Apa Warna Rambut yang Membuat Perempuan Tampak Lebih Menarik?

January 4, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.hdwallpaper2013.com 

Sebuah penelitian menemukan, rupanya, perempuan berambut pirang terlihat lebih menarik di mata pria.

Benar kata sebuah pepatah: rambut adalah mahkota perempuan. Setidaknya, sebuah penelitian menemukan, selain membantu menunjang penampilan--pilihan warna rambut perempuan juga bermakna khusus bagi laki-laki. Adapun penelitian yang dilakukan oleh psikolog asal Universitas Augsburg di Minnesota mencoba menemukan, sejauh mana warna rambut dapat memengaruhi kesan perempuan di mata pria. 

Untuk membuktikannya, penelitian ini melibatkan 110 laki-laki sebagai responden. Tiga gambar perempuan: berambut pirang, cokelat, dan hitam lantas disajikan kepada mereka. Dari sana, terlihat bahwa mayoritas pria cenderung menganggap perempuan dengan rambut berwarna terang (lebih muda) lebih menarik ketimbang yang berambut lebih gelap (cokelat atau hitam). 

Di sisi lain, mereka yang memiliki rambut berwarna lebih muda juga dianggap lebih romantis dan dewasa daripada yang berambut lebih gelap. Dari beberapa anggapan tersebut, peneliti menyimpulkan--laki-laki mampu membuat penilaian yang kompleks tentang perempuan terkait hubungan yang diinginkan dan potensi kedewasaan mereka sebagai orang tua dari tampilan fisik (warna dan panjang rambut). 

 

Memicu Perdebatan

Ilustrasi: www.short-haircut.com

Topik tentang warna rambut dan pengaruhnya memang sudah banyak diminati sejak dulu. Apalagi, di negara-negara Barat dengan warna rambut beragam. Salah satu penelitian populer, bahkan pernah dilakukan oleh Charles Darwin.

Di tahun 1869, misalnya. Ia menerima surat dari Dr. John Beddoe terkait pasien perempuannya. Beddoe mengumpulkan data dari pasien perempuan yang berambut gelap dan terang, yang sudah menikah. Data-data inilah yang lantas membantu Darwin untuk sampai pada kesimpulan, perempuan dengan rambut pirang cenderung tetap lajang.

Kendati demikian, pada akhirnya Darwin menyerahkan penyelidikan setelah mendapatkan hasil yang tidak meyakinkan.

  

Previous Article
Jangan Asal Pilih Sepatu Sandal, Ini Dia Tipsnya!
Jangan Asal Pilih Sepatu Sandal, Ini Dia Tipsnya!

Setiap orang, tentu memiliki kriteria tersendiri dalam memilih sepatu sandal. Lantas, bagaimana cara tepat ...

Next Article
Resolusi Tahun Baru Tidak Boleh Hanya Sekadar Janji, Ini Dia Cara Mewujudkannya!
Resolusi Tahun Baru Tidak Boleh Hanya Sekadar Janji, Ini Dia Cara Mewujudkannya!

Resolusi tahun baru Anda tidak boleh hanya sekadar janji. Untuk mewujudkan dan menuntaskannya, ada beberapa...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More