Delapan Fakta tentang Bulu Mata yang Harus Anda Ketahui!

January 9, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.hariangadis.com

Dalam riasan wajah, bulu mata memegang peranan penting untuk mempertegas bagian atas dan membingkai wajah. Sayang, tidak semua orang memiliki bulu mata panjang dan lentik secara alami. Itu sebabnya, banyak perempuan lantas melengkapi riasannya dengan bulu mata palsu, maskara, atau justru eyelash extension. Adapun berikut delapan fakta terkait bulu mata yang harus Anda ketahui.

 

Baca juga:

 

1. Panjang Kurang dari Satu Sentimeter

Secara umum, bulu mata asli memiliki panjang sepuluh milimeter (satu sentimeter). Namun, seperti yang tercatat dalam Guinness Book of Record, ada pula, lho, orang yang memiliki bulu mata sepanjang 6,99 sentimeter. Ia adalah Stuart Muller, yang berasal dari Florida, Amerika Serikat.

Oh ya, pada setiap orang--panjang bulu mata pun tidak seragam. Biasanya, bagian tengah bulu mata selalu lebih panjang ketimbang bagian pinggir.

 

2. Hanya Ada pada Mamalia

Bulu mata hanya bisa Anda temukan pada mamalia. Kendati demikian, hanya pada manusia-lah, bulu mata benar-benar berfungsi untuk melindungi mata.

 

3. Rontok Setiap Hari

Secara alami, bulu mata akan rontok setiap hari, kira-kira sebanyak satu hingga lima helai. Sementara itu, untuk menumbuhkan kembali bulu mata dengan panjang normal, Anda membutuhkan waktu enam hingga delapan minggu.

 

4. Siklus 90 Hari

Ini juga yang menjadi alasan mengapa bulu mata rontok setiap hari. Pasalnya, durasi umur bulu mata memang terbatas, yakni hanya 90 hari (tiga bulan). Setelahnya, bulu mata akan rontok dan tergantikan dengan bulu mata yang baru.

 

5. Tidak Sama dengan Rambut

Meski terlihat seperti rambut kecil, komposisi bulu mata sebetulnya tidaklah sama. Berbeda dengan rambut, bulu mata terdiri atas 97% keratin dan 3% air. Adapun pada bulu mata, terdapat pula kandungan protein yang sangat tinggi.

 

6. Jumlah Berbeda

Secara umum, manusia akan memiliki hampir 200 helai bulu mata (di bagian atas) dan 100 helai di bagian bawah.

 

7. Bakteri dan Kutu!

Rupanya, ada bakteri yang hdiup pada bulu mata Anda. Namun, jangan khawatir, pasalnya bakteri ini berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara dan mencegah lubang akar tertutup oleh penggunaan riasan wajah. Selain itu, terdapat pula kutu yang hidup di dasar bulu mata (demodex). Fungsinya, untuk memakan sel-sel mati pada bulu mata.

 

Baca juga:

 

8. Kelenjar Tersendiri

Bagaimanapun, bulu mata tidak begitu saja tumbuh dari dalam kulit kelopak mata. Ada kelenjar tersendiri di jaringan bawah kulit--bernama Moll dan Zeis. Keduanya berfungsi untuk menjaga folikel (lubang tumbuh) tetap steril, bebas bakteri, dan tidak tersumbat.

 

Kupon Paket Eyelash Extension dan BB Glow hanya Rp365.000 dari Beauties Looks

Previous Article
Tinggalkan Empat Kebiasaan yang Bikin Kulit Berminyak!
Tinggalkan Empat Kebiasaan yang Bikin Kulit Berminyak!

Segera tinggalkan empat kebiasaan ini, jika tidak ingin kulit kembali berminyak.

Next Article
Ini Dia Enam Alasan Mengapa Bangun Pagi dengan Wajah Sembap!
Ini Dia Enam Alasan Mengapa Bangun Pagi dengan Wajah Sembap!

Facial edema, dianggap salah satu penjelasan terkait kondisi wajah sembap ketika bangun pagi.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More