7 Cara Cepat Mengurangi Stres!

January 25, 2018 Chatarina Komala

Ada beragam faktor penyebab stres yang melanda Anda. Bagi yang hidup di kota besar, stres bisa jadi diakibatkan oleh tuntutan pekerjaan, deadline, rutinitas harian, hingga faktor lingkungan seperti polusi udara. Sering kali dianggap remeh, sebetulnya dampak stres bisa sangat besar. Selain memicu penyakit degeneratif, stres juga berdampak pada keseimbangan mood hingga produktivitas Anda di tempat kerja.

Nah, jika Anda memang ingin menyingkirkan stres yang melanda dalam waktu singkat, pelajari beberapa triknya!

 

1. Berkumpul Bersama Orang Terdekat

Ilustrasi: www.shutterstock.com

Inilah salah satu cara mudah dan cepat menghilangkan stres. Berkumpul dan mengobrol dengan orang terdekat, seperti keluarga, kekasih, atau justru teman--bisa membantu Anda mengurangi beban stres dan merasa lebih relaks. Jika perlu, ajaklah mereka jalan-jalan ke suatu tempat dan menikmati waktu bersama tanpa gangguan.

 

2. Bicaralah

Ilustrasi: www.cheatsheet.com

Ada kalanya, Anda membutuhkan orang lain untuk mengatasi stres. Nah, salah satu cara termudah dan tercepat, adalah dengan berbicara kepada orang terdekat--atau mereka yang Anda percayai. Berceritalah tentang masalah Anda, lalu ajak orang lain berdiskusi sosl solusi.

Hindari memendam perasaan sendiri, sebab hal tersebut hanya akan membuat masalah semakin menumpuk pada solusi. Kalaupun Anda tidak bisa menemukan solusi, setidaknya beban Anda sudah berkurang lewat berbicara dengan orang lain.

 

3. Mengonsumsi Teh Hitam

Ilustrasi: www.kerichogold.com

Sebuah penelitian dari University College London menyebutkan, mereka yang meminum teh hitam sebanyak empat cangkir sehari selama enam minggu, cenderung mampu mengatasi stres lebih cepat dan memiliki hormon kortisol lebih rendah. Adapun kandungan antioksidan dan senyawa kimia yang ada di dalam teh hitam berkontribusi pada perasaan relaks seseorang dan mampu menenangkan saraf otak.

 

4. Mendengarkan Musik

Ilustrasi: www.selipan.com

Menyingkir sejenak dari rutinitas harian lalu dengarkan musik yang tenang. Bagaimanapun, musik telah lama dipercaya mampu meningkatkan emosi positif dan menurunkan kadar hormon stres. Jika perlu, bergeraklah sesuai irama lagu untuk meningkatkan hormon endorfin.

 

5. Mengunyah Permen Karet

Ilustrasi: www.shutterstock.com

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia dan Inggris menyarankan untuk mengunyah permen karet saat sedang stres. Cara ini terbukti mampu mengurangi rasa cemas dan menurunkan kadar hormon kortisol hingga 18 persen.

 

6. Meditasi

Ilustrasi: www.mybeautygym.com

Lakukan meditasi sederhana selama sepuluh hingga 15 menit. Anda bisa menutup mata lalu mengambil napas pelan-pelan untuk membuat relaks tubuh. Setelahnya, bayangkan hal-hal yang membuat Anda senang seperti berjalan-jalan ke suatu tempat, berkumpul bersama orang terdekat, apa pun! Jika perlu, setelah meditasi--luangkan waktu untuk melakukan hal menyenangkan seperti mandi air hangat, mendengarkan musik, membaca buku, dsb.

 

7. Melakukan Hobi

Ilustrasi: www.marieclaire.co.uk

Kunci menghindarkan diri dari stres adalah dengan menyibukkan pikiran melalui hobi atau kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa menyediakan waktu sekitar kurang dari 30 menit untuk melakukan hobi, seperti membaca buku, menulis, melukis, olahraga, dan masih banyak lagi. 

Previous Article
Segera Cek, 7 Barang Ini Juga Punya Masa Kedaluarsa, Lho!
Segera Cek, 7 Barang Ini Juga Punya Masa Kedaluarsa, Lho!

Siapa bilang hanya makanan yang punya masa kedaluarsa?

Next Article
Yuk, Bentuk Kesan Pertama yang Baik Lewat 3 Gerakan Berikut!
Yuk, Bentuk Kesan Pertama yang Baik Lewat 3 Gerakan Berikut!

Mengesankan orang lain memang tidak sepenuhnya ada dalam kendali Anda. Namun, Anda bisa, kok, berusaha untu...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More