Segera Cek, 7 Barang Ini Juga Punya Masa Kedaluarsa, Lho!

January 26, 2018 Chatarina Komala

Tampilan fisik mungkin jadi pertimbangan Anda untuk meneruskan atau justru menghentikan pemakaian barang tertentu. Selagi tidak rusak dan tampak baik-baik saja, Anda masih bisa menggunakan benda tersebut. Padahal serupa makanan, beberapa barang juga punya masa kedaluarsa.

Biasanya, ketika sudah lewat masa kedaluarsa, beberapa barang akan mengalami penurunan fungsi. Dampaknya, akan terasa pada kenyamanan--hingga keamanan Anda sendiri. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk mengecek tanggal kedaluarsa beberapa barang yang ada di rumah; terlebih sebelum membeli. Lantas apa saja barang yang memiliki masa kedaluarsa?

 

1. Sepatu Olahraga

Ilustrasi: www.runnersworld.com

Anda yang doyan olahraga, memang sudah sepantasnya memperhatikan masa kedaluarsa sepatu yang digunakan. Bagaimanapun, semakin aktif penggunaan--sistem penyerap gucangna, sol, serta bagian punggung sepatu akan mengalami penurunan kualitas. Sebagai gambaran, sepatu lari memang wajib diganti setelah digunakan untuk lari sepanjang 250 mil (402 kilometer).

 

2. Sandal Ruangan

Ilustrasi: www.m.id.aliexpress.com 

Jika Anda terbiasa menggunakan sandal di dalam ruangan, ada baiknya menghentikan pemakaian dan mengganti dengan yang baru setiap enam bulan sekali. Pasalnya, serat yang ada di dalam sandal tersebut bisa saja menjadi sarang debu yang sangat banyak.

 

3. Bra

Ilustrasi: www.newchic.com

Secara umum, bra punya masa kedaluarsa satu hingga dua tahun. Namun, akan lebih baik jika Anda menggantinya setiap enam bulan sekali. Adapun semakin lama penggunaan, semakin berkurang pula elastisitasnya.

 

4. Kacamata Hitam

Ilustrasi: Pinterest

Masa kedaluarsa kacamata hitam berkaitan dengan fungsinya dalam meredam sinar ultraviolet yang masuk ke mata. Biasanya, sebuah kacamata hitam tidak lagi aman digunakan setelah lebih dari dua tahun. Penyebab lain, efek dari lensa yang terus memudar juga berisiko membahayakan kornea mata Anda.

 

5. Shower Puff

Ilustrasi: www.thesun.co.uk

Untuk menghindari paparan bakteri, ganti shower puff Anda setiap enam bulan sekali. Adapun sebelum enam bulan, Anda bisa membersihkannya dengan merendamnya di dalam air mendidih.

 

6. Handuk

Ilustrasi: www.tribunnews.com

Untuk mengantisipasi munculnya bakteri, gantilah handuk setiap tiga tahun sekali. Nah, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan handuk, Anda juga bisa mencucinya minimal dua minggu sekali.

 

7. Sisir

Ilustrasi: www.executivegrooming.com.au

Jangan tunggu sisir Anda rusak terlebih dulu sebelum menggantinya. Harus diingat, pemakaian paling lama sisir adalah satu tahun. Lewat dari itu, sisir bisa jadi sarang paling baik untuk bakteri--hingga beragam kotoran seperti ketombe. Setidaknya, penelitian yang dilakukan oleh Food and Drink Federation Inggris menemukan, ada sekitar 50 ribu bakteri dalam satu milimeter folikel rambut. Bayangkan, jika setiap hari, selama bertahun-tahun--Anda menggunakan sisir yang sama. 

Previous Article
Temukan Passion Anda Lewat Lima Tahap Berikut!
Temukan Passion Anda Lewat Lima Tahap Berikut!

Tanpa passion, hidup terasa kurang semangat dan tampak membosankan.

Next Article
7 Cara Cepat Mengurangi Stres!
7 Cara Cepat Mengurangi Stres!

Merasa stres dan ingin menyembuhkannya dalam waktu cepat? Pelajari beberapa langkahnya!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More