ilustrasi: www.health.com

Resolusi hanyalah sekadar resolusi apabila cuma diucapkan. Untuk mewujudkannya, Anda juga harus punya rencana dan target. Buatlah daftar tentang apa saja yang bisa dan harus Anda lakukan untuk mencapai target. Jika perlu, umumkan resolusi Anda kepada teman atau orang terdekat. Seorang filsuf di Warwick Univeristy, Dr. John Michael mengungkapkan, seseorang cenderung mampu menyimpan resolusi jika mereka dapat melihatnya sebagai sesuatu yang penting bagi orang lain.

 

4. Selalu Catat Perkembangan

Ilustrasi: www.standard.co.uk

Dari banyak rencana jangka pendek dan panjang yang Anda buat, selalu tetapkan target dan lacak ulang setiap perkembangan. Catat apa saja yang sudah Anda lakukan berkaitan dengan resolusi dalam jurnal atau justru simpan dalam memori handphone. Setelahnya, jangan lupa untuk tetap mengevaluasi secara berkala.

 

Baca juga:

 

5. Terima dan Belajar dari Kegagalan

Ilustrasi: www.thebusinesswomanmedia.com

Harus diingat, kegagalan adalah hal yang umum terjadi. Adapun hal yang paling penting dalam resolusi, bukan seberapa besar hasilnya--melainkan seberapa kuat Anda mengalahkan keinginan sendiri dan bersemangat menjalani prosesnya. Sekalipun tidak bisa mencapai resolusi sesuai target, percayalah--semua proses yang sudah dilakukan, pasti mengantarkan Anda pada versi yang lebih baik.

 

Previous Article
Apa Warna Rambut yang Membuat Perempuan Tampak Lebih Menarik?
Apa Warna Rambut yang Membuat Perempuan Tampak Lebih Menarik?

Sebuah penelitian menemukan, rupanya, perempuan berambut pirang terlihat lebih menarik di mata pria.

Next Article
Ingin Eyelash Extension Awet? Ini Dia Lima Caranya!
Ingin Eyelash Extension Awet? Ini Dia Lima Caranya!

Eyelash extension Anda tidak awet? Ini dia beberapa cara agar bulu mata bisa bertahan lama.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More