Yuk, Bentuk Kesan Pertama yang Baik Lewat 3 Gerakan Berikut!

January 24, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.westsuburbanillini.org

Mengesankan orang lain memang tidak sepenuhnya ada dalam kendali Anda. Namun, Anda bisa, kok, berusaha untuk menciptakan kesan positif, setidaknya selama beberapa menit perkenalan. Adapun biasanya, seseorang perlu waktu lima hingga sepuluh detik untuk membentuk kesan pertama. Setelahnya, ia juga mungkin akan perlu beberapa menit untuk mengonfirmasi kesan yang dia bentuk. Kabar baiknya, jika Anda bisa memanfaatkan beberapa detik pertama dengan baik, itu artinya--proses menciptakan kesan pertama yang baik sudah 90% sukses!

Selain jabat tangan dan senyuman, Leslie Zebrowitz--seorang psikolog dari Brandeis Univeristy, Amerika Serikat menyebutkan, setidaknya orang akan “mengklasifikasi” karakter Anda beradasarkan empat fitur wajah. Penelitiannya yang sudah diterbitkan dalam jurnal Current Direction in Psychological Science ini mencoba menguraikan bagaimana manusia membentuk kesan pertama dari orang lain.

Hasil temuan menunjukkan, otak manusia rupanya bisa menilai dan bereaksi terhadap kategori wajah tertentu, seperti halnya babyfaceness, keakraban, kesehatan, dan kemiripan emosional. Babyfaceness sendiri digambarkan sebagai orang dengan wajah muda (bayi); memiliki mata besar, dagu pendek, wajah bulat, dan dahi besar. Nah, orang-orang yang memiliki wajah ini biasanya cenderung membuat kita memperlakukan mereka dengan baik--seperti halnya anak kecil.

Sementara itu, orang-orang yang memiliki wajah ramah dan bugar, cenderung dianggap sebagai orang yang banyak disukai, bahkan punya kecerdasan dan kecakapan. Terakhir, ekspresi emosional positif pada wajah seseorang merupakan tanda baik akan adanya kemiripan emosional.

 

Menciptakan Kesan Positif dalam Waktu Singkat

Melengkapi temuan Zebrowitz, Anda sesungguhnya bisa menciptakan kesan positif dalam waktu singkat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

 

1. Kontak Mata

Ilustrasi: www.pairedlife.com

Berikan kontak mata yang cukup kepada lawan bicara Anda. Jangan sampai terlalu berlebihan; cukup lihat mereka dengan pandangan wajar, ramah, dan antusias.

 

2. Jabatan Tangan

Ilustrasi: www.womenbusinessownerstoday.com

Ketika pertama kali berkenalan, jabatlah tangan mereka dengan kokoh. Hindari meremas tangan terlalu kuat, dan cukup berikan sedikit tenaga saat bersalamana. Untuk menciptakan kesan percaya diri dan tegas, ada baiknya melengkapinya dengan kontak mata yang cukup.

 

3. Jangan Lupa Tersenyum

Ilustrasi: www.theodysseyonline.com

Jangan lupa, tambahkan senyuman yang tulus dan bersahabat. Inilah satu cara untuk meyakinkan mereka bahwa Anda orang yang menyenangkan dan ramah. Di saat yang bersamaan, cara ini juga akan membuat orang nyaman mengobrol dengan Anda. 

Previous Article
7 Cara Cepat Mengurangi Stres!
7 Cara Cepat Mengurangi Stres!

Merasa stres dan ingin menyembuhkannya dalam waktu cepat? Pelajari beberapa langkahnya!

Next Article
#skinpositivity dan Perempuan yang Bangga dengan Tubuh Sendiri
#skinpositivity dan Perempuan yang Bangga dengan Tubuh Sendiri

Tidak perlu lagi menyembunyikan noda hitam, bercak komedo, atau bekas jerawat pada wajah. Yuk, mulai bangga...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More