Hindari 10 Kebiasaan yang Bikin Bibir Hitam Berikut!

January 30, 2018 Chatarina Komala

Memang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir yang berwarna gelap, atau justru hitam. Salah satu cara paling praktis, yakni menggunakan lipstik. Sebagian orang mungkin berpikir, warna gelap pada bibir merupakan faktor bawaan dan tidak dapat dicegah. Padahal, ada beberapa kebiasaan yang tanpa sengaja Anda lakukan dan bikin bibir menggelap. Lantas, apa saja kebiasaan yang harus Anda hindari?

 

Baca juga:

 

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Ilustrasi: www.loop.co.id

Apakah Anda sering mengonsumsi teh atau kopi? Jika ya, ada baiknya mengurangi jatah minum sedari sekarang, ya. Pasalnya, kandungan kafein yang terdapat pada keduanya bisa membuat Anda dehidrasi. Nah, dehidrasi inilah yang lantas menjadi penyebab bibir pecah-pecah dan menjadi hitam.

 

2. Kurang Minum Air Putih

Ilustrasi: www.santosaphuket.com

Rasa haus Anda mungkin bisa hilang dengan mengonsumsi minuman manis atau dingin. Namun, Anda harus tetap memastikan asupan air putih yang masuk ke tubuh cukup setiap hari. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dehidrasi bisa membuat bibir menjadi kering dan menggelap.

 

3. Kurang Mengonsumsi Vitamin C

Ilustrasi: www.bodybuilding.com

Asupan vitamin C yang cukup bisa membantu mencerahkan kulit--termasuk di antaranya kulit bibir. Sayangnya, kekurangan vitamin C dapat menjadi penyebab bibir pecah-pecah dan sariawan. Nah, Anda bisa melengkapi konsumsi vitamin C dengan banyak makan buah-buahan seperti pepaya, jeruk, jambu, kiwi, atau suplemen vitamin.

 

4. Terlalu Banyak Terpapar Sinar Matahari

Ilustrasi: www.livescience.com

Bukan hanya kulit Anda, bibir pun tetap butuh perlindungan ketika beraktivitas di luar ruangan. Bagaimanapun, terlalu sering terpapar sinar Matahari bisa berdampak pada menggelapnya warna bibir dan tekstur yang pecah-pecah. Solusinya, Anda bisa menggunakan lip balm dengan SPF tinggi ketika beraktivitas di luar ruangan.

 

5. Menggigit Bibir

Ilustrasi: www.lifealth.com

Tanpa sadar, Anda mungkin sering menggigit bibir pada situasi tertentu, seperti gugup, bingung, atau justru stres. Nah, inilah salah satu penyebab warna bibir yang menggelap. Adanya tekanan yang diberikan gigi ke bibir mengakibatkan pigmentasi terhadap bibir.

 

6. Membasahi Bibir

Ilustrasi: www.vulture.com

Saat bibir terasa kering dan pecah-pecah, Anda mungkin akan membasahinya atau justru mengelupasi bagian kulit yang kering. Kedua cara ini berbahaya--mengingat membasahi bibir hanya akan membuatnya semakin kering; sementara mengelupasi kulit bisa membuat bibir berdarah dan tidak sedap dipandang. Adapun cara mengatasi kulit bibir yang kering adalah dengan mengolesi lip balm atau justru mengaplikasikan pelembap alami seperti madu.

 

7. Lupa Membersihkan Lipstik

Ilustrasi: www.missnews.net 

Lipstik memang jadi satu “senjata” untuk mengatasi tampilan bibir yang menggelap. Namun, pastikan Anda selalu membersihkan lipstik setelah digunakan, ya. Serupa produk riasan wajah lainnya, bekas lipstik akan membuat zat-zat kimia menempel dan merusak warna alami bibir.

 

8. Merokok

Ilustrasi: www.waterpipesglassbongs.com

Sudah jadi pengetahuan umum, kebiasaan merokok berdampak pada menghitamnya bibir dan bagian gusi. Adapun hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin yang ada dalam rokok. Namun, tidak hanya itu saja. Kebiasaan merokok juga bisa memicu munculnya noda di gigi, lho. Jadi, segera tinggalkan kebiasaan merokok sekarang juga.

 

9. Mengonsumsi Obat-obatan

Ilustrasi: www.thesun.co.uk

Ada kalanya, warna hitam pada rokok juga disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Nah, selagi Anda tidak bisa “lepas” dari konsumsi obat-obatan, ada baiknya melengkapi diri dengan asupan air putih yang cukup, serta penggunaan lip balm dan lip mask.

 

Baca juga:

 

10. Alergi

Ilustrasi: www.sepalika.com

Pada kasus tertentu, kondisi bibir yang hitam disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang tidak cocok. 

Previous Article
Wahai Perempuan, Inilah Lima Bagian Wajah Anda yang Menarik di Mata Laki-laki!
Wahai Perempuan, Inilah Lima Bagian Wajah Anda yang Menarik di Mata Laki-laki!

Tanpa disadari, lima bagian wajah ini bisa menciptakan kesan pertama yang lebih menarik di mata laki-laki.

Next Article
Temukan Passion Anda Lewat Lima Tahap Berikut!
Temukan Passion Anda Lewat Lima Tahap Berikut!

Tanpa passion, hidup terasa kurang semangat dan tampak membosankan.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More