Pro dan Kontra Bahan Microbeads pada Sabun Pembersih Wajah

January 19, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.inlifehealthcare.com

Butiran scrub pada produk sabun pembersih memang dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan wajah dengan lebih optimal. Namun, para ilmuwan di Eropa dan Amerika menemukan, limbah bahan ini justru berbahaya dan turut berkontribusi pada pencemaran laut. Adapun butiran-butiran halus dari partikel plastik ini biasa disebut dengan microbeads.  

 

Baca juga:

 

Sebenarnya, kandungan microbeads pada sabun pembersih wajah berfungsi sebagai eksfoliator, yang menghilangkan sel-sel kulit mati. Ukuran normalnya (setelah dicampur dengan bahan lain dan menjadi scrubs) berkisar kurang sekitar lima milimeter.

Sayangnya, kendati kecil dan sangat bermanfaat--kandungan ini memberikan pengaruhu buruk bagi lingkungan. Sebagai gambaran, setiap kali Anda membasuh wajah dengan produk scrub, akan ada lebih dari 94 ribu butir microbeads yang harus terbuang dan bercampur dengan air limbah.  

 

Polutan Paling Berbahaya

Ilustrasi: www.femaledaily.com

Bukan tanpa sebab para ahli menyebut microbeads sebagai polutan paling berbahaya di laut. Pasalnya, seluruh air limbah nantinya akan mengalir ke laut. Nah, bentuk kecil microbeads ini bisa disalahartikan sebagai plankton dan dikonsumsi oleh makhluk hidup yang ada di lautan. Jika dibiarkan, hal ini bisa saja membunuh ikan atau hewan lain di laut; bahkan manusia sendiri (jika ikan tersebut dikonsumsi).

 

Baca juga:

 

Di sisi lain, microbeads juga turut mematikan pertumbuhan terumbu karang. Para ahli menyebutkan, ada banyak terumbu karang yang akhirnya rusak dan mati lantaran mengalami penyumbatan pencernaan. Belum lagi, soal potensi microbeads yang menghasilkan bahan kimia beracun. 

 

Previous Article
Kenali Bahaya Kosmetik Lewat Baunya!
Kenali Bahaya Kosmetik Lewat Baunya!

Jangan keburu senang kalau membeli produk kosmetik yang berbau harum. Sebab, bisa jadi produk itu bisa berb...

Next Article
Apa Kata Warna Bibir Soal Kesehatan Anda?
Apa Kata Warna Bibir Soal Kesehatan Anda?

Sebenarnya, bagian tubuh Anda bisa memberikan tanda soal kondisi kesehatan secara menyeluruh. Tidak terkecu...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More