Kenali Bahaya Kosmetik Lewat Baunya!

January 22, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.xenemetrix.com

Jangan keburu senang, jika kebetulan produk kosmetik yang Anda beli berbau harum. Apalagi, jika perangkat makeup tersebut memiliki aroma menyengat. Pasalnya, bisa jadi produk Anda mengandung parfum atau pengharum yang bisa saja berbahaya bagi kulit dan kesehatan Anda.

Sebagai informasi, parfum atau fragrance sebenarnya tidak hanya terdapat pada produk sabun atau detergen. Lebih dari itu, ada beberapa produk kosmetik yang juga menggunakan pengharum. Hanya saja, Anda wajib berhati-hati. Sebab, bisa saja parfum mengandung turunan pengharum yang bertindak sebagai zat penutup.

 

Baca juga:

 

Jika demikian, dampaknya pun bisa beragam. Terlebih bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Salah-salah memilih produk, kulit justru bisa kemerahan, iritasi, hingga berjerawat. Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang punya alergi pada kandungan parfum tertentu. Akibatnya banyak, mulai dari sekadar gatal-gatal, peradangan, hingga gangguan pernapasan.

Adapun kandungan pengharum pada produk kosmetik bukan hanya berdampak bagi para pemilik kulit sensitif. Kendati tubuh Anda tidak bereaksi secara langsung, hal yang buruk justru bisa terakumulasi seiring penggunaan produk. Sebagai gambaran, efek dari bahan kimia parfum akan terus menumpuk dan bisa saja mengakibatkan peradangan di bawah kulit.

 

Dampak Buruk Pengharum

Ilustrasi: www.indianexpress.com

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Canadian Cosmetic menyebutkan, parfum pada produk kosmetik juga bisa memicu alergi, asma, hingga gangguan hormon. Penggunaannya dalam jangka panjang, juga bisa sangat berbahaya bagi satwa liar (khususnya ikan) saat mereka terkontaminasi limbah produk.

 

Baca juga:

Ingin Kulit Sehat, Yuk, Hindari Lima Makanan Berikut!

Siap Merasakan Keajaiban Lipstik Harry Potter?

Wow, Lukisan-Lukisan ini Dibuat Dengan Make Up!

 

Di sisi lain, sebagai pengguna Anda juga berisiko terdampak efek samping seperti sakit kepala, batuk, muntah, iritasi kulit, ruam, hingga hiperpigmentasi. Itu sebabnya, sedari awal--Anda memang harus lebih berhati-hati dalam memilih produk kosmetik. Jika perlu, teliti dan pastikan dulu kandungan produk yang Anda pilih. 

Previous Article
#skinpositivity dan Perempuan yang Bangga dengan Tubuh Sendiri
#skinpositivity dan Perempuan yang Bangga dengan Tubuh Sendiri

Tidak perlu lagi menyembunyikan noda hitam, bercak komedo, atau bekas jerawat pada wajah. Yuk, mulai bangga...

Next Article
Pro dan Kontra Bahan Microbeads pada Sabun Pembersih Wajah
Pro dan Kontra Bahan Microbeads pada Sabun Pembersih Wajah

Butiran scrub pada produk sabun pembersih dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan wajah ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More