Temukan Passion Anda Lewat Lima Tahap Berikut!

January 26, 2018 Chatarina Komala

Passion kerap kali diartikan sebagai dorongan hati yang begitu kuat pada satu (atau mungkin beberapa) hal. Kendati tidak sama, banyak orang kerap menyandingkan passion dengan hobi atau aktivitas yang sungguh-sungguh Anda sukai. Tidak heran, sesulit apa pun kondisinya--Anda akan dengan rela dan senang hati menjalani hal tersebut.

Sayang, menemukan satu roda penggerak hidup memang tidak semudah yang dibayangkan. Prosesnya bisa jadi sangat cepat atau justru lambat. Adapun keberadaan passion sangat penting; mengingat nantinya--semangat inilah yang menentukan jati diri, arah hidup, bahkan berkontribusi pada kebahagiaan Anda. Berikut adalah lima tahap menemukan passion.

 

1. Jadilah Jujur dan Terbuka

Ilustrasi: www.hopeforwomenmag.com

Mulai kini, tanyakan pada diri Anda sendiri: hal apa yang sungguh-sungguh membuat Anda bahagia dan ingin Anda lakukan sepanjang hidup Anda?

Tidak peduli seberapa besar tantangannya, percayalah, menjalani passion yang tepat mampu membuat Anda lebih bergairah dan bahagia dalam hidup. Adapun bentuk passion bisa beragam. Anda dapat menemukan passion lewat bakat terpendam atau justru hobi yang sudah dilakukan sejak lama. Namun, lebih penting--pastikan seluruh dorongan itu berasal dari diri sendiri dan bukan tuntutan dari orang lain.

 

2. Temukan Banyak Hal

Ilustrasi: www.idahomountaintouring.com

Bukan hanya menggali ke dalam diri, proses menemukan passion juga bisa dicapai dengan mengeksplorasi banyak hal di “luar” diri Anda sendiri. Anda bisa melakukan aktivitas lain, mengembangkan keahlian baru, mencari pengalaman, atau menambah wawasan.

 

3. Terus Lakukan dan Lakukan

Ilustrasi: www.tinybuddha.com

Langkah pertama Anda mungkin akan tersendat. Namun, jangan pernah berhenti. Sebab, melalui kegagalan itulah Anda bisa belajar banyak hal.

Adapun passion juga harus menghasilkan. Tidak melulu harus diukur dengan uang, melainkan “apa yang sudah Anda buat dan ciptakan”. Di sanalah Anda dituntut untuk terus berinovasi dan mencari hal menarik yang membuat Anda berbeda dari yang lain.

 

4. Jangan Bilang “Tidak”

Ilustrasi: www.caba.org.uk

Untuk apa pun yang Anda lakukan, jangan pernah batasi diri sendiri. Bagaimanapun, biarkan passion Anda berkembang seiring dengan kebebasan yang Anda berikan pada diri sendiri. Jangan biarkan aturan atau siapa pun mengekang Anda berkreasi.

 

5. Tidak Ada Kata Menyerah

 

Ilustrasi: www.success.com

Pada satu titik, kegagalan demi kegagalan yang sudah dialami mungkin membuat Anda menyerah. Ada kalanya, Anda juga meragu: inikah passion saya sesungguhnya? Kalau ya, mengapa saya selalu gagal?

Mengubah passion--dorongan untuk melakukan hal yang disenangi menjadi buah kesuksesan memag bukan proses yang instan. Di tengah batu sandungan yang harus Anda hadapi, penting untuk terus berjalan dan belajar untuk jadi lebih baik. 

Previous Article
Hindari 10 Kebiasaan yang Bikin Bibir Hitam Berikut!
Hindari 10 Kebiasaan yang Bikin Bibir Hitam Berikut!

Next Article
Segera Cek, 7 Barang Ini Juga Punya Masa Kedaluarsa, Lho!
Segera Cek, 7 Barang Ini Juga Punya Masa Kedaluarsa, Lho!

Siapa bilang hanya makanan yang punya masa kedaluarsa?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More